Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

17
Tgl. 25 Maret 2012

Kueri Kata Kunci Penelusuran Sebagai Sebuah Sumber Inspirasi

Ketika mencoba untuk menekuni kegiatan blogging, awalnya saya merasa bingung tentang apa yang mesti diposting. Dan bisa jadi pengalaman...

Ilustrasi Kueri Kata Kunci Penelusuran
Ketika mencoba untuk menekuni kegiatan blogging, awalnya saya merasa bingung tentang apa yang mesti diposting. Dan bisa jadi pengalaman seperti ini juga pernah terjadi pada Sobat Blogger yang lain. Namun setelah mencoba aktif mengikuti beberapa forum diskusi dan tanya jawab, akhirnya saya mendapatkan berbagai hal yang memberikan inspirasi untuk menulis serta menerbitkan artikel atas dasar kasus yang saya temukan dalam forum tersebut.

Disamping itu, seiring waktu saya pun mendapatkan satu hal yang tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan hal di atas.  Dalam hal ini yang saya maksud adalah tentang pelaporan data statistik blog yang diberikan oleh Google Analytics. Selain menyajikan laporan mengenai jumlah pengunjung, tayangan laman, dan atau kinerja situs, Google Analytics juga menyajikan laporan yang berkaitan dengan kueri kata kunci yang digunakan oleh pengunjung dalam melakukan penelusuran situs yang akhirnya mengarah pada blog ini.

Perlu diketahui bahwa dari berbagai laporan yang disajikan Google Analytics, ternyata dapat dapat dimanfaatkan untuk melakukan optimasi pada blog yang kita kelola. Sebagai contoh misalnya adalah laporan tentang kata kunci yang digunakan oleh pengunjung dalam melakukan penelusuran dengan menggunakan mesin telusur. Dari tingkat popularitas kata kunci yang digunakan oleh pengunjung, setidaknya dapat digunakan untuk melakukan analisa untuk menyimpulkan dan mengambil beberapa kata kunci yang paling dominan, sehingga kita dapat mengetahui serta menentukan materi yang sekiranya paling dicari oleh pengguna internet.

Sebenarnya laporan atas kata kunci yang digunakan oleh pengunjung dalam melakukan penelusuran situs adalah bagian dari konten artikel yang telah kita terbitkan dan kemudian ditampilkan oleh mesin telusur ketika pengguna internet melakukan penelusuran dengan kata kunci tertentu. Namun dari tingkat popularitas setiap kata kunci yang digunakan tersebut, paling tidak kita dapat dapat menentukan materi yang sekiranya cocok untuk ditulis dan diterbitkan pada postingan berikutnya, yang tentunya dengan tidak mengesampingkan materi yang sekiranya sedang hangat diperbincangkan pada saat itu.

Namun demikian sayangnya tidak sedikit diantara Sobat Blogger yang masih belum menyadari akan pentingnya hal ini dan menganggapnya hanya sebatas sebagai aksesori atau sekedar untuk ‘mempercantik’ tampilan blog semata. Penerapan dan penggunaan layanan seperti ini sebenarnya tidaklah sulit. Sebagai contoh misalnya adalah untuk layanan Google Analytics. Ketika ingin menggunakan layanan Google Analytics, kita hanya perlu mengerjakan beberapa langkah dalam mendaftarkan blog yang kita kelola, sebelum pada akhirnya kita dapat memanfaatkannya untuk melihat berbagai laporan terkait dengan blog yang dimaksud maupun untuk keperluan optimasi. Sehingga menurut saya tidak ada salah dan ruginya bila Sobat Blogger memanfaatkan layanan seperti ini untuk melakukan optimasi pada blog yang dikelola.

Selanjutnya bila Anda ingin menggunakan dan menerapkan layanan ini, maka untuk mendaftarkan blog yang Anda kelola ke Google Analytics, Anda dapat membuka https://www.google.com/analytics/web/provision#provision/SignUp/ dan kemudian tinggal mengikuti urutan proses yang diberikan oleh layanan tersebut.

Dan akhirnya, dari sedikit uraian yang sebenarnya merupakan paparan atas pengalaman saya dalam mengelola blog ini, saya hanya berharap semoga dapat berguna dan memberi manfaat untuk semua Sobat Blogger yang membaca artikel ini. Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 17 komentar pada artikel ini ▶
30/03/12, 09.09 O

iya, aku juga binggung mau pake nama apa biar muncul di halaman pertama gugel.. ><

30/03/12, 10.02 O

@KuraiYoKalau beberapa referensi sih kuncinya terletak pada SEO, baik itu SEO On Page maupun SEO Off Page.

27/07/12, 16.52 O

maknyus ne sob,tadinya aku bingung apa itu kueri,apalagi pas ngliat di webmaster,kueri ane masih 16,maklum baru ngeblog beberapa hari.hehe

Kunjung balik yah sob!

http://mobilepc2.blogspot.com

di mana kata kunci dari google analytics? saya tidak menemukannya, kirim jawabannya ke falahkharismanuraziz@gmail.com

17/12/12, 17.09 O

@falah kharisma nurazizSobat dapat menemukannya paa bagian berikut ini: Pelaporan Standar > Sumber Lalu Lintas > Sumber > Telusuri > Ihktisar :)

17/12/12, 17.16 O

@annash mobilepcOke Sobat. :)

Anonim
09/09/13, 03.51 O

gan penyebab kueri penulusura masih 0 kenapa ya?
apa yang harus saya lakukan biar kueri saya ada?

10/09/13, 01.18 O

@tipsdantrikampuhHal tersebut bisa saja terjadi karena minimnya sumber kunjungan yang berasal dari search engine, Sob. Sehingga yang perlu dilakukan tentunya adalah dengan cara menerapkan SEO secara optimal pada blog yang Sobat kelola sehingga mendapatkan banyak kunjungan dari mesin telusur.

08/01/14, 04.57 O

master seo,terimakasih atas penjelasannya,ini sangat membantu saya.

08/01/14, 10.44 O

@solo on line Sebenarnya sih ini hanya pengalaman pribadi kok Sob. Hanya saja kemudian pengalaman pribadi tersebut saya susun dalam bentuk artikel dan kemudian saya terbitkan dengan harapan dapat berguna dan diambil manfaatnya oleh Sobat Blogger yang lain. Sehingga saya rasa saya belumlah dapat dikatakan sebagai seorang master seo seperti yang Sobat sebutkan. :)

mas, templatenya bagus,,dijual ngak? kl ngak mahal aku mau beli.
#
kl mau ngecek kueri blog atau web orang lain, ada acaranya ngak?

03/02/14, 09.49 O

@Kemenag Karimun Hwaduh, sayang sekali saya belum ada rencana untuk membagi dan atau menjual template ini kepada orang lain Sob. Jadi mohon maaf bila saya tidak dapat memenuhi permintaan tersebut.

Kemudian terkait dengan cara untuk mengetahui kueri dari blog atau web orang lain, jujur saja saya belum pernah melakukannya sehingga dengan demikian saya pun belum mengetahui cara yang digunakannya.

Sekian dan semoga dapat dimaklumi. :)

saya suka melihat tata letak templatenya mas yg simple, sederhana, dan tersusun rapi. tempat pemasangan iklannya juga tidak awut-awutan. jadi enak dilihat. trus ada versi mobile lagi.
# kl suatu saat ini template mau dishare atau dijual mohon diinformasikannya.
# kl suatu saat sudah tahu cara melihat queri blog/web milik org lain mohon dinformasikan juga ya.

04/02/14, 17.24 O

@Kemenag Karimun Oke Sob, terimakasih. Dan tentu saja akan saya informasikan apabila suatu saat nanti saya berencana untuk membagikan template ini kepada orang lain, seperti halnya ketika saya membagikan template terdahulu yang pernah saya gunakan untuk blog ini.

08/06/19, 14.30 O

Terimakasih gan ilmunya,
Selama ini saya mengabaikan tentand kueri karena memang gak tau manfaatnya.Setelah ketemu artikel ini saya jadi ada wawasan..trimz

02/05/20, 08.43 O

Mantaff gan

02/05/20, 08.48 O

@PangkarasARTTerima kasih... 🙏😁

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog