Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

22
Tgl. 12 Juni 2014

Template Responsif Sangat Sederhana Dan Ringan Dengan Fitur Mobile Ada Di Sini

Apakah Anda sedang mencari template responsive sederhana yang memiliki beban penayangan sangat ringan dan didukung dengan fitur khusus tamp...

Ilustrasi Template

Apakah Anda sedang mencari template responsive sederhana yang memiliki beban penayangan sangat ringan dan didukung dengan fitur khusus tampilan mobile untuk blog yang Anda kelola? Bila ya, maka tidak ada salahnya Anda coba untuk menggunakan template yang satu ini. Semar Bingung Blogger Template Versi 1; Ini merupakan hasil dari uji coba perancangan dan pembuatan template yang beberapa waktu lalu tutorialnya telah saya terbitkan di blog ini dan dapat Anda telusuri pada katagori themes.

Tutorial perancangan dan pembuatan template tersebut terdiri dari beberapa tahap. Dimulai dari tahap paling awal, yaitu membuat template dengan desain tampilan yang masih kosong dan tidak menampilkan konten apapun sampai dengan tahap akhir yaitu menyempurnakan desain dan tag meta standar template. Dimana masing-masing tahap yang dimaksud dapat Anda lihat dengan cara membuka beberapa tautan di bawah ini.

Tahap 1, belajar merancang desain dan membuat template blog sendiri.

Tahap 2, memasang dan menambahkan navbar baru ke dalam rancangan template.

Tahap 3, menampilkan nama dan deskripsi pada header sebagai identitas situs.

Tahap 4, membuat daftar menu untuk mempermudah pengunjung atau pembeli.

Tahap 5, membuat prosedur khusus dalam template agar dapat menayangkan konten.

Tahap 6, menyediakan sarana interaksi dengan pengunjung dalam bentuk form komentar.

Tahap 7, memasang sidebar, footer, menu navigasi, serta CSS pada template.

Tahap 8, menyempurnakan desain dan tag meta yang terpasang dalam template.

Apabila Anda mengerjakan 8 (delapan) tahap perancangan dan pembuatan template di atas secara urut dan runtut, maka Anda akan mendapatkan sebuah template dengan hasil seperti yang dapat dilihat pada blog demo ini. Naman demikian karena pada blog demo tersebut tidak menyertakan laman statis, maka silakan klik di sini untuk melihat hasilnya pada blog yang menyertakan laman statis.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa template tersebut dirancang menggunakan teknik dan desain yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan teknik perancangan dan pembuatan template pada umumnya. Apabila perancangan dan pembuatan template pada umumnya dimulai dari penggunaan teknik floating, maka Semar Bingung Blogger Template Versi 1 ini dirancang dan dibuat dengan memakai teknik linier sehingga akhirnya menghasilkan template yang sepenuhnya memiliki tampilan responsif untuk tampilan desktop maupun seluler tanpa memanfaatkan fitur media query dalam CSS yang dipakai. Disamping itu Semar Bingung Blogger Template Versi 1 juga mendukung tampilan khusus untuk perangkat mobile sehingga akhirnya template tersebut tetap kompatibel dengan perangkat dan atau browser yang memiliki versi berbeda sekalipun.

Perlu diketahui pula bahwa kedepannya template ini juga masih dapat dikembangkan lagi. Oleh karena itulah template ini saya sebut sebagai Semar Bingung Blogger Template Versi 1 karena nanti saya masih berencana untuk mengembangkannya menjadi seperti template pada umumnya yang dapat ditayangkan dengan sempurna pada layar monitor dengan resolusi tinggi. Sihingga bagi Anda yang ingin belajar merancang dan membat template sendiri maka tidak ada salahnya bila Anda coba beberapa tahap perancangan dan pembuatan template tersebut di atas. Dan tidak ada salahnya pula bila Anda coba untuk mengembangkannya sehingga menjadi sebuah template yang lebih sempurna.

Namun demikian bila Anda menginginkan template yang sudah dalam bentuk jadi dan dapat langsung dipakai, maka silakan klik di sini untuk mengunduhnya. Sementara itu bila kedepannya Anda ingin menambahkan fitur lain dalam template tersebut seperti misalnya memasang tombol like, memasang fitur artikel terkat pada tampilan seluler, mempercantik tampilan kolom komentar, dan lain sebagainya, maka silakan telusuri ulasan terkait dengan beberapa hal tersebut dalam daftar isi blog ini. Dan apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan ulasan tersebut, maka Anda dapat menanyakannya dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 22 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
12/06/14 11.05 O

pertamax..
lengkap mas ilmunya,ijin belajar disini

12/06/14 11.32 O

belum ada link downloadnya yah :D

12/06/14 12.19 O

langsung download nih mas, saya suka yang simpel-simpel :)

12/06/14 21.41 O

@Solihin Febrian Silakan Sob. Semoga saja mudah dipelajari dan dapat diambil guna serta manfaatnya.

12/06/14 21.47 O

@Aditia Novit Benarkah?

Sepertinya Sobat belum membaca artikel tersebut secara menyeluruh. Karena apabila Sobat telah membacanya secara menyeluruh, maka Sobat akan menemukan adanya sebuah tautan yang dapat dipakai untuk mengunduh template dalam salah satu paragrafnya. :)

12/06/14 21.48 O

@Kang Ucup Silakan Sob. Dan kalaupun nantinya template tersebut Sobat kembangkan menjadi template yang lebih sempurna juga boleh kok. :)

20/06/14 17.00 O

Thx mas :D
ane suka tempe yg simple2 kaya gini :D

21/06/14 07.40 O

@Shafa Al afghany Iya Sob, sama-sama. Tapi ingat bahwa ini baru versi yang kesatu. Sehingga kalaupun nanti ingin dikembangkan sendiri juga tidak apa-apa. :)

28/09/14 15.43 O

Ternyata ini toh blognya om Semar Bingung ... hehehe

Ini kunjungan Perdana saya Om ..
Kalo berkenan, kunjungi juga blog saya.. Ok om .. :D

#Blogwalking - [www.klikzFajri.Net]

29/09/14 08.32 O

@Fajri Aulia Zarni Betul sekali Sob. Ini merupakan salah satu blog dari beberapa blog yang saya kelola. Namun bisa jadi blog ini merupakan salah satu blog terjelek yang pernah ada. :)

Coba chek TKP dulu om :)

11/11/14 21.29 O

@Rafly rast Oke, silakan Sob.

27/12/14 21.02 O

Mas admin baik banget ksh info cara pembuatan template. Saya cari di mbah gugel gak ketemu2. Thanks

27/12/14 22.15 O

@Adi Selamet Sama-sama dan terimakasih balik Sob. Semoga saja uraian tentang step by step cara membuat template blog untuk platform blogger ini dapat diambil guna dan manfaatnya.

Anonim
28/12/14 11.17 O

Kok link di goo.gl nya tidak bisa ya? Apa koneksi saya saja yang lagi error nih..

Panduannya sangat detail gan, dan belum pernah ada yang membuat artikel seri seperti ini, maju terus gan..

Semoga semakin banyak artikel yang seperti ini, terus menulis gan..

31/12/14 11.01 O

@Mono Sob Mono, link yang Sobat maksud masih dapat berfungsi dengan baik kok. Sehingga apabila Sobat ingin mengunduh template yang sudah jadi dengan memakai tautan yang saya sertakan dalam artikel tersebut maka saya rasa tetap bisa dilakukan.

Anonim
16/02/15 09.28 O

Pak, pada template ini jika saya ingin mengurangi jumlah kata pada read more otomatis dan popular post bgaimna caranya ?

16/02/15 21.31 O

@Ihsan Gunawans Jumlah kata dalam ringkasan tidak dapat ditambah atau dikurangi, Sob. Sebab yang dipakai untuk memunculkan banyaknya kata dalam ringkasan tersebut merupakan kode default yang telah disediakan oleh Blogger.

25/09/15 18.27 O

wah keren pak :)
nunggu design yg minimalis + responsif :D hehe

26/09/15 00.38 O

@Aray Shanks Berdasarkan contoh tersebut, kalau mau Sobat dapat merancang dan membuatnya sendiri loh...

12/12/16 15.29 O

kalau cms kayak WP gitu gmana apakah sama metode pembelajaranya mas?

13/12/16 07.29 O

@Hobi kamiKalau untuk WP, jujur saja saya masih belum begitu paham Sob. Sebab selama ini saya lebih fokus mempelajari Blogger.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog