Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

2
Tgl. 20 Maret 2012

Cara Mengatasi Konten Artikel Yang Menembus Bidang Posting

Ketika kita menerbitkan atau mem- posting suatu artikel, semestinya kalimat dalam artikel yang diterbitkan secara otomatis dipindah ke b...

Ilustrasi Konten Yang Melewati Bidang Posting Artikel
Ketika kita menerbitkan atau mem-posting suatu artikel, semestinya kalimat dalam artikel yang diterbitkan secara otomatis dipindah ke baris kedua, ketiga, dan seterusnya bila telah mencapai batas kanan bidang posting, sehingga akhirnya membentuk suatu alinea yang tertata rapi. Namun bukan tidak mungkin diantara sobat Blogger ada yang pernah mengalami hal seperti ini, yaitu ketika menerbitkan sebuah artikel yang di dalamnya mengandung konten kode HTML, CSS, Java Script, dan atau kode yang lain, tapi yang terjadi pada konten tersebut malah menembus atau melewati batas bidang posting. Dan bahkan terkadang malah menimpa konten yang terdapat pada sidebar sisi bagian kanan.

Ilustrasi Konten Artikel Yang Menembus Batas Bidang Posting
*Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan.

Coba perhatikan gambar di atas. Pada gambar di atas (dalam hal ini adalah bagian yang ditandai dengan gambar anak panah) dapat dilihat bahwa terdapat konten dari artikel tersebut yang melewati batas bidang posting, dan bahkan sampai menembus bidang sidebar sebelan kanan. Hal tersebut terjadi karena script yang terdapat dalam konten artikel tidak dapat diratakan secara otomatis untuk membentuk suatu alinea, sehingga akhirnya menembus batas bidang posting.

Ada beberapa jenis browser atau peramban yang dapat meratakan secara otomatis konten dalam bentuk script sehingga tidak melewati batas bidang posting dan akhirnya membentuk suatu alinea. Namun pada browser tertentu konten dalam bentuk script tidak dapat diratakan secara otomatis untuk membentuk suatu alinea, sehingga akhirnya menembus atau melewati batas bidang posting.

Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan antisipasi agar konten tidak lagi menembus batas bidang posting apabila artikel dibuka dengan menggunakan peramban yang tidak mendukung perataan script secara otomatis. Dimana hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan bingkai dengan scroll untuk konten yang dimaksud, sehingga akhirnya konten tidak lagi menembus batas bidang posting seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi Konten Dengan Bingkai
*Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan.

Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa konten dalam bentuk script yang terdapat dalam artikel tersebut tidak lagi menembus batas bidang posting, karena telah dibatasi oleh bingkai dengan scroll. Sedangkan untuk membuat bingkai dengan scroll yang akan diterapkan untuk konten, maka dapat dilakukan dengan menambahkan kode di bawah ini.
<div style="background-color: inherit; border: 1px solid rgb(33, 33, 33); margin: 0px; overflow: auto; padding: 10px; text-align: justify; height: auto; width: auto;">

------------ konten ------------

</div>

Namun perlu diingat bahwa penambahan script tersebut hanya dapat dilakukan dengan menggunakan editor Blogger dalam mode ‘HTML’ dan bukan dalam mode ‘Compose’. Sehingga pada akhirnya setelah artikel diterbitkan, maka konten tidak lagi menembus batas bidang posting apabila artikel dibuka dengan menggunakan peramban yang tidak mendukung perataan script secara otomatis karena konten telah dibatasi oleh sebuah bingkai.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
19/04/13 09.34 O

klau memperbaiki bagian dalam template gmna, sob?

http://sibloggerklaten.blogspot.com

19/04/13 09.48 O

@bagus prehanBagian dalam template yang bagaimana Sob maksudnya? Barangkali bagian yang Sobat maksud dapat lebih diperjelas dulu...

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog