Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 25 Oktober 2016

Cara Melepaskan Gigitan Lintah / Pacet (Leech) dengan Aman

Tonton terlebih dulu video di bawah ini! Selanjutnya perhatikan secara cermat setiap tayangan yang Anda lihat. Sebelum ini, pernahkah Anda...

Tonton terlebih dulu video di bawah ini! Selanjutnya perhatikan secara cermat setiap tayangan yang Anda lihat.

Sebelum ini, pernahkah Anda melihat binatang seperti yang tampak pada tayangan video di atas? Ketahui bahwa hewan tersebut adalah lintah / pacet. Dalam bahasa Inggris binatang ini disebut dengan nama leech (leeches), sedangkan dalam bahasa ilmiah hewan ini tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea.

Perlu diketahui bahwa antara lintah dan pacet sebenarnya merupakan hewan yang serupa dan sejenis. Akan tetapi keduanya memiliki kebiasaan hidup di tempat yang berbeda. Jika lintah memiliki kebiasaan hidup di air, maka pacet secara umum memiliki kebiasaan hidup di daratan, yaitu dengan cara melekat pada batang pohon atau dedaunan.

Lintah dan pacet merupakan hewan karnivora dan bahkan beberapa diantaranya merupakan predator yang memperoleh makanannya dari berbagai macam jenis invertebrata seperti siput atau larva serangga.

Walau secara umum lintah seringkali dikenal dan dianggap sebagai hewan penghisap darah, akan tetapi perlu diketahui bahwa sebenarnya tidaklah semua spesies lintah seperti itu. Hal ini disebabkan karena hanya spesies lintah tertentu saja yang dapat menggigit dan kemudian menghisap darah mangsanya.

Gigitan seekor lintah penghisap darah biasanya akan terlepas dan jatuh dengan sendirinya apabila lintah tersebut sudah kenyang.  Namun demikian sayangnya hal tersebut bisa saja terjadi mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam.

Foto Lintah / Pacet ( Leech )

Tindakan medis sangat disarankan untuk melepaskan gigitan lintah secara aman. Akan tetapi bila terpaksa cara tersebut tidak bisa dilakukan, maka untuk melepaskan gigitan lintah dapat pula dilakukan dengan menggunakan api, garam, atau sabun.

Di beberapa daerah (termasuk di daerah tempat saya tinggal), tembakau juga dikenal sebagai sarana yang dapat digunakan untuk melepaskan gigitan lintah. Cara penggunaannya yaitu dengan mencelupkan atau membasahi tembakau tadi dengan air dan kemudian meneteskan air perasannya pada bagian yang sedang digigit oleh lintah. Dengan cara demikian, maka secara otomatis lintah pun akan melepaskan gigitannya walau sebenarnya belum kenyang sekalipun.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog