Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

16
Tgl. 18 April 2014

Cara Mudah Belajar Merancang Desain Dan Membuat Template Blog Sendiri - Step #1

Blogger mana sih yang tak ingin memiliki blog dengan template yang menggunakan rancangan dan desain sesuai dengan keinginannya sendiri? Te...

Screenshot Tampilan Laman Eltelu Blog

Blogger mana sih yang tak ingin memiliki blog dengan template yang menggunakan rancangan dan desain sesuai dengan keinginannya sendiri? Tentunya banyak diantara Anda yang menginginkan hal seperti itu bukan? Keinginan seperti itu sangat beralasan dan dapat dipahami karena begitu pula lah salah satu keinginan yang saya rasakan di awal mula terjun dan menekuni kegiatan blogging.

Namun demikian yang terkadang menjadi kendala bagi seorang blogger ketika ingin merancang dan kemudian membuat template dengan desain seperti layaknya tampilan web profesional adalah minimnya pemahaman tentang template itu sendiri. Hal inilah yang selanjutnya menjadi hambatan dalam mewujudkan keinginannya tersebut, karena dia akan berpikir bahwa untuk merancang dan membuat template itu ternyata sangatlah sulit.

Awalnya saya pun berpikir bahwa untuk merancang dan membuat template blog merupakan sebuah pekerjaan yang cukup rumit. Apalagi dengan minimnya penguasaan terhadap HTML, CSS, JavaScript, dan lain sejenisnya menjadikan pekerjaan tersebut terasa semakin sulit saja. Namun ternyata seiring waktu dengan belajar memahami beberapa hal yang berhubungan dengan template, merancang dan membuat template sendiri tidak lagi menjadi sebuah pekerjaan yang rumit ataupun sulit, akan tetapi malah menjadi sebuah pekerjaan yang terasa asik untuk dilakukan.

Dapatkah saya nanti mewujudkan keinginan untuk merancang dan membuat template sendiri sesuai dengan desain yang saya inginkan?” Yakinlah bahwa dengan adanya niat, semangat, dan kemauan untuk belajar, nantinya Anda dapat mewujudkan keinginan tersebut.

Bagaimana bila saat ini saya belum menguasai sama sekali beberapa hal yang berhubungan dengan template, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan atau sejenisnya?” Ketika ingin merancang dan kemudian membuat template, maka Anda tidak harus menguasai beberapa hal tersebut. Cukuplah dengan memahami penggunaan dan penerapannya, maka nantinya Anda sudah dapat mewujudkannya.

Terkait dengan hal tersebut harap dibedakan maksud antara penguasaan dan pemahaman, karena antara keduanya memiliki makna yang tidak sama. Sebagai contoh misalnya bila Anda menguasai bahasa Inggris, maka dapat dipastikan bahwa Anda juga memahami tentang bahasa Inggris. Akan tetapi bila Anda memahami bahasa Inggris, maka belum tentu Anda juga menguasainya. Dalam hal ini sebagai contoh dari memahami di sini misalnya adalah Anda dapat mengerti maksud dari kalimat yang diucapkan dalam bahasa Inggris, akan tetapi belum tentu dapat mengucapkan kalimat atau berbicara dalam bahasa Inggris.

Lantas bagaimana bila sekarang saya ingin mulai belajar untuk membuat template sendiri?” Apabila Anda ingin belajar membuat template sesuai dengan desain yang Anda inginkan, maka buatlah terlebih dulu sebuah blog uji coba dan kemudian apabila sudah jadi salinlah rangkaian kode di bawah ini untuk menggantikan seluruh rangkaian kode yang terdapat dalam blog uji coba tersebut.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <b:skin>
      <![CDATA[
      
      ]]>
    </b:skin>
  </head>
  <body>
    <b:section class='main' id='main' showaddelement='no'/>
  </body>
</html>

Perhatikan bahwa rangkaian kode di atas merupakan sebuah kerangka template dengan struktur dasar yang paling sederhana. Sehingga apabila rangkaian kode tersebut telah Anda gunakan untuk menggantikan seluruh rangkaian kode yang sebelumnya terdapat dalam blog uji coba, maka akan menghasilkan halaman blog dengan tampilan kosong seperti yang dapat Anda lihat pada blog demo ini.

Namun demikian setelah template yang berisikan rangkaian kode tersebut dilakukan pratinjau atau disimpan dan kemudian editor template ditutup, jangan kaget bila terdapat cukup banyak rangkaian kode tambahan didalamnya saat Anda buka kembali editor template. Hal tersebut disebabkan karena Blogger secara otomatis akan menambahkan beberapa rangkaian kode khusus yang nantinya akan berguna dan dibutuhkan oleh template.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Apabila Anda tertarik, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mulai belajar membuat template sendiri dengan memakai teknik di atas. Sementara itu ulasan lanjutan terkait dengan hal tersebut akan saya uraikan dan kita bahas pada bagian yang berikutnya, yaitu pada step #2.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 16 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Cara Mudah Belajar Merancang Desain Dan Membuat Template Blog Sendiri - Step #1 .
18/04/14 02.41 O

saya tunggu step ke 2 pada bab pertama ya om,,,,

18/04/14 07.44 O

HAHAHh .... Makasih sob sangat membantu ane.... tak tunggu steb by steb selanjutnya. sebenarnya code/code ya sob yang belum faham. soalnya masih newbie sob. belum menguasai isi code html blogger . lok yang website masih sedikit pula hafal isi code nya.....lebih rumid blogger dari pada yang lainnya.
code web mang sih gampang keliatanya . tapi masih bisa untuk di fahami.

18/04/14 08.05 O

yah tutornya cuma segitu doang >_< , saya tunggu part 2 om , cepet cepet ya lanjutannya :)

18/04/14 08.16 O

pemaparann yang mudah untuk dipahamai, ditunggu kelanjutanya mas :)

18/04/14 14.35 O

wah, udah di share step pertama, kayanya harus rajin2 nih dateng kesini, buat ninggu ilmu selanjutnya

18/04/14 15.08 O

@Z .u. L Oke Sob. Nanti sedapatnya akan segera saya susun artikel untuk ulasan yang berikutnya dan kemudian sedapatnya bila telah selesai juga akan segera saya publikasikan.

18/04/14 15.12 O

@Blitar4rt Sama-sama Sob.

Saya pun awalnya juga beranggapan seperti itu Sob. Pertama kali membuka editor template dan kemudian melihat isinya, maka yang terlintas dalam pikiran saya adalah sesuatu yang tampak sangat rumit. Namun demikian dengan didasari niat dan kemauan untuk belajar, pada akhirnya sesuatu yang sebelumnya terasa sangat rumit itu malah menjadi hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Dan yakinlah bahwa Sobat pun dapat melakukannya dengan mudah. :)

18/04/14 15.16 O

@Adhitia Rizki Namanya juga baru step #1 Sob. Jadi ya dimulai dari yang sedikit dulu dong. Karena menurut saya lebih baik diulas sedikit demi sedikit, akan tetapi mudah untuk dipahami. Daripada diulas banyak sekaligus tapi sulit dipahami, bisa-bisa jadinya malah percuma kan. :)

18/04/14 15.22 O

@Mawan Cradlez Oke Sob. Terimakasih. Sedapatnya akan segera saya susun dan terbitkan ulasan dalam artikel yang berikutnya.

18/04/14 15.24 O

@Ikhsan Iskandar Iya Sob. Dan sebenarnya ini juga sudah saya terbitkan tadi malam kok. Karena saat saya tanya-tanya di Group Facebook itu sebenarnya juga lagi nyusun artikel ini. :)

19/04/14 13.35 O

Cara Mudah Belajar Merancang Desain Dan Membuat Template Blog Sendiri - Step #1 postingannya bagus banget om, saya tunggu step selanjutnya..

20/04/14 17.35 O

wah...
saya menunggu step 2 gan.. :D
soalnya saya pengen bisa membuat tempe sndiri mskipun saya belum menguasai sama sekali beberapa hal yang berhubungan dengan template, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan atau sejenisnya.. :)

20/04/14 23.38 O

@Rio Us Oke, terimakasih Sob. Lanjutan dari artikel ini dapat Sobat lihat pada artikel yang mengulas tentang cara memasang dan menambahkan navbar baru. :)

20/04/14 23.41 O

@Shafa Al afghany Kalau begitu sabar ya Sob. Sebab saya sendiri kan juga masih dalam tahap belajar. Belum lagi saya masih harus menyusun artikelnya dengan ulasan yang mudah dipahami sehingga butuh beberapa waktu bagi saya untuk mengerjakannya.

Akan tetapi untuk ulasan yang kedua sudah saya terbitkan kok. Sobat dapat melihatnya dengan cara membuka artikel yang mengulas tentang cara memasang dan menambahkan navbar baru ke dalam rancangan template. :)

08/05/14 18.31 O

artikel yang sangat menarik gan, percepat penerbitan Step#2 nya...

09/05/14 15.29 O

@Buwik bali Terimakasih Sob. Terkait dengan tahapan yang lainnya silakan lihat dalam katagori Themes.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog