Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

20
Tgl. 15 Desember 2013

Benarkah Anggapan Bahwa Artikel Weblog Terindeks Oleh Mesin Telusur Dari Bagian Kiri?

Pernahkah Anda mendapati pernyataan yang menyebutkan bahwa artikel pada sebuah blog terindeks dari bagian sebelah kiri? Ataukah Anda sendiri...

Pernahkah Anda mendapati pernyataan yang menyebutkan bahwa artikel pada sebuah blog terindeks dari bagian sebelah kiri? Ataukah Anda sendiri malah memiliki pemikiran yang seperti ini? Jika pernah dan atau bahkan memiliki pemikiran yang seperti ini, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membaca secara cermat ulasan yang saya uraikan dalam artikel ini.

Jadi begini, sedikit cerita terkait dengan hal tersebut, suatu ketika saya pernah disarankan agar melakukan perubahan terhadap desain halaman yang saya pakai untuk blog ini. Dimana perubahan desain yang dimaksud di sini adalah agar memposisikan bidang artikel di sisi bagian kiri dengan alasan agar mudah terindeks oleh mesin telusur (search engine). Akan tetapi saya pikir bahwa alasan tersebut adalah sebuah alasan yang terasa sangat aneh dan tidak masuk akal, karena apabila dinalar secara logis maka tidak ada hubungan sama sekali antara posisi bidang artikel dengan proses pengindeks-an yang dilakukan oleh mesin telusur.

Saya berpikir demikian karena menurut saya proses perayapan search engine tidaklah dilakukan dengan cara mengikuti letak atau posisi dari masing-masing elemen pembentuk laman, akan tetapi dilakukan dengan cara mengikuti alur kode pembentuk laman seperti halnya proses kompilasi yang terjadi pada suatu aplikasi.

Kalau begitu apakah pernyataan yang menyebutkan bahwa artikel terindeks dari bagian kiri itu merupakan sebuah pernyataan yang salah?

Jawabannya tentu saja tidak salah. Hal ini disebabkan karena apabila posisi bidang artikel terletak pada bagian kiri, maka biasanya struktur kode yang membentuk bagian ini pun akan terletak pada urutan yang lebih awal bila dibandingkan dengan struktur kode pembentuk bagian lainnya. Sebagai contoh untuk bagian lain yang dimaksud di sini misalnya adalah struktur kode pembentuk sidebar atau footer laman blog. Dengan demikian maka jika ditilik dari proses perayapan yang dilakukan oleh search engine, apabila struktur kode terletak pada urutan awal secara otomatis proses perayapan pun akan terjadi lebih dulu bila dibandingkan dengan proses perayapan yang dilakukan untuk bagian lain yang terletak pada urutan berikutnya.

Sementara itu jika ditilik dari sisi pengguna, maka apabila bidang artikel dapat ditayangkan lebih dulu dibandingkan dengan bagian lain, secara otomatis dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pembaca. Hal ini tentu saja sangat beralasan karena ketika pembaca menggunakan sambungan internet yang cukup lambat, maka tidak perlu menunggu terlalu lama sampai akhirnya konten yang terdapat pada bagian tersebut dapat ditayangkan seluruhnya.

Akan tetapi jika yang dijadikan sebagai alasan untuk memposisikan bidang artikel pada bagian kiri adalah agar mudah terindeks oleh search engine, maka tentu saja saya tidak setuju dan berpendapat bahwa hal tersebut adalah sebuah anggapan yang keliru karena tata letak laman dari sebuah web atau blog dapat dengan mudah diposisikan pada bagian tertentu dengan memanfaatkan Cascading Style Sheets (CSS). Artinya walaupun struktur kode untuk bagian yang dimaksud terletak pada urutan yang terakhir, akan tetapi dengan memanfaatkan CSS tertentu maka bagian tersebut dapat saja ditempatkan pada posisi awal.

Guna mempermudah pemahaman, maka perhatikan terlebih dulu gambar di bawah ini secara cermat.

Ilustrasi Alur Penayangan Halaman Beranda Blog Eltelu

Perlu diketahui bahwasanya tanda panah dan keterangan angka yang terdapat pada gambar di atas merupakan alur serta urutan penayangan yang terjadi pada beranda blog ini. Dimana ketika Anda menggunakan sambungan internet yang tidak cukup cepat maka Anda akan melihat dengan jelas bahwa bagian yang memuat postingan acak (bertanda angka 9) akan ditayangkan lebih akhir bila dibandingkan dengan bagian yang lainnya.

Bukankah widget postingan acak terletak pada posisi atas dan semestinya dapat ditayangkan lebih dulu daripada widget yang lainnya?

Ya, apabila dilihat sepintas dari letak atau posisinya widget tersebut semestinya memang dapat ditayangkan lebih dulu. Namun perlu diperhatikan bahwa struktur kode yang digunakan untuk menampilkan postingan acak tersebut sebenarnya malah terletak pada urutan paling bawah, yang kemudian dengan memanfaatkan CSS tertentu diposisikan pada bagian atas. Sehingga walaupun posisinya terdapat pada bagian atas, akan tetapi karena struktur kode untuk bagian tersebut sebenarnya terletak pada urutan akhir maka proses pembacaan dan penayangannya pun dilakukan setelah pembacaan kode dan penayangan widget sebelumnya selesai . 

Jadi, berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pendapat yang menyatakan bahwa artikel akan lebih mudah terindeks oleh search engine apabila bidang posting terletak pada bagian kiri adalah tidak tepat. Hal ini disebabkan karena proses perayapan akan dilakukan sesuai dengan alur masing-masing laman seperti halnya yang terjadi pada proses kompilasi suatu aplikasi ataupun seperti yang terjadi pada proses penayangan suatu laman tertentu.

Kalau menurut pendapat Anda bagaimana?

Apabila Anda memiliki pendapat tersendiri dan atau ingin memberikan komentar terkait dengan topik tersebut, maka saya akan merasa senang jika Anda berkenan menuliskannya dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 20 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
15/12/13 13.56 O

hmmmmmmmmmm
tips yang menarik gan,,,
hehehhehe

15/12/13 14.04 O

@jintoplesHmmmmmmmm.... Ketahuan nih kalau jintoples belum membaca uraian pada artikel tersebut secara lengkap. Buktinya nulis komentarnya gak nyambung sama sekali dengan topik artikelnya. :D

15/12/13 14.43 O

Masuk akal juga gan .

Anonim
15/12/13 15.50 O

Menurut saya sama sekali ga ngaruh sob. Mau bidang posting dikiri atau di kanan sama aja.

16/12/13 07.46 O

@Abdur rahmanBetul sekali Sob. Karena saya rasa juga demikian.

17/12/13 17.33 O

betul sekali itu mastah

17/12/13 19.23 O

@AYAHE MELAsaya setuju dgn mas abdur rahman.. setahu saya, bukannya dngn bntunan html <article> sprti itu sudah bisa membantu google utk mengindex bagian mana yg harus dia baca? :D

17/12/13 23.52 O

@Agri Ahyar PrasetyaHmmm, kalau untuk tag <article> jujur saja saya malah belum pernah mencobanya Sob.

18/12/13 09.33 O

@AYAHE MELA hehe iya mas,, tag itu buat pengguna html5 mas :)

20/12/13 07.49 O

menurut saya itu benar sob, terimakasih infonya

20/12/13 07.58 O

@Bagus PrasetyaSama-sama Sobat. Terimakasih pula atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini. :)

Anonim
20/12/13 19.13 O

ternyata bukan halaman posting saja yang terindex, widget juga rupanya

21/12/13 22.04 O

saya awam gan kalau dengan pengkodean seo di kaitkan dengan postingan. mana yang terlebih dahulu di indeks search engine.
hanya saja yang pernah saya lihat dari video tutorial lyndadotcom, hal pertama yang di indeks google adalah sitemap, kemudian blogspost (home) default tanpa redirect url. dan berikutnya adalah letak posting sebelah kiri.

google selalu calm dan keep simple dalan setiap alurnya apapun itu dengan produk dan tekniknya google. dan pada video tutorial yang saya lihat tersebut, google lebih suka postingan di sebelah kiri karena secara kasat mata halaman web sama seperti secarik kertas yang berisi tulisan, dan orang akan dan sudah terbiasa melihat objek dan tulisan dari sebelah kiri dulu.

artikel yang menarik sob.

22/12/13 03.03 O

@jonarendraSepertinya memang begitu Sob. Karena ketika saya coba meniadakan deskripsi untuk blog ini, ternyata page list widget yang terletak pada bagian atas juga ikut terindeks. Akan tetapi walaupun demikian mungkin saja hal hal tersebut tidak berlaku untuk semua bagian dan masih perlu adanya pembuktian secara mendalam.

22/12/13 03.11 O

@walidin_wallIya Sob, oleh sebab itulah pada uraian di atas juga saya sebutkan bahwa pernyataan yang menyebutkan bahwa artikel terindeks dari bagian kiri itu bukanlah merupakan sebuah pernyataan yang salah. Alasannya tentu saja serupa dengan yang Sobat sampaikan bahwa apabila posisi artikel terletak pada bagian kiri, maka secara kasat mata struktur kode yang membentuk bagian ini pun akan terletak pada urutan yang lebih awal bila dibandingkan dengan struktur kode pembentuk bagian lainnya sehingga proses perayapan untuk bagian ini pun akan terjadi lebih dulu bila dibandingkan dengan proses perayapan untuk bagian yang lainnya.

Oh ya, tidak lupa saya sampaikan terimakasih atas berkenannya Sobat mengeposkan komentar dalam artikel ini dan memberikan pendapat terkait dengan ulasan yang saya tulis dalam artikel ini.

Anonim
23/12/13 09.48 O

@AYAHE MELAane setujuh ama teh mela, dia menjelaskan begitu signifikan

26/12/13 12.28 O

Saya juga gak percaya soal itu tapi blum ada bukti buat tdk mempercayainya ,makanya saya ubah Template saya sehingga postingan berada disebelah Kiri.
Tapi setelah mendengar Penjelasan Sobat ,ya memang betul klo semua juga terstruktur dengan Kode HTML.Tapi bisa diedit dengan Css agar bisa diatur sesuka hati kita.

28/12/13 02.00 O

@Aully BukanIya Sob, karena logikanya proses perayapan dilakukan secara urut dan runtut sesuai dengan struktur pembentuk laman dan bukan berdasarkan letak komponen masing-masing laman. Jadi intinya adalah seperti proses yang terjadi pada kompilasi suatu rangkaian kode aplikasi.

14/01/14 17.51 O

ternyata widget juga terindeks google yak :)

15/01/14 06.11 O

@Dwi Alfina Kalau terkait dengan hal tersebut, bisa jadi masih perlu pembuktian lebih lanjut Sob.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog