Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 19 Juli 2013

Kurikulum 2013 – Contoh Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Mata Pelajaran PPKn SMP

Mengamati ( Observing ) [ Melihat, Membaca, Mendengar, Meraba, Mencium, Mencicipi ] Penayangan gambar/video tentang sikap sopan santun da...

Ilustrasi Logo Tut Wuri Handayani

Mengamati (Observing)

[ Melihat, Membaca, Mendengar, Meraba, Mencium, Mencicipi ] Penayangan gambar/video tentang sikap sopan santun dalam bertutur kata terhadap orang tua, sikap jujur dalam melakukan jual beli, dan sikap pengguna jalan di perempatan jalan yang ada rambu lampu lalu lintas. Peserta didik diminta untuk mengamati tayangan gambar/video.

 

Menanya (Questioning)

[ Menanya, Memberi umpan balik, Mengungkapkan ] Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana peserta didik menunjukkan sikap: rasa hormat dan kata hatinya berdasarkan hasil pengamatan terhadap penayangan gambar/video. Melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan gambar/video yang berkaitan dengan: 1) mengapa perilaku dibuat seperti itu?, 2) apa inti dari setiap perilaku?, dan 3) bagaimana perilaku itu dilakukan?

 

Menalar (Associating)

[ Berpikir kritis, Menarik kesimpulan,Mendialogkan, Mengkomunikasikan ] Peserta didik berdiskusi tentang lembar informasi materi ajar 1 sampai dengan 3 sesuai dengan jumlah kelompok.

Kelompok 1 tentang pentingnya tata tertib di sekolah.

Kelompok 2 tentang pentingnya bertegur sapa di lingkungan tetangga.

Kelompok 3 tentang pentingnya kerjasama dan keterbukaan di lingkungan keluarga.

Peserta didik pada masing-masing kelompok menjawab soal-soal dalam lembar pertanyaan yang telah dibagikan pada kertas yang telah disediakan.

 

Mencoba (Experimenting)

[ Simulasi, Eksperimen ] Setiap kelompok melaksanakan simulasi secara bergiliran. Kelompok 1 mensimulasikan bagaimana membudayakan bertutur kata yang sopan. Kelompok 2 mensimulasikan bagaimana menunjukkan cara melapor kepada Ketua RT karena ada tamu yang menginap di rumahnya. Demikian pula dengan kelompok 3 juga mensimulasikan hal yang berkaitan dengan pentingnya kerjasama dan keterbukaan di lingkungan keluarga.

 

Menyajikan

[ Memperagakan, Penghayatan ] Setiap kelompok menyajikan hasil simulasi di depan kelas dengan suasana seolah-olah sebenarnya terjadi.

 

Menyimpulkan

[ Memaknai Perilaku ] Melakukan klarifikasi bersama peserta didik dan guru tentang materi, suasana, dan kelanjutan pembelajaran.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog