Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

8
Tgl. 19 April 2012

Cara Memasang Tombol Tweet Pada Blogspot Tampilan Mobile

Jika kita mengakses halaman blog dengan menggunakan perangkat komputer, bisa jadi kita tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan se...

Ilustrasi Tombol Tweet
Jika kita mengakses halaman blog dengan menggunakan perangkat komputer, bisa jadi kita tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan setiap fasilitas yang terdapat dalam blog yang dimaksud. Termasuk diantaranya misalnya adalah memanfaatkan fasilitas untuk membagikan artikel yang saat itu kita baca untuk dikirimkan ke akun Twitter kita. Namun apa jadinya bila dalam mengakses artikel dalam blog tertentu kita menggunakan perangkat seluler, apalagi bila perangkat seluler yang kita pakai adalah perangkat seluler kelas bawah yang tidak dapat menampilkan halaman blog seperti layaknya bila dibuka dengan menggunakan komputer.

Nah, berdasarkan uraian di atas dan juga berdasarkan pengalaman saya yang seringkali mengalami kesulitan ketika ingin membagian suatu artikel yang saya buka dengan menggunakan perangkat seluler ke akun Twitter saya, maka di sini saya akan memberikan sebuah tips agar artikel yang kita posting dapat dengan mudah dikirim ke Twitter oleh pengunjung. Dimana yang kita lakukan di sini nanti adalah dengan cara memasang tombol ‘Tweet’ yang nantinya akan dimunculkan secara otomatis di bawah setiap artikel yang diposting. Pemasangan tombol ‘Tweet’ yang dimaksud di atas bukanlah untuk ditampilkan pada halaman blog versi web, namun dimaksudkan untuk ditampilkan di halaman blog versi seluler sehingga akan sangat mempermudah setiap pengunjung yang menggunakan perangkat seluler kelas bawah ketika ingin membagikan tautan artikel yang saat itu dibacanya.

Oke, sekarang kembali pada pokok pembahasan kita yaitu tentang cara memasang tombol ‘Tweet’ di halaman blog tampilan seluler, yang mana dalam hal pemasangan tombol ‘Tweet’ di halaman blog versi mobile, secara prinsip adalah serupa dengan pemasangan widget untuk tampilan mobile lainnya yang terdapat di blog ini, diantaranya misalnya memasang tombol follow Twitter pada blog versi seluler, memasang tombol like untuk Facebook Fan Page pada blog seluler, memasang tombol like untuk halaman konten tampilan seluler, membuat artikel terkait pada template seluler Blogspot, dan artikel lainnya yang terdapat dalam kategori ‘Mobile Blog’.

Pertama, kita harus menyesuaikan setelan untuk konfigurasi tampilan seluler blog yang kita kelola yaitu dengan menggunakan pilihan ‘Tersesuai’. Lebih jelasnya tentang bagaimana cara menyesuaikan konfigurasi blog untuk tampilan seluler, silakan buka artikel dengan judul “Optimasi Blog Dengan Memanfaatkan Fitur Mobile”.  Yang selanjutnya bila setelan telah disesuaikan, maka langkah berikutnya adalah memasang script yang digunakan untuk menampilkan tombol ‘Tweet’ ke dalam template seluler. Dimana caranya adalah serupa dengan pemasangan tombol like untuk halaman konten tampilan seluler, seperti dalam uraian di bawah ini.
  1. Login ke akun Blogger Anda.
  2. Pada ‘Dasbor Blogger’ klik nama blog Anda dan kemudian klik menu ‘Template’
  3. Klik tombol ‘Edit HTML’ kemudian klik tombol ‘Lanjutkan’
  4. Centang pilihan ‘Expand Template Widget’ dan selanjutnya cari kode <b:includable id='mobile-post' var='post'>
  5. Gerakkan kursor ke bawah untuk mencari kode <data:post.body/> yang terletak di antara kode <b:includable id='mobile-post' var='post'> dan </b:includable>
  6. Sisipkan kode berikut ini tepat di bawah kode <data:post.body/> agar nantinya tombol ‘Tweet’ ditampilkan di bawah setiap artikel.
    <a href="https://twitter.com/share" class="twitter-share-button" data-lang="id" data-count="none">Tweet</a>
    <script>!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src="//platform.twitter.com/widgets.js";fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,"script","twitter-wjs");</script>
  7. Simpan Template.

Sehingga akhirnya apabila artikel postingan kita dibuka dengan menggunakan perangkat seluler, maka di bawah setiap artikel akan ditampilkan tombol ‘Tweet’ seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Tombol Tweet Twitter

Namun bila Anda ingin melakukan kustomisasi pada model tombol ‘Tweet’ yang ditampilkan, maka Anda dapat melakukannya dengan membuka  https://twitter.com/about/resources/buttons#tweet untuk mendapatkan kode yang sesuai dengan model tombol ‘Tweet’ yang diinginkan. Karena perlu diketahui bahwa tombol ‘Tweet’ juga dapat ditampilkan dengan menyertakan label yang menyatakan jumlah tweet yang telah dilakukan terhadap artikel yang dimaksud.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 8 komentar pada artikel ini ▶

menurut saya percuma di kasih share button sma Artikel Terkait soalnya dari hp ga mendukung script, kecuali hp yg udh canggih atau android, lagian tombol share ga bisa di gunain klo di hp dan artikel terkait ga akan muncul

@Sadeva Aldy PratamaUntuk membuktikannya, maka ada baiknya bila Sobat membuka blog ini dengan menggunakan perangkat seluler (misalnya memakai Opera Mini 4 atau yang lebih tinggi). Sehingga sobat akan mengetahui apakah teknik ini berfungsi atau tidak.

Karena berdasarkan percobaan yang saya lakukan, teknik ini bahkan dapat berfungsi pada Opera Mini 3 (walaupun tidak seoptimal bila menggunakan Opera Mini 4 atau yang lebih tinggi) :)

20/04/12 12.33 O

@Semar Bingung's Weblogtpi di hp sya ga bsa mas, ga muncul, trs loadingnya lama bgt

@Sadeva Aldy PratamaOke Sob, terimakasih atas masukan informasinya.

Namun tidak ada salahnya bila dicoba. :)

14/07/12 08.49 O

mantap postnya bos...

14/04/13 12.12 O

mas kalo untuk tombol share FB ada gak??

15/04/13 12.29 O

@kang Aditerimakasih Sobat

15/04/13 12.31 O

@Tria Kusuma DewiSebenarnya ada Sob. Tapi untuk sementara sampai saat ini saya memang belum pernah menerbitkan artikel yang mengulas tentang hal tersebut.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog