Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 19 Mei 2012

Sitelinks Sebagai Salah Satu Penghargaan Dari Google Untuk Blog Ini

Setelah kurang lebih 2 (dua) minggu tidak melakukan posting atau menerbitkan artikel di blog ini, karena sedang fokus melakukan pembenahan ...

Setelah kurang lebih 2 (dua) minggu tidak melakukan posting atau menerbitkan artikel di blog ini, karena sedang fokus melakukan pembenahan desain tampilan dan tata letak halaman untuk beberapa blog yang saya kelola, maka mau tidak mau hari ini harus menyempatkan waktu sejenak untuk menulis dan menerbitkan sebuah artikel baru karena ternyata ada satu hal yang kiranya perlu untuk didisampaikan.

Jadi begini, setelah sebelumnya blog ini mendapatkan penghargaan tak terduga dari Google berupa PageRank 1, tak tahunya ada 1 (satu) buah penghargaan lagi yang diterima oleh blog ini. Dimana penghargaan tak terduga yang kedua ini adalah berupa sitelinks dalam hasil penelusuran Google, yang baru saja saya ketahui hari ini ketika mencoba melakukan penelusuran untuk blog ini. Walau diantara Sobat Blogger bisa jadi sudah banyak yang tahu atau bahkan telah lama mendapatkan penghargaan ini untuk blog yang dikelola sehingga akhirnya sudah tidak asing lagi dengan istilah sitelinks, namun bagi saya penghargaan ini adalah yang pertama kalinya untuk salah satu dari beberapa blog yang saya kelola.

Namun demikian bisa jadi pula diantara Sobat Blogger ada yang belum mengetahui tentang hal ini, yaitu tentang istilah sitelinks. Sehingga bagi Sobat Blogger yang belum mengerti dengan yang dimaksud sitelinks, perlu diketahui bahwa sitelinks adalah beberapa group atau kelompok tautan atas sebuah situs web atau blog yang dimunculkan di halaman penelusuran Google, apabila dilakukan penelusuran dengan menggunakan kata kunci atau keyword tertentu.  Sebagai contoh misalnya adalah sitelinks untuk blog ini, akan ditampilkan di halaman hasil penelusuran Gogle apabila keyword atau kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah ELTELU. Sehingga apabila dilakukan penelusuran dengan menggunakan kata kunci tersebut, maka dalam SERP (Search Engine Result Page) secara otomatis akan ditampilkan sitelinks untuk blog ini, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Eltelu Sitelinks
Sumber gambar: screenshot hasil penelusuran dari http://google.co.id

Sitelinks atau yang biasanya juga disebut sebagai tautan situs seperti yang tampak pada gambar di atas, sebenarnya secara prinsip digunakan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan navigasi pada sebuah situs web atau blog. Sitelinks sendiri merupakan hasil analisis yang dilakukan oleh sistem mesin telusur terhadap struktur sebuah situs web atau blog, yang akhirnya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat pengguna internet untuk menemukan informasi sesuai dengan kata kunci atau keyword yang mereka gunakan. Sehingga dapat dikatakan bahwa tautan yang terdapat pada suatu sitelinks merupakan tautan yang terbentuk secara otomatis, karena oleh algortima mesin telusur tautan-tautan tersebut dianggap sebagai tautan yang berguna dan bermanfaat bagi pengguna. Dan apabila dicermati ternyata hal tersebut memang benar adanya, karena dari beberapa tautan situs yang terdapat pada gambar di atas memang merupakan beberapa tautan yang berisikan artikel dengan konten atau isi yang belum pernah dibahas oleh Blogger lain sebelum beberapa artikel tersebut diterbitkan. 

Oke, apabila dalam uraian di atas telah saya sebutkan bahwa sitelinks untuk blog ini akan ditampilkan ketika kata kunci yang digunakan untuk melakukan penelusuran adalah ELTELU, ternyata sitelinks atau tautan situs untuk blog ini tidak akan ditampilkan apabila kata kunci atau keyword yang digunakan untuk melakukan penelusuran adalah Semar Bingung atau Semar Bingung’s Weblog. Oleh sebab itulah akhirnya judul untuk blog ini akhirnya saya ubah menjadi ELTELU –[Semar Bingung’s Weblog]- dari yang sebelumnya dengan judul Semar Bingung’s Weblog. Hal ini juga saya lakukan atas dasar saran dari seorang sahabat yang mengatakan bahwa judul yang digunakan untuk blog ini sebenarnya kurang tepat, dan akan lebih tepat apabila judul disesuaikan dengan nama sub domain yang digunakan. Sehingga dengan demikian salah satu keuntungannya adalah nama blog akan lebih mudah diingat apabila dicantumkan kata ELTELU pada judul, yang pada akhirnya pengguna pun akan lebih mudah apabila ingin melakukan penelusuran untuk mencari dan membuka artikel yang diterbitkan di blog ini.

Dan akhirnya, dari beberapa penghargaan yang diberikan oleh Google secara bertubi-tubi ini, saya pun hanya dapat mensyukurinya karena memang sebelumnya saya tidak pernah menduganya. Satu-satunya harapan saya adalah semoga setiap artikel yang saya tulis dan kemudian saya terbitkan di blog ini dapat berguna dan bermanfaat untuk siapapun yang telah membacanya.


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog