Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

10
Tgl. 02 Maret 2014

Modifikasi Script Untuk Mempercepat Loading Dan Memperbaiki Kinerja Widget - Bagian #1

Bagi Anda yang sudah melakukan optimasi blog dengan cara mengaktifkan fitur mobile pada template dan kemudian menampilkan widget yang terp...

Perbedaan Model Widget Entri Populer Pada Tampilan Desktop Dan Seluler

Bagi Anda yang sudah melakukan optimasi blog dengan cara mengaktifkan fitur mobile pada template dan kemudian menampilkan widget yang terpasang pada tampilan desktop agar widget tersebut juga ditayangkan di halaman versi seluler, maka belum lengkap rasanya bila Anda tidak sekalian melakukan optimasi pada widget yang ditayangkan pada tampilan versi seluler tersebut. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dimaksudkan agar kinerja laman menjadi lebih optimal sehingga akhirnya dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, serta kepuasan tersendiri bagi pengunjung dan pembaca.

Seperti yang kita tahu bahwasanya dengan mengaktifkan fitur mobile pada template akan memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam mengakses informasi yang terdapat pada sebuah blog. Disamping itu karena fitur tersebut memungkinkan kita untuk menampilkan widget tertentu pada versi seluler, maka laman blog yang kita kelola pun akhirnya terkesan menjadi lebih profesional.

Seiring dengan pesatnya perkembangan perangkat mobile, tidak mengherankan jika sekarang ini cukup banyak pengguna yang memanfaatkan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet pc yang mereka miliki untuk mendapatkan informasi tertentu dari internet. Karena selain lebih praktis, dengan cara ini akses internet untuk mendapatkan informasi juga dapat dilakukan di mana saja. Oleh sebab itulah dengan mempertimbangkan beberapa faktor tersebut, maka ada baiknya untuk memberikan perhatian khusus terhadap kinerja laman blog yang kita kelola. Dalam hal ini perhatian khusus yang dimaksud bukan hanya perhatian terhadap kinerja laman untuk tampilan desktop, akan tetapi juga perhatian terhadap kinerja laman untuk tampilan seluler.

Terdapat banyak cara yang dapat ditempuh untuk memberikan perhatian khusus terhadap kinerja laman versi seluler. Salah satu cara yang dapat dikerjakan misalnya adalah dengan melakukan modifikasi script widget yang terpasang, sehingga akhirnya widget yang ditampilkan pada laman versi seluler dapat dimuat serta ditayangkan secara lebih cepat dan optimal. Dalam hal ini sebagai contoh dari modifikasi script widget yang dapat dilakukan misalnya adalah modifikasi script widget entri populer yang biasanya dipakai untuk menampilkan daftar artikel yang paling sering dibuka dan dibaca oleh pengunjung.

Perhatikan gambar di atas dan kemudian lihatlah bagian yang ditandai dengan tanda panah dalam kotak berwarna merah yang merupakan tayangan dari widget artikel populer versi desktop dan versi seluler blog Eltelu. Atau apabila saat ini Anda sedang membuka blog ini dengan menggunakan komputer, smartphone, dan atau tablet pc maka silakan klik di sini untuk membuka laman versi seluler dan kemudian bandingkan tampilan widget artikel populer yang ditayangkan pada laman tersebut dengan widget entri populer yang ditampilkan pada versi desktop.

Seperti yang tampak pada gambar di atas atau seperti yang ditayangkan pada widget entri populer untuk tampilan desktop maupun seluler blog ini dapat dilihat bahwa widget tersebut memiliki 2 (dua) buah versi tampilan. Versi yang pertama yaitu untuk tayangan desktop ditampilkan judul beserta gambar dari masing-masing artikel populer. Sedangkan versi yang kedua yaitu untuk tayangan seluler hanya ditampilkan judulnya saja.

Apakah widget entri populer yang dipasang sejumlah 2 (dua) buah dan kemudian masing-masing widget tersebut diberi setelan yang berbeda? Tidak; Banyaknya widget entri populer yang terpasang pada blog ini sebenarnya hanya 1 (satu) buah. Lantas bagaimana bisa sebuah widget entri populer dapat memiliki 2 (dua) macam tayangan yang berbeda sekaligus seperti itu? Ini semua tentu saja tidak lepas dari cara membuat dan mengubah tampilan blog menjadi seperti halaman website profesional, sehingga antara widget yang ditampilkan pada laman versi web dengan widget yang ditampilkan pada laman versi mobile dapat diatur sedemikian ruma sehingga dapat ditayangkan dengan model yang berbeda.

Lantas bagaimanakah teknik yang digunakan untuk membuat dan atau mengimplementasikannya? Terkait dengan hal tersebut,  detail selengkapnya akan saya ulas dan uraikan secara lebih rinci pada artikel lanjutan tentang modifikasi script untuk mempercepat loading dan memperbaiki kinerja widget – bagian #1 ini. Sehingga apabila Anda tidak ingin ketinggalan dalam mengetahui ulasan pada artikel yang nantinya saya terbitkan, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengikuti blog ini dengan cara berlangganan via email, menyukai laman penggemar Eltelu, mem-follow akun Twitter admin, bergabung dengan blog ini melalui tombol “Join this site”, dan atau menambahkan akun Google+ admin ke dalam lingkaran Anda.

Katagori: , ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 10 komentar pada artikel ini ▶
03/03/14 00.33 O

mantab pak tutorialnya

03/03/14 00.59 O

@Ahmad Suyadi Uraian pada artikel ini sifatnya hanya sebagai pembuka Sob. Sedangkan uraian inti dari hal tersebut nantinya akan saya ulas pada artikel kelanjutannya. :)

03/03/14 11.37 O

Ditunggu tahap selanjutnya kang semar :)

Anonim
04/03/14 22.55 O

hebat kang semar :v (y)
Master Blogger bagi saya :D
bisa juga buat inspirasi nih :D

blog udah banyak Iklan ada video youtube pula masih tetep cepat loadingnya -_-

bagi dung templatenya ;v wkwk.. #ngayal

06/03/14 11.46 O

keren mas tutorial nya..
ijin praktek

09/03/14 21.49 O

@Nailul Huda Oke Sob. Pada saatnya nanti pasti akan saya untuk meneruskannya pada ulasan lanjutan dari uraian yang telah saya tuliskan dalam artikel ini. :)

09/03/14 21.52 O

@rizki share Terimakasih Sobat. :) Akan tetapi dengan sangat terpaksa saya tidak dapat membagikan template template ini kepada orang lain. Maaf. :(

09/03/14 21.54 O

@Cak Arip Boleh Sob. Silakan saja apabila Sobat bermaksud untuk mencoba mempraktikkan beberapa bagian dari ulasan yang saya uraikan dalam artikel ini. Semoga saja tidak mengalami kendala dalam pengimplementasiannya. Dan semoga saja dapat diambil guna manfaatnya. :)

Anonim
16/03/14 16.08 O

itu tampilannya ikut berubah ga sih sob? masih bingung

17/03/14 02.43 O

@INFO-JOGJA.COM Kalau Sobat masih bingung, maka ada baiknya Sobat baca kembali uraian yang terdapat pada paragraf 5 (lima) dan 6 (enam) artikel ini. Karena pada kedua paragraf tersebut sudah saya uraikan secara rinci apa yang terjadi apabila menerapkan teknik yang saya uraikan dalam artikel ini. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog