Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

36
Tgl. 07 Januari 2013

Apakah Blog Yang Kita Kelola Telah Memakai Dan Atau Menggunakan Template Yang Valid?

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya bila memiliki dan menggunakan template yang valid, bisa saja akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bag...

Tampilan Template Blog Terbaik Dan SEO Friendly Eltelu
Tidak dapat dipungkiri bahwasanya bila memiliki dan menggunakan template yang valid, bisa saja akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Sehingga bisa jadi pula Anda pernah bertanya (dalam hati) pada diri sendiri dengan pertanyaan serupa seperti yang dipakai sebagai judul artikel ini. Yang mana pertanyaan tersebut pun beberapa waktu lalu juga sempat menjadi sebuah pertanyaan besar bagi saya, sehingga akhirnya mendorong saya untuk menemukan jawabannya.

Apabila kita berbicara mengenai valid tidaknya sebuah template, maka untuk mengetahui validitasnya dapat dilakukan secara mudah yaitu dengan menggunakan bantuan web page validator. Dengan cara ini maka kita dapat mengetahui apakah template yang kita pakai telah valid atau belum dari segi HTML, CSS, XHTML, dan atau XML-nya. Dan apabila ternyata masih terdapat bagian yang belum valid, maka dapat dilakukan pembenahan pada bagian template yang dimaksud sehingga akhirnya baik dari segi HTML, CSS, XHTML, dan atau XML menjadi lebih valid.

Untuk menjadikan sebuah template agar valid dari segi HTML, CSS, XHTML, dan atau XML, sebenarnya bukanlah hal yang terlalu rumit. Namun kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apakah setelah template menjadi valid dari berbagai segi atau faktor tersebut lantas template benar-benar (sepenuhnya) valid? Jawabannya adalah ternyata template tidak dapat sepenuhnya menjadi valid.

Kesimpulan jawaban di atas bukanlah sebuah kesimpulan yang tak berdasar. Saya dapat mengambil kesimpulan yang demikian karena setelah melakukan serangkaian uji coba akhirnya saya mendapati bahwa ketika validitas sebuah template dari segi HTML, CSS, XHTML, dan atau XML-nya telah teruji dan terbukti, ternyata di sisi lain (dalam hal ini adalah di sisi template untuk Blogger) malah mengakibatkan kurang validnya sebuah template. Sebagai contoh paling mudah yang diakibatkan dari kurang validnya template misalnya adalah minimnya dan atau bahkan tidak adanya dukungan (tidak support) sepenuhnya dengan antarmuka Blogger yang baru.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan pula bahwa validitas sebuah template bukanlah harga mati atau suatu hal yang mutlak diperlukan. Karena pada kenyataannya pengunjung atau pembaca tidak akan menilai sebuah blog berdasarkan valid tidaknya template yang digunakan, namun lebih berdasar pada konten yang terdapat dalam setiap artikel blog yang dibaca atau dikunjunginya.

Oleh sebab itulah bila Anda melakukan pengecekan dengan menggunakan web page validator, maka Anda akan mendapati bahwa template yang dipakai pada blog ini belumlah termasuk dalam kategori valid HTML5 template. Hal ini disebabkan karena menurut saya konten lah yang utama sehingga konten lebih penting untuk diperhatikan. Akan tetapi walaupun demikian bukan berarti mengesampingkan validitas template, karena menurut saya semakin valid atau semakin kecil tingkat kesalahan (error) yang terdapat dalam template maka kinerja template pun akan menjadi lebih baik. Sehingga selain mengutamakan konten yang disajikan, maka sebisa mungkin juga memperbesar validitas template yang digunakan.

Akhirnya yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda lebih mengutamakan konten yang disajikan dalam artikel, lebih mementingkan validitas template, ataukah lebih mengutamakan konten dengan tidak mengesampingkan validitas template yang Anda gunakan?
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 36 komentar pada artikel ini ▶
09/01/13, 03.35 O

jadi begini sob, berbicara mengenai valid template tersebut, saya sering mendapat masukkan bahwa sebenarnya template standar blogger itulah yang banyak memiliki valid, namun saya sendiri tidak terlalu pusing dengan hal tersebut, karena setiap konten yang saya sajikan lebih penting menurut saya... walupun untuk mengurangi valid tidaknya suatu template pasti akan dilakukan namun membutuhkan pengalaman dan penguasaan dalam mengedit sebuah template....karena saya sendiri belum begitu banyak tahu tentang pengkodean...

banyak yang sudah membahas tentang membuat template blog valid HTML 5, tetapi dari semua yang pernah disajikan hanya asal-asalan saja, dalam arti bahwa mereka tidak mengerti lalu memaksakan diri untuk tahu...dan pada akhirnya yang dibahas dalam suatu artikel tidak ada yang betul, itu menurut saya pribadi.

Terima kasih sob atas semua ilmu yang telah dibagikan...

09/01/13, 03.38 O

tambahan saya salah menulis, maksudnya template standar blogger tidak valid HTML 5, itu yang dapat dari berbagai masukkan.

10/01/13, 09.14 O

@Kraeng FranciscoBetul sekali Sob. Apabila dicek dengan menggunakan web page validator, template standar Blogger sebenarnya juga tidak termasuk dalam kategori template yang valid HTML 5.

Disamping itu, menurut beberapa masukan yang saya dapat, template standar Blogger juga merupakan template yang memiliki muatan besar. Namun demikian, karena menurut saya template standar merupakan template terbaik maka saya lebih memilih untuk menggunakannya.

Dan saya sangat sependapat dengan Sobat bahwa konten lbih penting bila dibandingkan dengan valid tidaknya template, karena konten ibaratnya adalah raja.

Anonim
10/01/13, 17.01 O

Link sobat sudah ane pasang,..
pasang balik ya
>>http://munsypedia.blogspot.com/

10/01/13, 18.30 O

Artikelnya menarik, tentang volid HTML..,walau pun saya sendiri rada bingung perbaiki beberapa element template yg erorr..,
Tapi ngomong ngomong mau nanya nich..tentang cara membuat sub menu horizontal yg di bawah header theme standart blogger?, Kebetulan saya pakai template bawaan blogger.

Anonim
11/01/13, 15.52 O

Konten adalah raja, tapi memiliki template yang valid juga bisa mengurangi error. Sayangnya pengetahuan saya belum cukup untuk membuat template valid HTML 5

11/01/13, 16.14 O

@munsypediaOke Sobat.

11/01/13, 16.17 O

@Lamet. RUntuk membuat sub menu seperti yang Sobat maksud, Sobat dapat menemukan uraiannya dalam artikel ini :)

13/01/13, 12.05 O

Memang sangat sulit membuat blogger template menjadi valid,tetapi bukan berarti karena sulitnya kita membiarkan error tersebut semakin banyak,alangkah baiknya error template di perbaiki seminim mungkin,itupun kalau bisa....Akan tetapi mnurut saya template valid bukan prioritas utama,tetapi isi blog yang lebih utama...karena tujuan dari blog anda menyampaikan informasi..

16/01/13, 15.50 O

@Yudhik GjBetul sekali Sobat. Oleh sebab itulah sebisa mungkin validitas template juga perlu diperhatikan.

19/01/13, 17.06 O

manteb banget blognya mas,,responsive bgt gitu,,jadi kepengen..hehe
salam batursasak.com

20/01/13, 20.10 O

sumpah mantab bgt templae kamu

21/01/13, 05.35 O

Blog Anda sudah Saya follow, silahkan follow back mochammadhafidz.blogspot.com

21/01/13, 09.51 O

Saya kira valid HTML5 akan sangat berguna untuk browser yang banyak sekali ragamnya.akalu tak valid maka akan mempengaruhi tampilan di sebuah browser

Anonim
21/01/13, 15.03 O

masih bingung om karena masih awam. Sebenernya (secara singkat aja) template yang valid itu gimana ya sop?? secara wa masih baru dalam dunia HTML . Thx

21/01/13, 17.56 O

Om Share dong, gimana cara membuat template mobile menggunakan template apa saja....

please butuh banget nih...

21/01/13, 23.51 O

@Batur sasakTerimakasih Sobat.

Terimakasih pula untuk kunjungan balik dan berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini. :)

21/01/13, 23.52 O

@Amat SugiyantoWahhh, terimakasih banget Sob.

22/01/13, 11.30 O

@Mochammad HafidzOke Sobat. :)

22/01/13, 12.04 O

@maiko mukiSobat, oleh sebab itulah dalam uraian di atas juga saya sampaikan bahwa selain mengutamakan konten yang disajikan, maka sebisa mungkin juga memperbesar validitas template yang digunakan.

Dengan demikian maka dapat diartikan pula bahwa bukan berarti mengesampingkan validitas template yang digunakan, karena semakin valid atau semakin kecil tingkat kesalahan (error) yang terdapat dalam template maka kinerja template pun akan menjadi lebih baik. :)

22/01/13, 12.23 O

@fastandfunSecara awam, template yang valid dapat diartikan bahwa tata penulisan kode dan atau script dalam template yang dimaksud telah sesuai dengan syntax yang semestinya.

Dengan demikian dapat diartikan pula bahwa tidak ada kode atau script yang saling tumpang tindih antara kode atau script yang satu dengan yang lainnya.

CMIIW. :)

22/01/13, 12.28 O

@Agung SetiawanKalau untuk template apa saja, sepertinya agak sulit Sob. Karena biasanya masing-masing template menggunakan rangkaian kode CSS yang berbeda.

Terkecuali untuk template standar Blogger, karena menggunakan rangkaian CSS yang serupa (dan bahkan ada yang sama) maka cara untuk melakukan kustomisasi tampilan halaman versi seluler pun rata-rata hampir sama.

Jadi, jika ingin melakukan kustomisasi tampilan halaman versi seluler untuk kustom template, maka tentu saja harus menggunakan teknik tersendiri sesuai dengan kustom template yang dipakai. :)

23/01/13, 09.06 O

Asallam mualaikum wr wb,salam kenal dari saya situkang kutak katik elektronika, saya mau bertanya bagai mana cara nya untuk menyebunyikan (diberdayakan oleh blogger) di tampilan tempelat seluler/mobile.Salam Sukses selalu buat ELTELU http://www.multiteknik66.net

23/01/13, 10.20 O

@U. SuryadiWa'alaikum salam Sobat. Salam kenal balik dari saya.

Untuk keperluan seperti yang Sobat maksudkan, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan.

Cara pertama adalah edit template kemudian hapus bagian script untuk widget attribution. Namun demikian perlu diketahui bahwasanya dengan cara menghapus bagian tersebut, maka secara otomatis tulisan 'diberdayakan oleh blogger' untuk tampilan halaman versi web pun juga akan hilang. Dimana cara tersebut sama pula artinya dengan menambahkan CSS #Attribution1{display:none;} dalam template.

Cara kedua adalah edit template kemudian tambahkan CSS berikut ini:

.mobile #Attribution1{display:none;} (dengan catatan bahwa setelan template seluler yang digunakan adalah 'Tersesuai (Custom)')

sehingga akhirnya yang hilang hanya attribution widget untuk halaman versi seluler.

Jadi, jika Sobat hanya ingin menghilangkan widget attribution untuk halaman versi seluler, maka cara yang paling aman adalah dengan menggunakan cara yang kedua.

Semoga dapat membantu. :)

26/01/13, 00.34 O

rewinsatria.blogspot.com
thanks infonya.....
gw masih membenahi templateku yang masih saling tumpang tindih.......hehehe

26/01/13, 09.51 O

@Rewin SatriaSama-sama.

Anonim
31/01/13, 06.49 O

Mengenai valid atau tidak validnya sebuah template saya benar-benar bingung gan,karena terus terang saya bisa dikatakan masih newbi atau masih nol besar dalam hal ini,yang saya tilai dari sebuah template yang pertama enak dipandang,ringan,dan simple. hanya ntu saja gan...dengan adanya postingan ini saya baru menyadari ternyata masih banyak hal yang harus saya pelajari mengenai template ini. salam kenal z gan !!!

31/01/13, 08.55 O

@abidin76Terimakasih dan salam kenal balik Sobat.

Berbicara tentang belajar, sebenarnya saya pun juga masih dalam proses belajar dan terus belajar kok, Sob. Sebab ilmu serta pengetahuan yang saya miliki belumlah seberapa bila dibandingkan dengan para senior saya. :)

05/02/13, 14.24 O

bahasan yang menarik kang ... :) valid template menurut saya penting tapi tentu konten blog tetap nomor 1, dan menurut sy disisi lain pengunjung blog kita engga mempermasalahin masalah template nya valid apa engga yang penting blognya engga berat saat diakses itu yang utama karena engga semua jaringan inet orang baik. :)

05/02/13, 15.08 O

@ujud wundlackDemikianlah lebih kurangnya Sob. :)

02/03/13, 15.34 O

bener bener blog yg bikin aq iri,blog km telah banyak menginspirasiku gan.salam kenal ditunggu kunjungan baliknya.tolong kasih masukan agar blogku wongcungkup.blogspot.com menjadi lebih baik soalnya masih baru nih.thanks

04/03/13, 13.48 O

@curvasud sansiroOke Sobat. Terimakasih dan salam kenal balik untuk Sobat.

Akan tetapi saya rasa blog ini biasa-biasa saja kok, karena menurut sepengetahuan saya masih banyak blog yang lebih bagus dan lebih baik aripada blog ini. :)

Anonim
20/06/13, 18.04 O

Kalau untuk web saya, saya mengutamakan dua-duanya dan yang saya kesampingkan adalah SEO. :D Hwhahahahhahaha

20/06/13, 20.46 O

@Jefry DewanggaOwhh, gitu ya Sob. Tapi kalau berbicara masalah SEO memang bikin pusing, Sob. Sebab algoritma yang dipakai search engine sendiri selalu mengalami perubahan (pembaruan). Sehingga secara otomatis untuk masalah SEO pun juga harus selalu mengikuti.

24/06/13, 10.27 O

blog ane sudah valid gan..

kunbal >>>http://lensaglobe.blogspot.com

24/06/13, 10.32 O

@amir igoBaguslah kalau begitu, Sob. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog