Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 08 Juli 2013

Contoh Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP

Ilustrasi Dimensi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran

Ilustrasi Dimensi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran

Dimensi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran

Kompetensi Inti

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 

Kompetensi Dasar

Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.

 

Langkah penguatan proses pembelajaran

  1. Menggunakan pendekatan scientific melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar,....
  2. Menggunakan ilmu pengetahuan sebagai penggerak pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
  3. Menuntun siswa untuk mencari tahu, bukan diberi tahu [discovery learning].
  4. Menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi, pembawa pengetahuan dan berfikir logis, sistematis, dan kreatif.

 

Langkah penguatan proses penilaian

  1. Mengukur tingkat berfikir siswa mulai dari rendah sampai tinggi.
  2. Menekankan pada pertanyaan yang mebutuhkan pemikiran mendalam [bukan sekedar hafalan].
  3. Mengukur proses kerja siswa, bukan hanya hasil kerja siswa.
  4. Menggunakan portofolio pembelajaran siswa.
Katagori: