Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 28 Agustus 2014

Mengenal Ragam Karya Kerajinan Tangan Dari Olahan Bahan Limbah Organik

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman produk kerajinan yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri pada tiap-tiap daerah. Ke...

Contoh Karya Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman produk kerajinan yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri pada tiap-tiap daerah. Keberagaman produk dan ciri khas kerajinan yang dihasilkan pada pelbagai daerah umumnya tidak terlepas dari kekayaan alam setiap daerah dan tidak terlepas pula dari pengaruh budaya setempat.

Awalnya produk kerajinan di Indonesia hanya digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan atau juga digunakan untuk keperluan ritual tertentu. Akan tetapi seiring dengan perkembangan serta kemajuan jaman dan teknologi, produk kerajinan tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau keperluan ritual saja, namun produk kerajinan kini juga dapat berfungsi sebagai hiasan interior maupun eksterior.

Tidak hanya itu, berkat adanya perkembangan serta kemajuan teknologi dan adanya pelbagai penelitian yang dilakukan oleh masyarakat, kelompok, atau perguruan tinggi, akhirnya bahan yang dapat dipakai untuk membuat kerajinan pun semakin bervariasi, termasuk diantaranya yaitu bahan kerajinan yang berasal dari limbah.

Berbicara tentang limbah, pada prinsipnya limbah dapat didasarkan dalam 3 (tiga) bagian, yaitu sebagai berikut:

Pertama, berdasarkan wujudnya, terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu limbah gas, limbah cair, dan limbah padat. Dalam hal ini sebagai contoh untuk limbah gas misalnya adalah karbon dioksida yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap pembakaran sampah, dan lain sejenisnya. Sedangkan contoh limbah cair misalnya adalah air sabun bekas cucian, minyak goreng buangan, dan lain sejenisnya. Sementara itu untuk contoh limbah padat misalnya adalah plastik, botol, kertas, dan lain sebagainya.

Kedua, berdasarkan sumbernya, terbagi menjadi  4 (empat) jenis, yaitu limbah pertanian, limbah industri, limbah pertambangan, dan limbah domestik.

Ketiga, berdasarkan senyawanya, terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik merupakan limbah yang mengandung unsur karbon sehingga bisa dengan mudah diuraikan atau bisa membusuk secara mudah. Sebagai contoh dari jenis limbah organik misalnya adalah kulit buah-buahan dan sayuran serta kotoran hewan dan manusia. Sementara itu limbah anorganik merupakan limbah yang tidak mengandung unsur karbon sehingga sangat sulit atau bahkan tidak bisa diuraikan. Oleh sebab itu limbah anorganik dapat pula diartikan sebagai limbah yang tidak bisa membusuk. Sebagai contoh dari jenis limbah anorganik misalnya adalah plastik, botol beling bekas, pecahan kaca, dan lain sejenisnya.

Terkait dengan limbah organik yang dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan, jenis limbah ini dibedakan menjadi 2 (dua) macam, yaitu limbah organik basah dan limbah organik kering.

Limbah organik basah merupakan limbah organik yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah kulit buah-buahan dan sayuran serta daun-daunan. Secara spesifik, contoh dari limbah organik basah yaitu kulit jagung yang dapat dibuat menjadi pelbagai karya kerajian seperti bunga, boneka, pigura foto, tas anyaman, dan bentuk kerajinan yang lainnya. Contoh spesifik lainnya misalnya yaitu jerami yang dapat diolah menjadi pelbagai bentuk karya kerajinan seperti hiasan dinding, wadah pensil, dan sebagainya.

Limbah organik kering merupakan sampah organik yang memiliki kandungan air cukup rendah. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah kertas, kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, serbuk gergaji, dan sebagainya. Berbeda dengan limbah organik basah, hampir semua limbah organik kering dapat diolah kembali menjadi suatu karya kerajinan karena limbah organik kering memiliki sifat yang kuat dan tahan lama.

Pelbagai bentuk karya kerajinan yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan limbah organik kering cukup banyak ragamnya. Sebagai contoh misalnya yaitu pemanfaatan limbah kertas yang dapat menghasilkan pelbagai bentuk karya kerajinan seperti keranjang, vas bunga, sandal, wadah tisu, bunga, hiasan dinding, taplak, boneka, dan sebagainya.  Contoh lain misalnya yaitu pemanfaatan limbah sisik ikan dan cangkang kerang yang dapat menghasilkan pelbagai karya kerajinan unik, artistik, dan menarik seperti, anting-anting, cincin, kalung, bros, gelang, penghias pigura, kap lampu, kotak perhiasan, tirai, replika hewan, bunga, miniatur bangunan, gantungan kunci, dan sebagainya.

Dalam hal pengolahan, limbah organik basah dapat diolah dengan cara melakukan pengeringan terlebih dulu dengan menggunakan sinar matahari langsung sehingga kadar air dalam limbah organik habis. Sementara itu untuk limbah organik kering dalam pengolahannya tidak memerlukan banyak persiapan, karena sifatnya yang kering sehingga jenis limbah ini pada umumnya dapat langsung digunakan. Akan tetapi apabila bahan limbah organik kering ini terkena air, maka sebelum digunakan tentu saja juga harus dilakukan pengeringan terlebih dahulu dengan menggunakan sinar matahari langsung atau alat pengering lain sehingga kadar airnya kembali pada kondisi yang semestinya.

Pengolahan limbah organik juga memerlukan pengetahuan yang memadai. Hal ini dimaksudkan agar dalam pemanfaatannya tidak menghasilkan limbah baru yang justru dapat menambah permasalahan. Oleh sebab itu diharapkan agar limbah hasil daur ulang dapat dikelola secara efektif dan efisien supaya sampah yang dihasilkan dari proses pemanfaatannya dapat diminimalisir. Dengan begitu maka selain dapat menghasilkan karya kerajinan dari upaya daur ulang, maka pada akhirnya dapat pula digunakan untuk mengatasi masalah lingkungan dari limbah yang bisa mengganggu kehidupan.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog