Pembelajaran tematik terpadu atau integrated thematic instruction pertama kali dikembangkan pada awal tahun 1970-an dan diyakini sebagai salah satu model pengajaran yang efektif (highly effective teaching model), karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik yang secara empirik berhasil memacu percepatan dan meningkatkan kapasitas memori peserta didik (enhance learning and increase long-term memory capabilities of learners) untuk waktu yang panjang. Pembelajaran tematik integratif / terintegrasi (integrated thematic instruction) awalnya dikembangkan untuk anak-anak berbakat dan bertalenta (gifted and talented), cerdas, pada program perluasan belajar, dan yang belajar cepat.
Kelebihan Pembelajaran Tematik Terpadu
- Premis utama pembelajaran tematik terpadu bahwa peserta didik memerlukan peluang tambahan (additional opportunities) untuk menggunakan talentanya;
- Menyediakan waktu bersama yang lain untuk secara cepat mengkonseptualisasi dan mensintesis;
- Relevan untuk mengakomodasi kualitatif lingkungan belajar;
- Menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar;
- Memiliki perbedaan kualitatif (qualitatively different) dengan model pembelajaran lain, karena sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher levels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills), sebuah proses inovatif bagi pengembangan dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu
- Suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan;
- Menggunakan kelompok kerja sama, kolaborasi, kelompok belajar, dan strategi pemecahan konflik yang mendorong peserta didik untuk memecahkan masalah;
- Mengoptimasi lingkungan belajar sebagai kunci kelas yang ramah otak (brain-friendly classroom);
- Peserta didik secara cepat dan tepat waktu mampu memproses informasi. Proses itu tidak hanya menyentuh dimensi kuantitas dan kualitas mengeksplorasi konsep-konsep baru dan membantu peserta didik mengembangkan pengetahuan secara siap;
- Proses pembelajaran di kelas mendorong peserta didik berada dalam format ramah otak;
- Materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diaplikasikan langsung oleh peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari;
- Peserta didik yang relatif mengalami keterlambatan untuk menuntaskan program belajar dapat dibantu oleh guru dengan cara memberikan bimbingan khusus dan menerapkan prinsip belajar tuntas;
- Program pembelajaran yang bersifat ramah otak memungkinkan guru untuk mewujudkan ketuntasan belajar dengan menerapkan variasi cara penilaian.
Tahap Pembelajaran Tematik Terpadu
- Menentukan tema. dimungkinkan disepakati bersama dengan peserta didik.
- Mengintegrasikan tema dengan kurikulum yang berlaku. dengan mengedepankan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Mendesain rencana pembelajaran. Tahapan ini mencakup pengorganisasian sumber dan aktivitas ekstrakurikuler dalam rangka mendemonstrasikan kegiatan dalam tema.
- Aktivitas kelompok dan diskusi. Yang memberi peluang berpartisipasi dan mencapai berbagi perspektif dari tema. Hal ini membangun guru dan peserta didik dalam mengeksplorasi subjek.
Model Pembelajaran Tematik Terpadu
Model pembelajaran yang digunakan adalah model jaring laba-laba (webbed model). Model ini berangkat dari pendekatan tematis sebagai acuan dasar bahan dan kegiatan pembelajaran. Tema yang dibuat dapat mengikat kegiatan pembelajaran, baik dalam mata pelajaran tertentu maupun antarmata pelajaran. (Robin Fogarty: 1991)