Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

13
Tgl. 22 Juni 2012

Cara Membuat Catatan Pesan Himbauan Dengan Internal Links Di Atas Kolom Kotak Komentar Blog

Menanggapi salah satu pertanyaan Sobat Blogger dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul Beberapa Cara Untuk Mempercepat Penayangan Hala...

Ilustrasi Link Internal
Menanggapi salah satu pertanyaan Sobat Blogger dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul Beberapa Cara Untuk Mempercepat Penayangan Halaman Blog tentang bagaimana cara membuat pesan himbauan di atas kolom kotak komentar, maka dalam artikel ini saya akan menguraikan cara yang digunakan untuk mengerjakan hal tersebut. Dimana sebenarnya teknik ini sudah banyak yang mengulas dan biasanya dimanfaatkan untuk membangun internal link pada sebuah blog. Namun demikian tidak ada salahnya bila saya mengulasnya kembali karena tidak jarang kalimat yang digunakan dalam internal link sebuah blog merupakan kalimat bawaan dari kustom template, sehingga dengan demikian nantinya dapat memudahkan dalam melakukan kustomisasi internal link sesuai dengan keinginan kita.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, maka silakan Anda perhatikan terlebih dulu gambar di bawah ini.

Internal Links

Seperti yang tampak pada gambar di atas, dapat kita lihat bahwa bagian yang ditandai dengan tanda kotak dan ditunjukkan dengan tanda panah merupakan pesan himbauan yang tidak hanya berfungsi sebagai himbauan kepada pengunjung yang membaca dan atau menyalin artikel yang ada di blog ini, akan tetapi kalimat yang terdapat dalam pesan himbauan tersebut sebenarnya berfungsi ganda. Dimana fungsi yang lainnya adalah untuk membangun internal link untuk blog ini.

Oke, sekarang kita kembali pada pokok bahasan utama, yaitu tentang cara membuat pesan himbauan otomatis pada setiap artikel yang berisikan tautan internal di dalamnya. Akan tetapi di sini saya hanya akan memberikan contoh pembuatan pesan himbauan yang digunakan pada blog ini, sehingga nantinya Anda dapat melakukan kustomisasi pada kalimat yang akan digunakan sesuai dengan pesan himbauan yang akan ditampilkan di blog Anda.


Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.

Kedua, cari kode <div class='post-footer-line post-footer-line-3'> dan kemudian perhatikan bahwa beberapa baris di bawah kode tersebut terdapat kode </span> </div>. Nah, sisipkan kode berikut ini tepat di bawah kode </span> </div> tersebut.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
   <div style='text-align: justify;'>
      <span class='Apple-style-span' style='color: #992211; font-size: x-small;'><b>Klik tombol "Like" atau "Suka" bila Anda suka dengan <a expr:href='data:post.url'>artikel ini</a>. Jangan lupa <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>poskan komentar</a> agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari <a href='http://eltelu.blogspot.com/'>blog ini</a>, maka silakan <a href='http://eltelu.blogspot.com/p/sitemap.html'>klik di sini</a> untuk membuka <a href='http://eltelu.blogspot.com/p/sitemap.html'>daftar isi</a>. Harap menyertakan dan mencantumkan <span style='color: #0b5394;'><data:post.url/></span> bila Anda menyalin dan atau meng-copy <a expr:href='data:post.url'>artikel ini</a>, dengan menggunakan kode di bawah ini. Terimakasih.</b></span>
   </div>
</b:if>


Ketiga, simpan template Anda.


Namun demikian sekali lagi perlu saya tekankan bahwasanya kode tersebut merupakan kode yang digunakan untuk membuat pesan pemberitahuan yang terdapat pada blog ini. Sehingga sebelum kode tersebut disisipkan dalam template, maka ada baiknya apabila disalin terlebih dulu ke Notepad dan kemudian lakukan penyesuaian, terutama untuk beberapa kode di bawah ini.


Pertama, ganti kode #992211 dan #0b5394 dengan kode warna yang sesuai dengan desain halaman blog Anda.

Kedua, ubah http://eltelu.blogspot.com/ sesuai dengan URL blog Anda.

Ketiga, ubah http://eltelu.blogspot.com/p/sitemap.html sesuai dengan URL halaman daftar isi yang terdapat pada blog Anda


Atau silakan pelajari dan pahami rangkaian kode yang digunakan dalam teknik tersebut, kemudian lakukan kustomisasi sesuai dengan kreativitas dan keinginan Anda.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 13 komentar pada artikel ini ▶
22/06/12 09.15 O

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya ya atas postingannya karena ternyata ada Orang Nakal yang mengcopy tanpa mencantumkan sumbernya.
Sekali lagi Terima kasih dan saya mohon maaf jika mungkin saya telah merepotkan...

22/06/12 11.46 O

Tipsnya sudah sukses sobat...
Kodenya sudah sedikit dilakukan pengeditan karena ada yang tidak ada seperti Kode itu.
Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih...

Anonim
22/06/12 17.57 O

wah, keren, kalau misal diganti jadi iklan bisa ya? hehehe

Anonim
22/06/12 23.11 O

@Indra KrisnadiSama-sama Sobat. Tadi saya juga sudah cek ke blog Sobat langsung kok.

Dan terkait dengan hal ini, saya rasa tidak merepotkan kok, karena bukankah dalam hidup ini salah satu kewajiban kita adalah saling membantu dan juga berbagi ilmu dengan orang lain. :)

Anonim
22/06/12 23.18 O

@teknokers.comSemestinya bisa. Namun jujur saya belum pernah mencobanya.

23/06/12 07.33 O

menarik, dicoba sob. kunjungan balik dari sahabat

25/06/12 13.23 O

kang template ni boleh tau dpt dri mn? aq mau ni

Anonim
25/06/12 14.50 O

@Adi PradanaTerimakasih Sob. Silakan jika ingin mencoba mengimplementasikannya pada blog yang Sobat kelola.

Anonim
25/06/12 14.57 O

@Harzaiki LubisSob, sebenarnya ini adalah template standar dari Blogger. Namun saya telah melakukan kustomisasi pada tampilan versi seluler, sehingga apabila blog ini dibuka memakai HP maka tampilannya sangat berbeda bila dibandingkan dengan tampilan standar versi seluler yang diberikan oleh Blogger.

Jika Sobat ingin melakukan kustomisasi pada template versi seluler dan menerapkannya pada blog yang Sobat kelola, maka silakan pelajari artikel yang saya posting dalam kategori 'Mobile Blog'.

24/01/13 15.06 O

thanks ya informasinya keren banget
silahkan mampir ke blog ini
www.pes-fbi-tfc.blogspot.com

24/01/13 19.06 O

@fatah syamOke Sobat. Terimakasih balik atas kunjungan dan komentarnya.

28/01/13 06.48 O

Terimakasih infonya bang lansung dicoba ya

28/01/13 07.33 O

@gio akramSama-sama Sob. Silakan bila ingin mencoba menerapkannya.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog