Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

25
Tgl. 23 Desember 2013

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Atau Membuat Dan Mendesain Template

Pernahkah Anda berpikir bahwa tidak semua pengguna memakai perangkat yang sama ketika mengakses situs yang Anda kelola? Dan pernahkah And...

Contoh Desain Template Eltelu Dengan Tampilan Responsive
Pernahkah Anda berpikir bahwa tidak semua pengguna memakai perangkat yang sama ketika mengakses situs yang Anda kelola? Dan pernahkah Anda berpikir pula bahwa tidak semua pengguna memakai browser yang sama saat membuka situs Anda? Apabila Anda memiliki pemikiran yang demikian, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membaca uraian dalam artikel ini secara urut dan runtut mulai dari awal sampai dengan akhir ulasan.

Sesuai dengan judul di atas, bahwasanya jika saat ini Anda sedang berada pada tahap pengembangan sebuah situs atau berada pada tahap pembuatan desain sebuah template, maka terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam hal pemilihan atau pembuatan template agar nantinya situs yang Anda kelola memiliki pilihan template yang benar-benar tepat dan sesuai.

Apabila kita berbicara tentang pembuatan template, maka dalam hal membuat template itu (menurut saya) sama halnya seperti membuat sebuah karya kerajinan. Jika dalam pembuatan produk kerajinan perlu dipahami terlebih dulu seperti apa membuat produk kerajinan yang berkualitas, maka seperti itu pula lah yang perlu dilakukan ketika ingin membuat sebuah template. Untuk menghasilkan sebuah produk kerajinan yang berkualitas, maka proses penciptaannya harus mengacu pada persyaratan yang disebut sebagai prinsip ergonomis. Dimana prinsip ergonomis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Kegunaan (utility)
    Benda kerajinan harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, sebagai contoh misalnya adalah mangkuk digukan untuk wadah sayur.

    Demikian pula dengan pemilihan template, tentu saja juga harus dapat digunakan secara optimal sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, sebagai contoh misalnya template model magazine digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk ulasan artikel atau berita. Hal ini disebaban karena tentu saja sangat tidak tepat dan tidak sesuai jika sebuah situs yang didominasi dengan terbitan dalam bentuk ulasan artikel atau berita malah menggunakan template toko online.

  2. Kenyamanan (comfortable)
    Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya. Sebagai contoh misalnya cangkir  yang didesain dengan ada pegangannya.

    Demikian pula dengan template, tentu saja juga harus menyenangkan dan memberi kenyamanan pada penggunanya, karena apabila pengguna kurang nyaman dengan template yang dimaksud maka bisa saja pengguna akan beralih pada template atau blog yang lainnya. Coba bayangkan ketika Anda membuka sebuah blog, akan tetapi ternyata blog tersebut memiliki proses loading yang cukup lama. Maka apa yang Anda lakukan? Segera menutup blog tersebut dan kemudian lebih memilih untuk membuka blog yang lainnya bukan? Oleh sebab itulah faktor kenyamanan juga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika melakukan pemilihan atau pembuatan template yang akan digunakan karena tidak semua pengguna memakai perangkat dengan spesifikasi yang sama atau bahkan dengan browser yang sama pula.

  3. Keluwesan (flexibility)
    Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya. Dalam hal ini misalnya adalah sepatu yang sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki.

    Dalam hal membuat template, satu hal yang kadang terabaikan adalah keluwesan dari template tersebut. Sebagai contoh misalnya adalah desain yang dihasilkan oleh sebuah template dapat ditayangkan dengan baik pada satu browser tertentu akan tetapi tidak dapat ditayangkan dengan baik pada browser yang lainnya. Oleh sebab itulah perlu diperhatikan apakah template yang dibuat itu dapat berfungsi dengan baik pada berbagai browser yang ada ataukah belum, karena tentu saja browser yang dipakai oleh pengguna belum tentu sama dengan browser yang dipakai untuk mendesain template tersebut.

  4. Keamanan (safety)
    Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya, misalnya piring keramik harus mempertimbangkan komposisi zat pewarna yang dipakai tidak berbahaya jika digunakan sebagai wadah makanan.

    Ketika Anda memutuskan untuk memakai sebuah template, maka pastikan bahwa template tersebut aman untuk digunakan. Sebagai contoh misalnya adalah template yang tidak memanipulasi fitur cuplikan kaya atau fitur lain yang berpotensi melanggar Pedoman Kualitas Webmaster.

  5. Keindahan (aestetic)
    Benda yang indah selalu sedap dipandang dan menarik perhatian. Keindahan sebuah benda dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya dari bentuk, hiasan atau ornamen, dan bahan bakunya.

    Begitu pula dengan template, apabila template yang dipilih atau dibuat memperhatikan segi keindahan, maka tentu saja akan lebih menarik perhatian pengguna karena sedap dipandang mata.

Nah, selanjutnya dengan mengacu pada beberapa faktor di atas semoga saja dapat digunakan sebagai referensi bagi Anda dalam melakukan pemilihan template yang tepat dan juga dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam pembuatan template untuk blog yang Anda kelola. Akan teapi karena keterbatasan pengetahuan serta wawasan saya selaku penyusun dan penulis dari artikel ini, maka bukan tidak mungkin jika masih ada banyak faktor lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan dan atau pembuatan template. Sehingga apabila Anda mengetahui faktor lain yang perlu diperhatikan terkait dengan hal tersebut, tidak ada salahnya bila Anda menuliskannya pada kolom komentar agar dapat diketahui dan digunakan sebagai referensi tambahan bagi para pembaca artikel ini.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 25 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
25/12/13 06.21 O

Benar mas, saya setuju dengan apa yang mas kemukakan. Terutama dari segi Keindahan dan kenyamanannya, menurut saya dua poin ini yang paling mendasar sekali dalam pembuatan sebuah template.

25/12/13 16.20 O

@geraiunikonline.comIya Sob betul sekali. Hal ini disebabkan karena memang faktor itulah yang langsung dirasakan oleh pengguna saat mengunjungi sebuah situs atau blog tertentu.

Namun demikian tentu saja kita juga tidak dapat mengabaikan faktor yang lainnya, karena pada dasarnya beberapa faktor di atas saling mendukung antara yang satu dengan yang lainnya.

Btw, terimakasih atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini. :)

26/12/13 12.50 O

Saya Pilih Nomor 5 Aja Mas Karena Keindahan Enak Dipandang Oleh Para Penunjung Dan Blog Kita Akan Banyak Visitor :D
Tapi Makasih Ya Mas Infonya :)

27/12/13 23.34 O

Ijin menyimak pak guru :D
Lagi belajar edit template

28/12/13 02.30 O

@Ramadhan AsharyIya Sob. Tapi saya rasa ada baiknya bila tidak mengabaikan faktor yang lain loh.

28/12/13 02.33 O

@binkbenkSilakan Sob. Akan tetapi saya sendiri juga masih dalam tahap belajar kok. :)

29/12/13 01.58 O

semua nya saling berkaitan ya pak. Saya sendiri masih terus melakukan renovasi agar semua point diatas bisa terwujud semestinya :)

29/12/13 06.44 O

@Agri Ahyar PrasetyaSaya rasa memang begitu Sob. Dan saya pun walau sudah hampir 1 (satu) tahun menggunakan Eltelu Responsive Template ini, tapi juga kerap kali masih melakukan pembenahan kecil sana-sini kok. :)

29/12/13 14.27 O

@AYAHE MELA Mas mau nanya ni, masih seputar desain template. Ini template ringan betul. Kira2 apa ya tips supaya template yg kita desain tu bsa seringan ini. Trmkasih sebelumnya mas :)

29/12/13 15.54 O

@Agri Ahyar PrasetyaApa nggak kebalik nih Sob? Sebab menurut hemat saya template ini masih terbilang cukup lambat loh penayangannya. Terutama penayangan (loading) untuk bagian halaman beranda versi desktop.

Namun demikian walau menurut saya template ini terbilang masih cukup berat, ada beberapa hal yang saya lakukan agar proses penayangannya menjadi lebih cepat, yaitu:

Pertama, optimalkan penggunaan gambar. Dalam hal ini maksudnya apabila menggunakan gambar-gambar tertentu dalam elemen halaman, maka usahakan agar gambar yang digunakan tersebut memiliki ukuran dan dimensi sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh misalnya kalau pada bilah navigasi atas itu terdapat gambar dengan dimensi tampilan 20 x 20 piksel, maka ya gunakan gambar asli dengan dimensi yang sesuai atau mendekati dengan itu. Jangan sampai di situ gambar ditampilkan dengan dimensi 20 x 20 piksel tapi malah menggunakan gambar asli dengan dimensi 256 x 256 piksel.

Kedua, masih terkait dengan gambar, apabila memungkinkan lakukan kompresi pada gambar-gambar yang digunakan tersebut. Kompresi yang dilakukan di sini salah satu tujuannya yaitu agar ukuran gambar menjadi lebih kecil namun tetap optimal untuk ditampilkan pada laman web.

Ketiga, gunakan atau pasanglah widget seperlunya. Dalam hal ini maksudnya pasanglah widget yang memang dirasa penting atau dibutuhkan oleh pengguna yang sedang mengunjungi blog. Sehingga apabila ada widget yang hanya bertindak sebagai hiasan semata dan dirasa tidak begitu bermanfaat bagi pengunjung, maka ada baiknya jika widget seperti itu ditiadakan saja.

Keempat, optimalkan penggunaan JavaScript. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah dengan menempatkan JavaScript yang memiliki proses atau loading cukup lama di urutan template paling bawah, sehingga tidak mengganggu proses penayangan untuk bagian yang lainnya.

Kelima, optimalkan penggunaan fungsi kondisional IF yang disediakan oleh Blogger dalam template. Dalam hal ini termasuk diantaranya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan CSS dan kode HTML template.

Jadi lebih kurang seperti itu Sob. Akan tetapi kalau mungkin ada yang terlewat, silakan dikoreksi. :)

30/12/13 03.01 O

@AYAHE MELALah, kalo menurut saya ini template termasuk ringan mas. Utk cara yg kelima saya masih kurang optimal dalam menjalankannya mas. Oke deh, beberpa tips diatas sebagian sudah pernah saya terapkan. Yg belum sempurna mngkin cara ke kelima tadi. Terimakasih mas Ayahe atas penjelasannya :)

Anonim
31/12/13 12.23 O

makasih buat infonya kang..
saya lg belajar buat template tapi akhirannya slalu hancur

31/12/13 12.36 O

@andilutfihidayatYang penting jangan sampai patah semangat apalagi sampai berputus asa, Sob.

Teruslah mencoba dan mencoba dengan tekun, karena nanti pada akhirnya juga kan bisa. :)

31/12/13 14.09 O

Betul sekali Sob apa yang km katakan.
Bagusnya klo template itu dibikin sendiri aja biar aman ,atau pke template bawaan dari Google aja biar gak melanggar kode etik Google.

Owh iya sob ,Ada award buat sobat ,cek aja dipost saya yang terbaru.

31/12/13 20.20 O

@Aully BukanOke, Award sudah saya cek Sob. Dan kemudian pada saatnya nanti saya juga akan menerbitkan artikel terkait dengan pemberian award tersebut. Dalam hal ini tentu saja setelah saya dapat menyelesaikan dan menerbitkan artikel yang saat ini sedang dalam proses penyusunan. Maklumlah, karena biasanya untuk menyusun dan kemudian menerbitkan sebuah artikel saja, tidak cukup waktu satu atau dua hari bagi saya dalam mengerjakannya. :)

Anonim
02/01/14 15.26 O

mendesain template yang sempurna itu lumayan sulit, maka dari itu saya masih belajar dari blog tutorial

02/01/14 18.25 O

@jonarendraBetul sekali Sob. Dan kemudian saya ada sedikit masukan untuk desain template yang Sobat gunakan nih. Karena sepertinya Sobat masih kurang mempertimbangkan penggunaan perangkat (komputer) dengan resolusi layar rendah. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah pengguna netbook.

Jadi begini, setelah saya cermati sepertinya width yang Sobat gunakan untuk #outer-wrapper adalah 1024px dan kemudian itu masih ditambah lagi dengan margin-left: 200px. Dengan demikian maka dapat diartikan bahwa lebar seluruh halaman menjadi 1224px.

Nah, coba bayangkan apa yang terjadi apabila lebar layar perangkat (komputer) yang dipakai oleh pengguna hanyalah 1024px. Dapat dipastikan bahwa tampilan laman bagian kanan akan terpotong sehingga akhirnya sidebar yang berisikan widget entri populer, artikel terbaru, arsip blog, dan lain sebagainya itu hanya akan tampak sebagian saja. Sehingga pengunjung dengan terpaksa harus menggeser scroll ke kanan untuk menampilkan bagian sidebar secara menyeluruh.

Sekian dan CMIIW. :)

03/01/14 19.23 O

Berbicara mengenai template, kebetulan saya menggunakan template Eltelu v1. Dan saya punya sedikit pertanyaan mengenai template tersebut, yaitu mengenai tampilan pada browser Internet Explorer. Kira2 seperti pada gambar berikut ini perbedaan yang saya maksudkan https://googledrive.com/host/0BxQAsRbMOF9UZlduR0dtSVJTNkE. Dan ini alamat blog yang saya kelola http://puterapanjalu.blogspot.com. Nah, kira2 apa yang harus saya lakukan untuk membuat tampilannya seperti pada browser Firefox & Chrome. Terima kasih.

03/01/14 23.20 O

@Bynewz Putera PasundanTampilan yang dihasilkan dari template tersebut pada Internet Explorer memang tidak dapat disamakan dengan tampilan yang dihasilkan pada Google Chrome ataupun Mozilla Firefox, Sob.

Hal tersebut disebabkan karena Internet Explorer yang ditarget adalah Internet Explorer Versi 7 dan atau yang memiliki versi lebih rendah. Sebenarnya bisa saja dilakukan perubahan pada browser yang ditargetkan (dalam hal ini khusus Internet Explorer misalnya ditargetkan untuk versi yang terbaru), akan tetapi hal tersebut nantinya malah akan mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian.

Dan karena kebetulan Sobat memasang widget Google Custom Search pada template tersebut yang notabene tidak ditampilkan pada Internet Explorer versi 7, maka tambahkan CSS berikut ini di atas <head> untuk menyembunyikan munculnya area hasil penelusuran yang ditampilkan pada Internet Explorer.


<!--[if IE]>
<style type='text/css'>
#___gcse_1{dislay:none;}
</style>
<![endif]-->


Semoga dapat membantu.

04/01/14 03.16 O

Aku sebenarnya tipe orang yang simple. Memilih template juga template yang simple. bang tolong dong diciptakan Template yang simple.

04/01/14 15.34 O

@AYAHE MELA
Ternyata iya, template saya belum responsive. Ribet sekali cara supaya blog jadi responsive

04/01/14 15.37 O

@AlmanarKan sudah banyak tuh Sob template gratis 'rasa' premium yang di share oleh Sobat Blogger yang lain. Coba deh Sobat lakukan penelusuran dengan memakai search engine untuk mencari template sesuai dengan yang Sobat inginkan. :)

04/01/14 15.49 O

@jona rendraKalau menurut saya sih ada baiknya jika vertikal menu yang ada di sebelah kiri itu dijadikan auto hide saja Sob. Sehingga tidak menggannggu tampilan utama halaman blog ketika dibuka dengan memakai perangkat (komputer) dengan layar yang tidak terlalu lebar.

04/01/14 16.05 O

@jona rendraOh ya, sekadar tambahan, bahwasanya untuk melakukan pengecekan apakah template dari blog yang kita kelola itu sudah responsive pada berbagai peragkat atau belum sebenarnya caranya mudah banget loh Sob. Karena banyak sekali tools gratis yang disediakan untuk keperluan tersebut.

Sebagai contoh misalnya apabila Sobat ingin mengetahui bagaimana tampilan blog ini apabila dibuka dengan memakai iPhone, Crappy Android, Android (Nexus 4), iPad, serta Kindle, maka Sobat dapat melihatnya dengan cara mengeklik tautan berikut ini:

Pertama, Klik di sini untuk melihat tampilan responsive Eltelu Versi Web

Kedua, Klik di sini untuk melihat tampilan responsive Eltelu Versi Mobile

:)

Anonim
05/01/14 17.14 O

oalah gitu oke sekarang saya harus tau bagaimana cara yang baik memilih template :D
Oh iya mas follback blog saya ya

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog