Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

37
Tgl. 25 April 2012

Beberapa Cara Untuk Mempercepat Penayangan Halaman Blog

Satu hal yang terkadang menjadi momok bagi pengunjung sebuah blog adalah lamanya loading atau penayangan pada halaman yang dimaksud. Penay...

Ilustrasi Penayangan Halaman Blog
Satu hal yang terkadang menjadi momok bagi pengunjung sebuah blog adalah lamanya loading atau penayangan pada halaman yang dimaksud. Penayangan halaman yang terlalu lama bisa jadi membuat pengunjung tidak sabar dan kemudian menutup atau menghentikan akses pada halaman yang dimaksud sebelum terbuka atau dapat ditayangkan sepenuhnya. Hal seperti inilah yang perlu diantisipasi agar pengunjung tidak kapok untuk mengunjungi serta membuka halaman blog yang kita kelola. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mensiasati masalah tersebut adalah dengan mempercepat loading atau penayangan atas halaman sebuah blog.

Berdasarkan pengalaman saya dalam mengelola blog ini, untuk mempercepat loading atau penayangan halaman blog dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan memperhatikan beberapa bagian terkait dengan halaman blog yang kita kelola. Dimana beberapa bagian yang dimaksud, diantaranya adalah seperti yang terdapat dalam uraian di bawah ini.


Pertama, background halaman.

Terkait dengan background yang digunakan sebagai latar halaman blog, sangat disarankan bila menggunakan warna solid. Dan kalaupun menggunakan gambar sebagai latar, maka usahakan agar ukuran dari gambar yang digunakan sebagai gambar tersebut sekecil mungkin. Hal ini disebabkan karena browser yang dipakai oleh pengunjung terlebih dulu akan melakukan request ke server di mana gambar tersebut disimpan, sebelum pada akhirnya ditayangkan.

Berbeda halnya dengan penggunaan warna solid sebagai background. Penggunaan warna solid sebagai latar blog, secara otomatis akan dapat mempercepat penayangan halaman karena browser tidak perlu melakukan request ke server manapun, dan langsung menanganinya dengan memberikan warna solid sebagai background sesuai dengan pilihan warna yang digunakan.


Kedua, penggunaan widget atau gadget blog.

Beberapa tujuan dari pemasangan widget tertentu di halaman sebuah blog, diantaranya adalah untuk 'mempercantik' tampilan halaman dan juga untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam melakukan keperluan tertentu. Sebagai contoh misalnya adalah pemasangan gadget Google Friend Connect yang dapat mempermudah pengelola blog lain untuk mengikuti blog yang kita kelola. Contoh lain misalnya adalah pemasangan Facebook Like Box atau Facebook Like Button yang akan memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam mengikuti pembaruan penerbitan artikel yang dilakukan pada blog yang kita kelola melalui halaman penggemar atau Facebook Fan Page yang dapat diakses melalui akun Facebook yang mereka miliki dan gunakan.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa pemasangan widget untuk blog yang dimaksud haruslah proporsional. Dalam artian dengan tetap memperhatikan kondisi atau desain halaman dan juga dengan mempertimbangkan keragaman sambungan internet yang digunakan oleh pengunjung. Sehingga dalam hal memasang widget, usahakan untuk memasang widget yang memang dirasa sangat penting dan dibutuhkan untuk ditampilkan di halaman. Jangan terlalu sedikit dan juga jangan terlalu banyak.


Ketiga, pemasangan backlink.

Dalam 'dunia blogging' bisa jadi kita sudah tidak asing lagi dengan istilah tukar link/banner, link exchange, tukat tautan, dan sebagainya. Nah, dalam hal pemasangan tautan atau banner yang diperuntukkan sebagai backlink, usahakan agar ditempatkan di halaman terpisah dan bukan di halaman beranda. Dan kalaupun terpaksa harus menampilkan di halaman beranda, maka tampilkan tautan backlink tersebut dalam bentuk teks link. Sedangkan untuk banner usahakan untuk tetap diletakkan di halaman terpisah, terkecuali jika memang banner yang dimaksud tidak boleh diletakkan di halaman lain dan mengharuskan untuk ditempatkan di halaman beranda.

Alasannya adalah seperti penggunaan gambar sebagai background halaman. Jika banner yang dimaksudkan sebagai backlink ditempatkan di beranda, secara otomatis tiap kali kita membuka artikel yang berbeda, maka browser akan melakukan request ke beberapa server yang berbeda untuk menampilkan gambar dari banner yang terpasang di beranda. Berbeda halnya dengan bila ditempatkan pada halaman terpisah, maka request hanya akan dilakukan apabila halaman yang dimaksud dibuka. Itulah sebabnya di halaman beranda blog ini saya hanya memasang banner untuk widget DMCA, Alexa, Bloggers, dan Amung Us, karena memang beberapa widget tersebut tidak dapat berfungsi dan diverifikasi jika dipasang di halaman lain.


Keempat, konten gambar.

Konten yang 'memakan' bandwidth cukup besar ketika sebuah halaman dibuka adalah konten yang berwujud multimedia. Dan salah satu diantaranya adalah konten yang berbentuk gambar. Nah, agar penayangan halaman yang berisikan konten gambar tidak terlalu berat, maka sangat disarankan untuk melakukan kompresi pada gambar yang dimasukkan ke dalam sebuah artikel. Dimana alasannya pun serupa dengan penggunaan gambar sebagai background dan juga pemasangan banner sebagai backlink, dengan tujuan agar proses penayangan halaman dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Apabila dilakukan kompresi pada konten gambar, maka secara otomatis ukuran gambar akan menjadi lebih kecil, sehingga aliran data sebagai hasil atas request yang dilakukan oleh browser ke server tempat gambar tersebut disimpan tidak terlalu lama. Yang akibatnya artikel yang berisikan konten gambar yang telah dikompresi akan lebih cepat ditayangkan apabila dibandingkan dengan penayangan artikel dengan konten gambar yang tidak dikompresi, walaupun untuk konten yang sebenarnya sama.


Berdasarkan uraian pengalaman saya di atas maka diharapkan pengunjung tidak lagi segera 'kabur' menutup atau memutuskan penayangan halaman blog sebelum dapat ditayangkan sepenuhnya dan kemudian kapok untuk berkunjung ke blog yang kita kelola. Dan diharapkan pula agar nantinya pengunjung semakin nyaman dalam membuka setiap artikel yang diterbitkan, karena penayangan untuk setiap halaman dapat dilakukan dengan waktu yang relatif singkat walaupun menggunakan sambungan internet dengan badwidth rendah sekalipun.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 37 komentar pada artikel ini ▶
25/04/12 15.36 O

mkasih infonya,,pas bgt nih blog saya berat amat...!!!

mau saya perkecil mbnya tpi ada perasaan sayabgt knp ya..???

27/04/12 15.35 O

Blognya sudah saya Follow ya...
Silahkan FollBack di teknoworldsite.blogspot.com

04/05/12 13.19 O

Info yang menarik & sangat bermanfaat bagi newbie seperti saya.
Memang seringkali membuat kita jenuh & kesal jika berkunjung pada blog yang lola. Ternyata widget & backlink sangat mempengaruhi akselerasi penayangan blog yang kita kunjungi.
Sekali lagi terima kasih atas infonya.
ﺸﻜﺮﺍﻜﺜﻴﺮﺍ
Salam kenal & Salam berbagi sob!...

11/05/12 12.38 O

infonya benar" bagus dan bermanfaat! :D sdah sya follow blognya, follow balik ya di simonchild23.blogspot.com

Anonim
30/05/12 23.25 O

Siip Infonya...
q udah follow blog ente, skrg FOllow back sob ke blog ane,
kunjungikita.blogspot.com
thx..

Let's Share n Care

16/06/12 13.00 O

Bagus banget sob Postingannya...
Oh ya, gimana ya cara membuat pesan himbauan yang ada diatas kotak komentar?

Anonim
17/06/12 06.59 O

@Indra KrisnadiTerimakasih Sob.

Untuk membuat pesan himbauan seperti itu, InsyaAllah dalam waktu dekat akan saya buatkan artikelnya sehingga Sobat dapat memperlajarinya dengan mudah.

Salam. :)

21/06/12 13.01 O

Ya, Terima kasih...

14/07/12 02.45 O

mantap gan..post nya bermanffat bwt newbie spt ane..:D

23/09/12 21.47 O

makasih mas bro infonya....
sebagai pemula, info ini sangat bermanfaat bagi gue,,,,,,,,

24/09/12 12.01 O

@ajayTerimakasih Sobat. Semoga uraian dalam artikel tersebut benar dapat diambil manfaatnya. :)

24/09/12 12.02 O

@Ohanzee RusheeSama-sama Sobat.

Terimakasih pula atas kunjungan dan komentar yang telah diposkan dalam artikel ini.

14/10/12 00.17 O

Kompresi gambar sama widget ternyata berpengaruh sekali. Baru tahu. Makasih buat infonya.

14/10/12 13.43 O

@Alun AileronYap... Sama-sama dan terimakasih balik atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini, Sob. :)

25/10/12 09.40 O

kunjungi blog saya saya
mau belajar banyak
http://smpn3rambangdangku.blogspot.com/

26/10/12 12.33 O

@SMP NEGERI 3 RAMBANG DANGKUYap. Silakan Sobat. :)

27/11/12 16.25 O

makasih infonya.. ^_^

29/11/12 12.05 O

@Ria FakhriyahTerimakasih balik Sobat. :)

12/01/13 22.41 O

Thanks infonya gan..

16/01/13 16.38 O

@Resthoe JebTerimakasih balik atas kunjungan dan komentarnya Sob.

05/04/13 11.24 O

Terima kasih infonya. Mampir ke blog saya di http://edilee89.blogspot.com
terima kasih

19/04/13 00.50 O

@Edi SutiknoSama-sama Sobat.

25/04/13 23.49 O

Info yang menarik

29/04/13 01.04 O

@Sejahtera CellularSyukurlah bila demikian. :)

14/05/13 04.36 O

Terimaksih mas infonya...

14/05/13 09.17 O

@gio akramTerimakasih balik Sobat. :)

18/05/13 18.46 O

Bermanfaat banget nh artikel, nambah pengetahuan saya dalam belajar blogging :D , thanks mas.

21/05/13 16.48 O

@NiarfSama-sama Sobat. Syukurlah bila artikel tersebut dapat diambil guna dan manfaatnya. :)

Anonim
20/06/13 17.13 O

Saya hanya memberikan saran untuk blog ini, penggunaan komentar pop up seperti ini sangat menyusahkan pengunjung. Lebih baik di pasang langsung di blog saja.

20/06/13 17.21 O

@Jefry DewanggaTerimakasih banyak atas sarannya, Sob.

Ini merupakan masukan saran yang sangat berguna dan berharga bagi saya demi pengembangan dan kemajuan blog ini.

Sekali lagi saya sampaikan terimakasih. :)

Anonim
20/06/13 18.09 O

@AYAHE MELAHeheheh sama-sama, salam kenal juga bang. Sebenarnya yang kamu komentari tadi itu template wordpress yang saya clone karena ada job dari temen. :)

Emmm blog saya yang sebenarnya itu yang default-php.blogspot.com :D Hehehehe

Emmm ya bang, beneran loh, komentar kayak gini itu terkadang membuat saya bosan karena harus pindah pindah jendela. :D

07/09/13 21.17 O

terimaksih mas atas ilmunya , saya banyak belajar dari blog mas terimakasih tinjau blog di sini http://trijagrafika.blogspot.com, oya mas gimana caranya sih tampilan blognya mirip seperti punya mas?

07/09/13 21.21 O

terimaksih mas , bermanfaat sekali cara membuat bingkai di kolom isian gimana mas tolong saya dong

10/09/13 00.55 O

@Fika NurilSama-sama Sobat.

Terkait dengan blog yang Sobat kelola, saya rasa lumayan juga kok. Akan tetapi kalau menurut saya ada baiknya jika pemasangan widget hanya dilakukan untuk widget yang benar-benar diperlukan. Sebagai contoh misalnya widget jam digital itu ada baiknya jika tidak usah dipasang karena pada komputer yang dipakai oleh pengunjung pasti sudah terdapat penunjuk waktu.

Sementara itu untuk membuat tampilan blog menjadi seperti ini, tentu saja hanya dapat dilakukan dengan cara edit template.

10/09/13 00.57 O

@Fika NurilMaksudnya kolom isian yang bagaimana Sob? Barangkali pertanyaan tersebut dapat Sobat perjelas lebih dulu sehingga saya dapat dengan mudah memahami maksud dari apa yang Sobat tanyakan.

29/09/13 18.20 O

maksudnya cara membuat postingan didalam bingkai seperti milik mas

30/09/13 19.57 O

@Fika NurilOwh, kalau yang Sobat maksud seperti itu, berarti caranya adalah dengan melakukan kustomisasi pada bagian yang dimaksud Sob. Bagian yang dimaksud di sini tentunya adalah menyesuaikan dengan ID atau Class-nya.

Sehingga untuk keperluan tersebut ada baiknya bila Sobat pelajari terlebih dulu ID atau Class untuk bagian yang ingin diubah, baru kemudian lakukan kustomisasi pada CSS-nya.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog