Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

8
Tgl. 22 Juni 2014

Blogger Profesional Adalah Mereka Yang Memiliki Dan Memakai Domain Sendiri?

Sekali waktu pernah saya membuat sebuah pernyataan dalam akun jejaring sosial Facebook, yang menyatakan bahwa untuk menjadi seorang blogger...

Ilustrasi Orang Yang Sedang Berpikir Tentang Profesionalitas

Sekali waktu pernah saya membuat sebuah pernyataan dalam akun jejaring sosial Facebook, yang menyatakan bahwa untuk menjadi seorang blogger yang profesional tidaklah harus memiliki dan memakai domain sendiri. Tidak sedikit diantara teman Facebook dan sekaligus juga blogger sependapat dengan pernyataan tersebut. Namun tidak sedikit pula diantara mereka yang tidak setuju dan sangat tidak sependapat, karena menurut mereka untuk menjadi seorang blogger yang profesional haruslah memiliki dan memakai domain sendiri.

Beberapa waktu lalu bahkan ada seorang sahabat blogger yang menyatakan bahwa apabila masih menggunakan sub domain (misal: alamatbloganda.blogspot.com) dan belum memiliki serta belum memakai domain sendiri dapat dikata sebagai type blogger yang pelit.

Benarkah bila masih menggunakan sub domain (dari blogspot) dapat disebut sebagai blogger yang tidak profesional? Dan benarkah pula jika belum memiliki serta belum memakai domain sendiri termasuk sebagai blogger yang pelit? Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut tentu saja sangatlah relatif sesuai dengan siapa yang memberikan pendapat atau jawaban dan siapa blogger yang dimaksud atau dinilai. Hal ini tidak lain disebabkan karena antara blogger yang satu dengan yang lain tentu saja memiliki cara pandang serta penilaian yang tidak sama.

Menurut pendapat saya memakai domain sendiri untuk blog yang dikelola memang terkesan lebih profesional bila dibandingkan dengan menggunakan sub domain. Namun demikian walaupun memakai sub domain (dari blogspot misalnya) bukan berarti blog tersebut tidak profesional dan bukan berarti pula bahwa pengelolanya tidak dapat disebut sebagai blogger yang profesional. Kenapa saya berpendapat demikian? Karena pada kenyataannya tidak sedikit blog yang notabene hanya menggunakan sub domain namun dikelola secara dan oleh orang yang profesional.

Ambil contoh misalnya adalah http://www.adsense.blogspot.com yang merupakan blog resmi dari Google AdSense. Apakah blog tersebut tidak profesional? Dan apakah blog tersebut tidak dikelola oleh orang yang profesional pula? Sebagai blog resmi dari Google AdSense, blog tersebut tentu saja merupakan sebuah blog yang profesional dan dikelola oleh orang yang sangat profesional pula.

Lantas kalau http://www.adsense.blogspot.com merupakan blog yang profesional dan dikelola oleh orang yang juga sangat profesional dibidangnya, kenapa tidak memakai domain sendiri saja? Apakah hal tersebut disebabkan karena Google pelit? Sebagai salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang internet, sangat tidak mungkin bila Google tidak mampu untuk memiliki dan memakai domain sendiri. Google pasti memiliki alasan dan pertimbangan tersendiri sehingga menggunakan sub domain untuk salah satu blog yang dimilikinya. Oleh sebab itu tidak tepat kiranya bila dikata sebagai blogger yang pelit hanya karena menggunakan sub domain (dari blogspot) untuk blog yang dikelola.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa blogger yang profesional bukan hanya mereka yang memiliki dan memakai domain sendiri untuk blog yang dikelolanya, akan tetapi mereka yang masih menggunakan sub domain pun dapat menjadi dan dapat disebut sebagai blogger yang profesional pula. Dan kemudian blogger yang menggunakan sub domain (dari blogspot) bukan berarti blogger yang pelit, akan tetapi pemakaian sub domain tersebut bisa saja didasari atas pertimbangan dan alasan tertentu.

Jadi, pemakaian sub domain (dari blogspot) ataupun domain sendiri untuk blog yang dikelola, menurut saya hanyalah sebagai sarana. Dalam hal ini maksudnya adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi berupa ide, gagasan, opini, dan atau sejenisnya melalui internet dan juga sebagai sarana untuk bertukar ilmu, pendapat, serta pengalaman yang dapat memperluas pengetahuan serta wawasan bersama.

Oleh sebab itu janganlah berkecil hati bila memakai sub domain (dari blogspot) untuk blog yang Anda kelola, dan demikian pula sebaliknya janganlah berbangga hati bila memiliki dan memakai domain sendiri untuk blog yang Anda kelola.  Karena diluar itu semua terdapat hal yang lebih penting untuk diperhatikan, yaitu konten dan atau tulisan yang kita sajikan dalam setiap artikel atau postingan.

Bagaimana kalau menurut pendapat Anda? Besar harapan saya agar Anda berkenan untuk memberikan pendapat terkait dengan hal tersebut dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 8 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Blogger Profesional Adalah Mereka Yang Memiliki Dan Memakai Domain Sendiri? .
22/06/14 21.36 O

Hal yang juga perlu di garis bawahi faktor masih belum ada domain sendiri a. Ini emang dia gk ada duit banya atau

b. Emang males ganti jg karena jarang di urus blog nya atau

c. Emang males banget ganti karena emang belum niat beli domain. . .
Makasih :3 :v

22/06/14 21.58 O

menurut saya,sub domain dan domain TLD sudah ada bedanya,memang betul google masih memakai sub domain blogspot.com tapi dalam blogger,com kita juga disarankan beli domain TLD.

#Untuk Blogger Profisional,itu tidak melihat domain,karena orang lainlah yang melihat,isi yang disampaikan pada blog yang dikelola.

Ternayata Om Lihat Pada Postingan Dibawah Tapi Ga Komen :v
__zulthink.net/2014/06/contoh-type-blogger-pelit.html

22/06/14 22.01 O

@Aji Pgg Iya Sob. Oleh sebab itulah seperti dalam salah satu paragraf yang terdapat pada artikel di atas juga saya sampaikan bahwa pemakaian sub domain (dari blogspot misalnya) bisa saja didasari atas pertimbangan dan alasan tertentu. Dan pertimbangan atau alasan dari masing-masing blogger untuk tetap setia menggunakan sub domain seperti itu tentu saja sangatlah berbeda-beda.

22/06/14 22.13 O

@Z .u. L Oleh sebab itulah pada paragraf keempat artikel di atas saya sampaikan bahwa bila memakai domain sendiri untuk blog yang dikelola akan menjadi terkesan lebih profesional bila dibandingkan dengan menggunakan sub domain, Sob.

Namun begitu walaupun memakai sub domain (dari blogspot misalnya), bukan tidak mungkin bahwa blog yang dimaksud merupakan blog yang profesional dan bukan berarti pula bahwa pengelolanya bukanlah blogger yang profesional.

Jadi betul sekali apa yang Sobat sampaikan bahwa orang lain lah yang menentukan, karena pada prinsipnya mereka lah yang memberikan penilaian.

22/06/14 23.22 O

betul mas, profesional atau tidaknya sebuah blog bukan ditentukan dari pemakaian domain atau sub-domain. tapi lebih menjurus pada konten yang disajikan.

23/06/14 00.15 O

@Kang Ucup Lebih kurang memang seperti itu Sob.

Pemakaian domain sendiri bisa jadi memang merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan tingkat profesionalitas seorang blogger.

Namun demikian apabila pemakaian domain sendiri digunakan sebagai tolok ukur dalam menentukan tingkat profesionalitas blogger secara umum, saya pikir tidaklah tepat. Hal ini disebabkan karena pada kenyataannya tidak sedikit diantara blogger yang tidak memakai domain sendiri juga mengelola dan atau memiliki blog yang profesional seperti layaknya blogger yang memiliki domain sendiri.

06/07/14 20.43 O

Mungkin perlu diluruskan dulu maksud dari "Blogger Profesional" itu seperti apa??

Apakah mereka yang sudah tau apa tujuannya membuat blog?

Atau

Mereka yang sudah mampu menghasilkan uang dari blognya.

Kalau Blogger Pro yang dimaksud adalah yang pertama, mungkin tidak perlu TLD.

Tapi, kalau Blogger Pro yang dimaksud adalah yang kedua, mungkin ada baiknya harus membeli TLD agar menunjang bisnisnya. Kalau perlu sewa hosting.

07/07/14 23.09 O

@Ari Kurniawan Apabila ditilik secara spesifik bisa jadi memang seperti itu Sob. Oleh sebab itulah dalam salah satu paragraf yang terdapat pada ulasan di atas juga saya sampaikan bahwa apabila memakai domain sendiri untuk blog yang dikelola memang akan terkesan lebih profesional bila dibandingkan dengan pemakaian sub domain yang disediakan secara gratis oleh blogspot.

Namun begitu sangat dimungkinkan bagi yang memakai sub domain gratisan dari blogspot pun akhirnya dapat menjadi seorang blogger yang profesional. Sehingga pemakaian domain sendiri atau tidak, secara spesifik memang ditentukan pula oleh maksud dan tujuan utama dari seseorang dalam membangun sebuah blog.

Oleh sebab itu pula lah dalam salah satu paragraf yang terdapat pada ulasan di atas juga saya sampaikan bahwa pandangan atau pendapat seseorang tentang blogger yang profesional sangatlah relatif sesuai dengan siapa yang memberikan pendapat serta siapa pula blogger yang dimaksud atau yang dinilai.

Oh ya, tidak lupa saya sampaikan terimakasih banyak atas pendapat yang sobat berikan untuk artikel ini.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog