Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

2
Tgl. 22 Juli 2012

Cara Berbagi Tautan Dengan Melalui Hand Phone (HP) Atau Menggunakan Opera Mini

Setelah mencermati data kueri kata kunci penelusuran yang digunakan oleh pengunjung, saya menyimpulkan bahwa ternyata banyak sekali keywor...

Cara Berbagi Tautan Ke Facebook Atau Twitter Melalui Hand Phone
Setelah mencermati data kueri kata kunci penelusuran yang digunakan oleh pengunjung, saya menyimpulkan bahwa ternyata banyak sekali keyword ‘nyasar’ yang digunakan oleh pengunjung dalam melakukan penelusuran berhubungan dengan cara berbagi tautan dengan menggunakan perangkat seluler (dalam hal ini berbagi tautan melalui HP atau Opera Mini).

Hal tersebut sebenarnya sangatlah wajar karena memang dulu saya pernah menerbitkan sebuah artikel tentang cara berbagi tautan, dalam hal ini adalah artikel yang berjudul Cara Berbagi Tautan Otomatis Ke Facebook Fan Page, sehingga artikel ini juga akan ditampilkan dalam SERP ketika keyword yang digunakan dalam melakukan penelusuran adalah berhubungan dengan cara berbagi tautan. Namun bisa jadi isi dari artikel tersebut tidaklah sesuai dengan yang diharapkan, karena artikel tersebut menguraikan cara berbagi tautan ke Facebook Fan Page dengan memanfaatkan RSS Graffiti yang dapat dilakukan melalui komputer, sedangkan yang mereka cari sebenarnya adalah cara berbagi tautan melalui HP.

Setelah saya mencoba melakukan penelusuran dengan menggunakan mesin telusur, ternyata memang masih sangat jarang artikel yang menguraikan cara berbagi tautan dengan memanfaatkan hand phone (HP). Dan ketika saya mencoba menggunakan keyword “cara berbagi tautan melalui hp” dalam penelusuran, ternyata artikel saya yang membahas tentang cara berbagi tautan otomatis ke Facebook Fan Page memang muncul di urutan pertama hasil penelusuran. Sehingga atas dasar ini dan juga atas dasar data kueri kata kunci penelusuran yang digunakan oleh pengunjung, maka artikel ini saya buat dengan harapan dapat dijadikan sebagai referensi untuk berbagi tautan dengan menggunakan perangkat seluler.

Bisa jadi bukan suatu hal yang sulit untuk berbagi tautan melalui browser komputer, karena dapat langsung dilakukan meng-copy URL yang akan dibagikan dan kemudian mem-paste-nya di tempat yang diinginkan (misalnya di Twitter, beranda atau profil Facebook, dan atau situs jejaring sosial yang lainnya). Namun terkadang hal tersebut menjadi tidak mudah lagi apabila kegiatan browsing dilakukan dengan menggunakan perangkat seluler atau hand phone (HP), apalagi jika browser yang digunakan tidak menyediakan fitur pengiriman URL. Belum lagi jika browser yang digunakan tidak menyediakan fitur copy-paste, sehingga kita harus menghafal atau menulis URL (tautan) yang dimaksud, baru kemudian menulisnya ulang untuk dibagikan (misalnya di Facebook atau Twitter).

Perlu diketahui bahwa sebenarnya terdapat berbagai cara yang dapat digunakan untuk berbagi tautan dengan menggunakan perangkat seluler, dimana beberapa diantaranya adalah sebagaimana uraian di bawah ini.


Pertama, yaitu dengan cara menuliskan langsung URL yang akan dibagikan. Dimana hal ini dapat dilakukan apabila kita telah hafal dengan URL tautan yang akan dikirimkan.

Kedua, menggunakan tombol ‘Share’ untuk tampilan versi seluler yang secara default telah disediakan oleh Blogger dan akan ditampilkan di bawah setiap artikel, atau dapat pula dilakukan dengan menggunakan fasilitas berbagi yang disediakan oleh pengelola situs web/blog (sebagai contoh misalnya tombol Tweet atau Facebook Share). Dalam hal ini adalah seperti yang tampak pada gambar berikut ini.
Cara Berbagi Tautan Dengan Menggunakan HP

Dengan mengeklik dan menggunakan tombol ‘Share’ untuk tampilan halaman versi seluler (seperti yang tampak pada gambar di atas), maka kita dapat mengirim tautan atas artikel yang sedang dibuka untuk dibagikan ke Google +, Email, Facebook, atau Twitter (seperti yang tampak pada gambar di bawah ini).
Berbagi Tautan Dari Blog Melalui HP

Ketiga, apabila tidak dapat dilakukan dengan menggunakan cara pertama dan kedua, maka untuk berbagi tautan dapat dilakukan dengan memanfaatkan mobile browser yang digunakan. Sebagai contoh misalnya untuk berbagi tautan dengan menggunakan Opera Mini, maka terlebih dulu buka halaman yang akan dibagikan kemudian buka ‘Menu>Tools(Alat) >Share Page(Kirim Halaman), seperti yang tampak pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Berbagi Tautan Ke Facebook Atau Twitter Melalui Hand Phone

Sehingga setelah kita kerjakan langkah-langkah tersebut, maka akan ditampilkan beberapa menu seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Cara Berbagi Tautan Dengan Melalui Opera Mini

Nah, langkah selanjutnya tinggal memilih salah satu menu yang ada pada gambar di atas sesuai dengan ke mana URL atau tautan akan dibagikan. Namun perlu diingat bahwa untuk berbagi tautan memakai Opera Mini, hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Opera Mini Versi 4.4 dan atau yang lebih tinggi.


Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
07/07/18 21.17 O

sangat membantu. kerjaandkarir.blogspot.com

26/08/18 04.08 O

@Cecev HandoyoSyukurlah kalau begitu, Bang. :D

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog