Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

15
Tgl. 07 Mei 2012

PageRank Sebagai Sebuah Wujud Penghargaan Dari Google Kepada Situs Web atau Blog

Setelah beberapa waktu vakum tidak melakukan posting sama sekali karena harus fokus dan konsentrasi melakukan pembenahan pada salah satu b...

Ilustrasi Google Pagerank
Setelah beberapa waktu vakum tidak melakukan posting sama sekali karena harus fokus dan konsentrasi melakukan pembenahan pada salah satu blog saya yang lain (dalam hal ini adalah ilmudi.blogspot.com), maka artikel ini saya buat dan terbitkan sebagai salah satu wujud syukur atas sebuah penghargaan tak terduga yang diberikan oleh Google kepada blog ini. Jadi ceritanya begini, kebetulan tadi pagi waktu ‘jalan-jalan’ di Google Tanya Jawab saya mendapati sebuah pertanyaan yang intinya adalah bertanya kepada user lain tentang bagaimana pendapat mereka atas blog yang ditanyakan tersebut.

Kemudian dari beberapa jawaban yang ada, terdapat salah satu jawaban dari salah seorang penjawab yang menyertakan ucapan selamat atas blog tersebut karena ternyata telah mendapatkan penghargaan dari Google berupa PageRank, sementara blog yang bersangkutan malah belum ‘dilirik’ sama sekali oleh Google karena belum mendapatkan PageRank sama sekali.

Nah, selanjutnya iseng-iseng saya membuka sebuah situs web yang salah satu fungsinya adalah untuk melakukan pengecekan PageRank sebuah situs web atau blog. Karena sebelumnya saya tidak pernah sama sekali melakukan pengecekan PageRank yang didapatkan oleh blog ini. Dan bahkan sebelumnya saya pun tidak pernah memasang dan menampilkan widget PageRank, karena saya pikir widget tersebut belum begitu perlu untuk saya pasang dengan alasan agar penayangan halaman blog dapat lebih cepat, walau mungkin pengaruhnya tidak begitu signifikan.

Oke, sekarang kita kembali pada pokok bahasan yang sebelumnya yaitu tentang hasil pengecekan atas PageRank blog ini. Setelah saya mencoba melakukan pengecekan, tak tahunya ternyata dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh situs tersebut, di sana ditampilkan angka 1 (satu) yang menyatakan  bahwa blog ini telah mendapatkan PageRank 1 dari Google. PageRank 1 memang bukan sebuah angka yang tinggi, dan bahkan hal yang seperti ini akan menjadi hal yang biasa apabila dibandingkan dengan situs web atau blog yang telah memiliki PageRank di atasnya.

Walau sebenarnya dalam artikel lain saya juga telah menyebutkan bahwa mendapatkan PageRank bukanlah harapan dan tujuan dari blog ini (karena tujuan utama dari blog ini adalah sebagai sarana atau media untuk berbagi ilmu, pengetahuan, dan juga wawasan), namun apabila kenyataannya sekarang blog ini mendapatkan PageRank, maka ini adalah satu hal yang patut untuk disyukuri. Karena dengan mendapatkan PageRank dari Google, berarti dapat dijadikan sebuah indikator bahwa konten atau materi yang disajikan dalam setiap artikel yang diterbitkan pada blog ini dianggap penting dan bermanfaat sesuai dengan perhitungan yang dilakukan oleh algoritma PageRank yang dimiliki oleh Google.


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 15 komentar pada artikel ini ▶
07/05/12, 12.32 O

wew, jarang cek PR blog sendiri yak? katanya sering pake hp kalo onlen? tp kalo lg pake desktop, coba install toolbar yg nunjukin info PR tiap web/blog yg kita kunjungi, semisal webrankstat,seo quake, dll
kalo untuk Update PageRank, google katanya sih biasa update PR tiap 4-5 bulan sekali :)

07/05/12, 21.01 O

@Blog nova13iya Sob, terus terang saya jarang banget ngecek pagerank, gadget pagerank yang sekarang itu saja saya pasang setelah artikel ini saya posting

08/05/12, 03.52 O

numpang mampir... selama ini sy tidk pernah cek pr blog sy... mikirnya pr blog nggak terlalu penting... yg penting terus nge-blog sj...

08/05/12, 05.57 O

Bagus sob info-nya. Tapi, PR saya 1 terus nih. Gimana cara naikinnya?

08/05/12, 11.34 O

@syamSebenarnya saya pun juga demikian Sob, karena selama ini saya juga tidak pernah ngecek PR sama sekali. Saya pun tau kalau blog ini dapat PR 1 juga hanya secara kebetulan saja, karena sebelumnya juga tidak memasang PR widget di sini.

08/05/12, 11.36 O

@File ProfessionalWahh, kalau masalah meningkatkan PR saya juga kurang tahu Sob, tapi berdasarkan beberapa referensi, salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap nilai PR adalah backlink.

09/05/12, 20.38 O

Congrats yah!
Smoga bisa naik lagi PR-nya!

Anonim
10/05/12, 02.01 O

@Crafts WorldTerimakasih Sob. :)

11/05/12, 07.18 O

wow benar emang sob, kunjung balik yah forcester.blogspot.com

20/05/12, 00.21 O

selamat ya bos !!! saya mah dari dulu enggak naik naik ... masih di pr 2 :) hidup enggak matipun segan ... hehhehe

06/09/12, 16.03 O

Matab Gan jangan lupa kunjungi blog sya, banner agan udh sya pasang di blog sya coba cek ayibagus-spc.blogspot.com

07/09/12, 03.32 O

@akangsuryaTerimakasih Sobat.

07/09/12, 03.34 O

@SungaiPinang-CommunitySudah saya pasang balik Sob. Namun agar sesuai dengan ukuran widget maka terpaksa saya melakukan sedikit perubahan pada ukuran (dimensi) gambar. Sekian dan semoga berkenan.

12/05/13, 12.07 O

Asyiikk dapat PR 3.

14/05/13, 09.04 O

@mariyanto widodoSyukurlah bila demikian. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog