Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

6
Tgl. 04 Mei 2014

Membuat Daftar Menu Untuk Mempermudah Pengunjung Atau Pembeli - Step #4

Saat berada di sebuah restoran, warung makan, dan atau bahkan saat masuk sebuah warteg, satu hal yang selalu saya jumpai adalah adanya daft...

Tampilan Daftar Menu Yang Terdapat Pada Blog Eltelu

Saat berada di sebuah restoran, warung makan, dan atau bahkan saat masuk sebuah warteg, satu hal yang selalu saya jumpai adalah adanya daftar menu, dan bisa jadi seperti itu pula lah yang Anda dapati ketika berada di beberapa tempat tersebut. Daftar menu makanan dan minuman yang tersedia serta dapat disajikan di sebuah restoran, warung makan, atau warteg seakan menjadi satu hal dan bagian yang wajib keberadaannya karena dengan tersedianya daftar menu tersebut maka dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pengunjung maupun bagi pemilik restoran, warung makan, atau warteg itu sendiri.

Keuntungan yang dimaksud di sini sebagai contoh misalnya yaitu dapat mempermudah pengunjung untuk mengetahui menu apa saja yang tersedia, sekaligus bisa mengetahui secara langsung harga untuk masing-masing makanan atau minuman yang disajikan dengan cara melihat daftar menu yang tersedia. Sementara itu di sisi lain sang pemilik restoran, warung makan, atau warteg pun mendapatkan keuntungan serta kemudahan dengan menyediakan daftar menu makanan serta minuman seperti itu karena dia tidak perlu lagi menyampaikan secara lisan kepada tiap pengunjung yang datang.

Demikian halnya apabila Anda berkunjung ke sebuah situs internet, entah itu situs jual beli online, situs berita, dan atau sejenisnya maka salah satu bagian yang hampir pasti Anda dapati pada situs tersebut adalah adanya daftar menu. Dimana daftar menu yang terdapat pada berbagai situs seperti itu secara prinsip memiliki fungsi dan kegunaan yang serupa dengan daftar menu makanan serta minuman yang tersedia pada sebuah restoran, warung makan atau warteg, yang salah satunya yaitu ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung. Kemudahan di sini misalnya adalah kemudahan untuk melakukan navigasi situs maupun kemudahan dalam melakukan penelusuran informasi yang terdapat pada situs tersebut.

Tak terkecuali pada sebuah blog, keberadaan daftar menu juga sangat penting karena nantinya dapat dimanfaatkan untuk menampilkan laman apa saja yang terdapat pada blog tersebut dan atau bahkan dapat pula dipakai untuk menampilkan daftar katagori artikel yang tersedia. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah daftar katagori artikel yang disusun dalam bentuk menu horizontal seperti yang tampak pada gambar di atas atau seperti yang dapat Anda lihat langsung pada daftar menu yang terdapat di blog ini.

Nah, berbicara tentang daftar menu, guna melanjutkan ulasan tahap 3 tentang perancangan dan pembuatan template dengan desain sesuai keinginan sendiri, maka pembahasan dalam artikel ini adalah tentang cara membuat daftar menu pada blog yang nantinya dapat mempermudah pengunjung dalam melakukan navigasi sekaligus dapat mempermudah pembaca dalam melakukan penelusuran terhadap informasi yang disajikan. Yang mana untuk mengerjakan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sesuai langkah-langkah di bawah ini secara urut dan runtut.

Pertama, buka kembali template uji coba Anda. Namun bagi Anda yang baru menemukan artikel ini dan belum paham dengan yang dimaksud template uji coba tersebut, maka silakan baca terlebih dulu beberapa ulasan sebelumnya terkait dengan tahap-tahap pembuatan template responsive tersesuai yang didukung dengan tampilan khusus versi mobile dengan cara menelusurinya pada katagori Themes.

Kedua, sisipkan rangkaian kode berikut ini tepat di bawah </header>.

    <b:section class='tab' id='tab' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>
      <b:widget id='PageList1' locked='true' title='Pages' type='PageList'>
      </b:widget>
    </b:section>

Sehingga rangkaian kode yang terdapat di bawah </header> lebih kurang akan menjadi seperti rangkaian kode di bawah ini.

    </header>
    <b:section class='tab' id='tab' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>
      <b:widget id='PageList1' locked='true' title='Pages' type='PageList'>
      </b:widget>
    </b:section>
    <b:section class='main' id='main' showaddelement='no'/>

Ketiga, lakukan pratinjau dan atau kemudian simpan template Anda, sehingga apabila dalam penerapannya tidak terdapat kekeliruan maka tampilan blog uji coba Anda akan menjadi seperti blog demo ini.

Selanjutnya apabila blog uji coba Anda sudah menjadi seperti blog demo tersebut maka dapat diartikan bahwa sampai pada tahap ini Anda telah sukses menambahkan daftar menu dalam template. Namun ingat, seperti yang terjadi pada beberapa tahapan sebelumnya bahwa setelah template disimpan dan kemudian kemudian editor template ditutup, maka bila editor template dibuka kembali Anda akan melihat adanya beberapa rangkaian kode baru pada rangakaian kode yang tadi telah Anda sisipkan karena rangkaian kode itu ditambahkan secara otomatis oleh Blogger ke dalam template.

Oh ya, setelah melihat tampilan hasil dari template tersebut, bisa saja Anda berpikir “Kok tampilan yang dihasilkan hanya seperti itu? Padahal yang saya inginkan nanti kan template dengan desain yang unik, menarik, dan sesuai dengan keinginan saya?” Apabila Anda berpikir demikian saya pikir sangatlah wajar karena sampai pada tahap ini template yang dibuat hanya menayangkan kumpulan teks tanpa desain laman apapun. Namun Anda tak perlu khawatir karena apabila langkah demi langkah dengan baik dan benar, maka pada akhirnya Anda pun akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang Anda harapkan. Sehingga apabila Anda benar-benar ingin bisa merancang dan membuat desain template sesuai dengan yang Anda inginkan, maka ada baiknya bila rutin mengikuti tutorial pembuatan template yang saya terbitkan di blog ini.

Selanjutnya apabila Anda mengalami kendala atau kesulitan dalam menerapkan tutorial di atas, maka silakan ajukan pertanyaan dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 6 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Membuat Daftar Menu Untuk Mempermudah Pengunjung Atau Pembeli - Step #4 .
Anonim
05/05/14 01.22 O

wah,,,biar aza Semarnya yang bingung asal pengunjung gak ikutan bingung,,,setahun gak aktif, sepertinya tampilan blognya berubah cuma tinggal navbar aza lagi warnanya yg gak berubah kalo gak salah,,, mantap gan tutorialnya,,,

05/05/14 14.33 O

jadi lebih mudah pengunjung dalam memilih menu dalam blog atau suatu website yah :D

06/05/14 01.26 O

@Jon rushdie He he heee, iya Sob. Selama ini saya memang kerap kali melakukan perombakan terhadap desain blog ini. Dan bahkan bisa jadi sudah tak terhitung lagi berapa kali saya melakukan pembenahan desain layout dan tampilannya. :)

06/05/14 01.33 O

@MAz Mawan Lebih kurang seperti itu Sob. Jadi dengan adanya navigasi yang jelas, maka akan sangat memudahkan pengunjung serta pembaca dalam melakukan penelusuran terhadap artikel yang ada pada blog tersebut.

06/05/14 11.27 O

nah itu yang diharapkan jadi pengunjung tidak bingung saat mendapatkan materi yang ingin dicarinya :D

06/05/14 12.17 O

@MAz Mawan Betul sekali Sob. Lagipula kalau bisa dipermudah, kenapa juga mesti dipersulit? :D

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog