Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

22
Tgl. 26 April 2012

Kenapa Daftar Isi Pada Blog Ini Harus Ada Dua Buah?

Apabila kita jeli dalam mencermati setiap bagian dari blog ini, maka kita akan menemukan bahwa dalam blog ini terdapat dua (2) buah daftar...

Ilustrasi Daftar Isi
Apabila kita jeli dalam mencermati setiap bagian dari blog ini, maka kita akan menemukan bahwa dalam blog ini terdapat dua (2) buah daftar isi. Satu buah daftar isi terletak pada sidebar sebelah kiri, sementara sebuah daftar isi yang lainnya terletak pada halaman tersendiri khusus untuk datar isi. Dengan adanya dua (2) buah daftar isi tersebut, bisa jadi kita akan menganggap bahwa hal ini adalah suatu pemborosan tempat, tidak efektif bila terdapat dua (2) buah daftar isi dalam sebuah halaman yang sama. Namun perlu diketahui bahwa pembuatan dua (2) buah daftar isi di sini bukannya tanpa alasan, maksud, maupun tujuan.

Jika sekarang kita berbicara tentang daftar isi, maka kita dapat mengibaratkan bahwa sebuah blog adalah seperti hanya sebuah buku. Pada umumnya dalam sebuah buku dapat kita jumpai sebuah daftar isi, karena dalam buku tersebut berisikan beberapa halaman, dimana dalam setiap halamannya berisikan materi yang tidak sama. Sehingga untuk mempermudah pembaca dalam mencari materi yang diinginkan untuk dibaca, pembaca tinggal mencari judul serta halaman  dari materi yang dimaksud dan kemudian dapat langsung membukanya sesuai dengan nomor halaman yang tertera dalam daftar isi. Dengan demikian pembaca tidak perlu lagi membuka setiap halaman yang ada satu per satu untuk menemukan materi yang diinginkannya.

Demikian pula dengan blog. Karena dalam blog berisikan kumpulan artikel atau materi yang diterbitkan dari waktu ke waktu secara berkala, maka untuk mempermudah pengunjung dalam mencari artikel atau materi sesuai dengan yang diinginkannya, sangatlah perlu adanya daftar isi pada blog yang dimaksud. Sehingga sama halnya dengan buku tadi, maka pengunjung tinggal mencari dan memilih materi yang akan dibuka sesuai dengan judul serta kutipan artikel yang terdapat dalam daftar isi blog tersebut.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, “Kenapa daftar isi pada blog ini ada dua buah?”. Jadi begini, bila di sini kita menemukan dua (2) buah daftar isi, maka sebenarnya masing-masing dimaksudkan untuk tujuan yang berbeda. Daftar isi yang terletak pada sidebar sebelah kiri adalah ditujukan bagi pengunjung yang membuka halaman blog ini dengan menggunakan perangkat komputer. Sedangkan daftar isi yang terletak di halaman terpisah, dalam hal ini adalah halaman ‘Daftar Isi’ ditujukan bagi pengunjung yang membuka blog ini dengan menggunakan perangkat seluler atau yang umumnya disebut dengan telepon seluler atau HP.

Dengan menempatkan daftar isi pada sidebar, maka pengunjung yang membuka halaman blog ini dengan menggunakan perangkat komputer dapat langsung membuka artikel yang berbeda dengan cara mengeklik salah satu judul artikel pada daftar isi yang terletak di sidebar. Sehingga dengan demikian dapat diartikan pula bahwa, setelah pengunjung selesai membaca sebuah artikel, pengunjung tidak perlu lagi membuka halaman khusus daftar isi untuk mencari materi yang lain dan kemudian membukanya, karena untuk membuka artikel yang lain dapat dilakukan langsung dengan cara mencari dan memilihnya pada daftar isi yang terletak di sidebar.

Dan selanjutnya adalah mengenai daftar isi yang satunya, yaitu daftar isi yang terletak pada halaman terpisah khusus ‘Daftar Isi’. Seperti yang kita tahu bahwa kemampuan browser yang terdapat pada perangkat komputer dan perangkat seluler dalam menayangkan halaman situs tidaklah sama. Browser yang terdapat pada perangkat seluler (khususnya adalah perangkat seluler kelas bawah) pada umumnya masih memiliki banyak keterbatasan sehingga halaman blog tidak ditampilkan seperti layaknya bila halaman tersebut dibuka dengan menggunakan browser pada perangkat komputer. Sebagai contoh misalnya bila dengan menggunakan browser pada komputer, sidebar dapat ditampilkan, maka dengan menggunakan browser pada perangkat seluler, bagian tersebut tidak dapat ditampilkan. Nah, di sinilah fungsi dari daftar isi yang kedua ini. Sehingga dengan adanya daftar isi yang diletakkan di halaman terpisah, akhirnya pengunjung yang menggunakan perangkat seluler pun dapat melihat daftar semua artikel yang ada dan kemudian membukanya dengan mudah.

Namun, bila Anda membuka halaman daftar isi yang terdapat pada blog ini dengan menggunakan komputer, bisa jadi Anda akan mendapatkan bahwa tampilan daftar isi akan memanjang ke bawah tanpa adanya fungsi scroll sama sekali. Hal ini disebabkan karena saya menggunakan fungsi height: auto; untuk pengaturan tinggi bingkai daftar isi, dengan alasan karena browser pada perangkat seluler kelas bawah pada umumnya belum mendukung penggunaan fungsi scroll. Sehingga dengan cara demikian akhirnya jika daftar isi dibuka dengan menggunakan browser yang terdapat pada perangkat seluler, seluruh konten yang terdapat di dalamnya tetap dapat ditampilkan dengan sempurna.

Jadi, pembuatan dua (2) buah daftar isi pada blog ini, secara prinsip maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam mengakses setiap artikel yang terdapat di dalamnya, baik bagi mereka yang membuka halaman blog ini dengan memakai perangkat komputer, maupun bagi mereka yang membuka halaman blog ini memakai perangkat seluler.


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 22 komentar pada artikel ini ▶
28/04/12 14.41 O

ou gitu ya gan, boleh juga tu idenya. tapi kalau dua gitu bisa lemot ga gan ya?

28/04/12 15.14 O

@cerita anak kostSaya rasa tidak. Tergantung bagaimana cara kita mensiasati pengelolaan halaman blog kita.

30/04/12 15.33 O

bner nih kata sobat,,,,

30/04/12 16.15 O

', Knjungan balik ndan .. hhehe ..
', Hmm .. trnyata user Y!A juga y .. ^_^

03/05/12 00.24 O

Hai teman, threelas telah merilis widget gratis related posts slideshow silahkan ke http://www.threelas.com

05/05/12 02.24 O

Tutorial blog tentang "Kenapa Daftar Isi Pada Blog Ini Harus Ada Dua Buah?" ini sangat menarik dan bermamfaat.
Terima kasih...

23/07/12 23.01 O

Cara buat daftar isi seperti blog ini bagaimana ya?

Anonim
24/07/12 22.03 O

@Admin(SS)Sobat, mohon maaf sebelumnya karena saya lebih menyarankan agar Sobat melakukan penelusuran internet dengan memakai mesin telusur guna mencari script untuk pembuatan daftar isi.

Hal tersebut disebabkan karena sebenarnya telah banyak artikel yang memberikan ulasan dan uraian tentang cara pembuatan daftar isi seperti yang ada di blog ini. Atas dasar berbagai pertimbangan (salah satunya adalah untuk menghindari terdeteksinya artikel sebagai konten duplikat oleh mesin telusur), akhirnya saya sengaja tidak menerbitkan script-nya di blog ini.

Sekian dan sekali lagi saya mohon maaf.
Salam. :)

Anonim
28/10/12 20.18 O

Cukup satu saja udah bisa membantu pengunjung membaca artikel kita.

30/10/12 08.19 O

@disaveTerimakasih atas saran yang diberikan, Sob.

Anonim
06/11/12 15.30 O

Salam dan selamat sore buat abang yang super2 jenius ini. Tapi bang klu boleh minta script buat bkin daftar isi kaya punya abang ini, dan klu bleh krimin aja scriptnya via email ke email prbadi ane citranadaentertainment@gmail.com ya bang. Kenapa ane minta sama abang coz beberapa hari ini udah ane coba cari2 di google dan yang lainnya tetep gk nemu yang kaya punya abang ini. Ane harap abang mau berbaik hati berbagi ilmunya sama ane. Terimakasih bang, wasalam.

07/11/12 13.03 O

@Bun78Dalam waktu dekat, saya akan berusaha untuk segera mengirimkannya pada email yang Sobat maksud.

Sekian dan salam balik. :)

Anonim
07/11/12 17.44 O

@AYAHE MELA
Terimakasih bang, abang telah berbaik hati berbagi ilmunya dengan ane yang gaptek ini, maaf bang ane mau mengoreksi alamat email ane yang kemarin ane kasih, maksudnya bukan citranadaentertainment@gmail.com tapi citra.nada.entertainment@gmail.com . Kemarin ane salah mengetik dan kurang tanda titik (.), terakhir ane ucapin terimakasih yang sebanyak2nya dan semoga semua ilmu abang dapat bermanfaat bagi seluruh blogger newbie dan semoga semua ilmu abang ini menjadi amal ibadah dan mendapat pahala yang sebesar2nya. Amin,,,,,
Salam untuk seluruh blogger Indonesia!

07/11/12 23.37 O

@Bun78Oke Sobat, sama-sama.

Berkas telah saya kirim ke alamat email tersebut dan silakan dilakukan pengecekan.

Sekian dan salam. :)

Anonim
08/11/12 16.15 O

@AYAHE MELA

terimakasih bang udah berbaik hati ma ane yang gaptek ini, tapi bang ko kursor dari script yang abang kasih ko tampilannya tabda tanya (?), gimana caranya biar bisa kaya punya abang yang berbentuk segi tiga?
Terimakasih bang!

Anonim
08/11/12 16.26 O

@AYAHE MELA
Maaf bang sama satu lagi bang, punya ane ko loadingnya berat ya bang sedangkan punya abang sangat ringan, tolong penjelasannya bang.

08/11/12 16.52 O

@Bun78Hwadduh Sob, sebelumnya saya mohon maaf karena lupa kalau di dalam script yang saya kirimkan terdapat karakter dalam format unicode.

Sementara itu script yang saya kirimkan kemarin saya simpan dengan format pengkodean ANSI sehingga akhirnya lambang segitiga berubah menjadi tanda tanya.

Kalau begitu saya akan mengirimkannya kembali untuk Sobat file yang saya simpan dengan format unicode sehingga tanda segitiga tidak lagi berubah menjadi tanda tanya.

08/11/12 16.59 O

@Bun78Untuk masalah loading, saya rasa tidak hanya script daftar isi yang mempengaruhi, Sob.

Karena menurut sepengetahuan saya cepat atau lambatnya loading halaman juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, misalnya adalah konten yang terdapat atau digunakan dalam setiap elemen halaman dan dipengaruhi pula oleh widget yang terpasang pada blog.

Sekian dan semoga dapat membantu.
CMIIW

18/06/13 18.57 O

iya nih, widget daftar isi nya bagus. di blog lain gak ada yang kayak gini. jadi pingin pasang

19/06/13 14.04 O

@jona rendraKalau pingin pasang widget daftar isi seperti itu, sudah banyak yang menerbitkan tutorialnya kok. Jadi Sobat tinggal mencari referensi tentang cara pembuatan daftar isi yang seperti itu.

Oleh sebab itulah saya sengaja tidak menerbitkan artikel tentang pembuatan daftar isi seperti itu karena telah banyak tutorialnya. :)

25/03/14 15.08 O

mantap gan !
jadi caranya bikin daftar isi dengan label sama judul posting kyk punyamu gmna gan caranya ??

26/03/14 00.15 O

@Alfian Akhmad Sholekhan Terdapat banyak blog yang memberikan ulasan terkat dengan hal tersebut Sob. Jadi ada baiknya bila Sobat lakukan penelusuran dengan memanfaatkan search engine karena tidak mungkin bagi saya untuk menerbitkan artikel yang serupa atau bahkan sama dengan artikel lain yang telah lebih dulu diterbitkan pada blog yang berbeda. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog