Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

4
Tgl. 21 Maret 2012

Cara Membuat Kode HTML Otomatis Untuk Link Artikel

Merujuk pada sumber lain dalam membuat sebuah artikel adalah hal yang biasa, dan bahkan hal ini akan lebih menguatkan uraian yang terdapa...

Ilustrasi HTML
Merujuk pada sumber lain dalam membuat sebuah artikel adalah hal yang biasa, dan bahkan hal ini akan lebih menguatkan uraian yang terdapat dalam artikel yang diterbitkan. Namun akan menjadi menjadi luar biasa bila dalam artikel yang diterbitkan itu dicantumkan pula (link) sumber yang digunakan sebagai bahan rujukannya. Karena selain dapat digunakan sebagai wujud penghargaan atas hasil karya orang lain, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan petunjuk kepada pembaca bahwa konten dimaksud adalah kutipan dari sumber lain sesuai dengan (link) sumber yang tercantum.

Sementara itu terkait dengan pencantuman (link) sumber, sebenarnya ada berbagai cara yang dapat digunakan misalnya adalah dengan copy-paste pada link sumber secara langsung. Namun dengan cara copy-paste langsung pada link sumber, secara otomatis teks yang ditampilkan pun terkesan panjang karena teks memuat URL secara lengkap.

Atas dasar uraian tersebut maka akan lebih efektif jika teks yang menyatakan URL dari konten yang dikutip ditampilkan dalam bentuk teks-link  atau tautan. Sehingga untuk mempermudah orang lain dalam mencantumkan link sumber ketika mengutip konten artikel kita untuk diterbitkan ulang pada artikel mereka, maka dapat disiasati dengan menampilkan langsung kode HTML atas URL artikel yang dapat digunakan sebagai link sumber. Dan sebagai contohnya adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi Kode HTML Otomatis

Kode HTML seperti yang tampak pada gambar di atas, dapat dimunculkan secara otomatis di bawah setiap artikel yang diterbitkan dengan cara menambahkan script tertentu dalam template blog yang digunakan. Dimana script ini nantinya secara otomatis akan menampilkan kode HTML beserta atribut dari URL artikel yang saat itu sedang dibuka. Sedangkan script yang dimaksud adalah seperti yang tercantum di bawah ini.
<div style='background-color: inherit; border: 1px solid rgb(33, 33, 33); height: auto; margin: 0px; overflow: auto; padding: 0px; text-align: justify; width: auto;'>
<textarea cols='78' name='code' style='height: auto; width: auto;'>&lt;a href=&quot;<data:post.url/>&quot; title=&quot;<data:blog.pageTitle/>&quot; target=&quot;_blank&quot;&gt;<data:blog.pageTitle/> &lt;/a&gt; </textarea></div>

Sementara itu untuk menyisipkan dan menggunakan kode tersebut dalam template blog, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Login ke akun Blogger Anda.
  2. Pada ‘Dasbor Blogger’ klik nama blog Anda dan kemudian klik menu ‘Template’.
  3. Klik tombol ‘Edit HTML’ kemudian klik tombol ‘Lanjutkan’.
  4. Centang pilihan ‘Expand Template Widget’.
  5. Cari kode <data:post.body/> dan kemudian sisipkan script di atas tepat di bawahnya.
  6. Simpan template.
Sedangkan bagi Anda yang mengerti dan memahami template Blogspot, maka script tersebut dapat pula disisipkan di tempat yang sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga bila kode yang dimunculkan atas penggunaan script tersebut disalin untuk disisipkan pada blog lain sebagai link sumber, maka hasilnya adalah seperti yang tampak pada tautan di bawah ini.



Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 4 komentar pada artikel ini ▶
31/03/12 20.52 O

Makasih banget ni ilmunya gan.
Ane mau nyanya ni gan "ane udah coba buat kotak tukaran link dan berhasil tapi ane masih bingung bangaimana caranya meletakkan kode link yang didapat dari orang lain ke blog kita?
Mohon bantunannya yaaa....makasih
http://syamarif.blogspot.com

01/04/12 06.02 O

@syamsul ArifinUntuk menjawab pertanyaan Anda, silakan buka artikel saya yang berjudul Cara Memasang Script Atau Kode HTML Pada Blog

19/02/13 08.42 O

thanks informasinya kalau bisa di update terus

19/02/13 11.17 O

@Muhammad AmrullahOke. Sama-sama dan terimakasih balik Sobat.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog