Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

7
Tgl. 16 Agustus 2014

Inilah Tips Cara Mudah Dalam Menyusun Dan Membuat Sebuah Artikel

Bagi mereka yang sudah terbiasa atau bagi mereka yang memiliki latar belakang keilmuan khusus bahasa dan sastra, menyusun dan membuat artik...

Ilustrasi Contoh Beberapa Artikel Yang Diterbitkan Pada Sebuah Blog

Bagi mereka yang sudah terbiasa atau bagi mereka yang memiliki latar belakang keilmuan khusus bahasa dan sastra, menyusun dan membuat artikel bisa jadi sudah merupakan ‘santapan’ sehari-hari sehingga tidak lagi menjadi hal yang sulit baginya dalam melakukan penyusunan dan pembuatan suatu artikel. Namun bagi kita yang belum terbiasa dan atau bahkan tidak memiliki latar belakang keilmuan khusus bahasa dan sastra, bisa jadi untuk mengerjakan hal tersebut rasanya amatlah sulit sehingga akan menganggap bahwa membuat artikel merupakan suatu pekerjaan yang berat.

Awalnya saya pun merasa bahwa membuat artikel merupakan suatu hal yang berat dan sangat sulit untuk dikerjakan. Bagaimana tidak, untuk menyusun satu paragraf saja saya bisa menghabiskan waktu yang cukup lama dan bahkan dalam waktu beberapa hari terkadang saya belum tentu bisa menuntaskan penyusunan sebuah artikel, sehingga agar dapat menerbitkan satu buah artikel saja terkadang membutuhkan waktu beberapa minggu dalam mengerjakannya.

Aneh memang, namun seperti itulah kenyataannya. Dan saya yakin diantara Anda yang sekarang membaca artikel ini pun juga ada yang sedang mengalami hal serupa dengan yang saya ungkapkan di atas.

Lantas bagaimana caranya agar saya bisa lebih mudah dalam menyusun dan membuat artikel sesuai dengan yang saya inginkan?” Berikut ini ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan agar lebih mudah dalam menyusun artikel, sehingga nantinya membuat artikel tidak lagi Anda anggap sebagai suatu hal yang berat dan tidak lagi Anda anggap sebagai suatu hal yang sulit untuk dikerjakan.

Pertama, buatlah artikel sesuai dengan bidang keahlian, pengetahuan, dan atau sesuai dengan pengalaman Anda. Hal ini sangat penting karena apabila membuat artikel yang sesuai dengan bidang keahlian, pengetahuan, dan atau sesuai dengan pengalaman, maka secara otomatis akan lebih mudah dalam menyusun setiap kalimat sesuai dengan materi yang ingin Anda sampaikan.

Sebagai contoh misalnya apabila Anda memiliki keahlian, pengetahuan, dan atau pengalaman dalam bidang otomotif, maka lebih tepat kiranya bila Anda juga membuat artikel yang ada hubungannya dengan bidang otomotif. Demikian pula bila Anda memiliki pengetahuan dalam bidang kesehatan misalnya, maka lebih tepat pula jika mengulas tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan dalam artikel yang Anda terbitkan.

Coba bandingkan saja dengan apabila Anda membuat artikel yang tidak sesuai dengan bidang keahlian, pengetahuan, dan atau tidak sesuai dengan pengalaman, bisa jadi Anda akan mengalami kesulitan dalam menyusunnya dan bahkan  tidak tertutup kemungkinan artikel tersebut nantinya dapat menyesatkan pembaca.

Sebagai contoh misalnya apabila Anda memiliki keahlian, pengetahuan, dan atau pengalaman dalam bidang pertanian, maka apa jadinya bila Anda membuat artikel yang ada hubungannya dengan bidang kedokteran. Demikian pula misalnya apabila Anda  memiliki keahlian, pengetahuan, dan atau pengalaman dalam bidang peternakan, maka apa jadinya bila Anda membuat artikel yang mengulas tentang masalah pertelevisian dan lain sebagainya.

Selain lebih mempermudah dalam menyusun materi yang ingin disampaikan, membuat artikel yang sesuai dengan bidang keahlian, pengetahuan, dan atau sesuai dengan pengalaman nantinya juga dapat mempermudah Anda dalam menandai setiap artikel dengan katagori yang tepat. Oleh sebab itu ada baiknya bila tidak memaksakan diri untuk membuat artikel dengan ulasan materi yang berada diluar jangkauan Anda.

Kedua, tentukan judul yang paling tepat untuk artikel Anda. Seperti halnya ketika seseorang akan membuat karya tulis, skripsi, makalah, dan atau sejenisnya, maka dalam hal membuat artikel pun judul merupakan komponen atau bagian yang mesti ditentukan lebih dulu karena nantinya judul itulah yang dipakai sebagai landasan dasar atau patokan dalam menyusun ulasan untuk artikel yang dimaksud.

Ketiga, kumpulkan berbagai referensi yang sesuai. Dalam hal ini maksudnya yaitu mengumpulkan berbagai referensi pendukung sesuai dengan materi yang ditulis sehingga nantinya artikel Anda lebih dapat dipertanggungjawabkan kevalidannya.

Referensi pendukung untuk artikel yang ditulis itu sendiri bisa diperoleh dari berbagai sumber, misalnya yaitu mengambil referensi yang berasal dari buku, majalah, koran, tabloid, dan lain sejenisnya atau bahkan dapat pula mengambil referensi yang berasal dari internet.

Keempat, catatlah setiap ide dan gagasan yang dapat menginspirasi Anda dalam menyusun artikel. Selanjutya apabila sudah ada waktu luang untuk membuat artikel, susunlah setiap catatan yang telah dibuat tersebut menjadi artikel dengan gaya penulisan dan gaya bahasa Anda. Hal ini penting karena dengan cara mencatat setiap ide atau gagasan yang didapat bisa mempermudah Anda dalam menemukan kembali materi yang akan disusun.

Kelima, lakukan review dan revisi. Ketika penyusunan dan pembuatan artikel telah selesai, maka Anda jangan terburu-buru menerbitkannya. Kenapa demikian? Karena sebelum artikel tersebut diterbitkan akan lebih baik bila dilakukan review secara menyeluruh terlebih dahulu terhadap materi yang disusun guna mengetahui apakah materi yang disampaikan benar-benar sudah sesuai dengan yang semestinya atau belum. Sehingga apabila terdapat materi yang belum sesuai dengan yang semestinya, maka lakukanlah revisi seperlunya.

Jadi sebelum Anda menerbitkan suatu artikel maka lakukanlah review dan revisi terlebih dulu pada artikel yang dimaksud dan pastikan pula bahwa artikel tersebut benar-benar telah sesuai dengan yang diharapkan serta telah sesuai dengan yang semestinya.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa beberapa kiat di atas sebenarnya merupakan rangkuman dari pengalaman pribadi (saya), sehingga besar harapan saya agar uraian dalam artikel ini dapat diambil guna dan manfaatnya. Namun demikian karena terbatasnya pengetahuan dan pengalaman saya, maka bukan tidak mungkin masih ada banyak kiat lain yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kita dalam menyusun dan membuat artikel. Oleh sebab itu apabila Anda memiliki dan atau mengetahui kiat lain yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dalam penyusunan dan pembuatan artikel, maka tidak ada salahnya bila Anda mengeposkannya dalam bentuk komentar untuk artikel ini, karena bukan tidak mungkin apa yang Anda tuliskan dalam komentar itu nantinya dapat berguna dan juga dapat diambil manfaatnya oleh orang lain.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 7 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Inilah Tips Cara Mudah Dalam Menyusun Dan Membuat Sebuah Artikel .
16/08/14 10.56 O

sungguh sangat membantu dalam pemahan yang saya miliki :) sedikit lebih tahu bagaimana caranya walaupun masih dalam tingkat dasar..

16/08/14 11.26 O

@MAz Mawan Sekadar berbagi pengalaman Sob. Siapa tahu dari pengalaman yang saya uraikan dalam artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Sehingga dalam hal seperti ini pun saya belumlah dapat dikatakan sudah mahir atau sejenisnya, akan tetapi saya pun juga masih dalam tahap belajar dengan harapan agar kedepannya bisa lebih baik lagi dari yang sekarang. :)

16/08/14 13.07 O

Artikel yang sangat bermanfaat, trima kasih kang.. btw gk pegel iu tangan nulis pnjang gt??

16/08/14 17.26 O

@Kang Kudhen He heee, sama-sama dan terimakasih balik Kang.

Kalau dipikir-pikir capek juga sih Kang. Akan tetapi karena artikel selalu saya kerjakan secara bertahap berdasarkan catatan-catatan yang telah saya buat sebelumnya, akhirnya walaupun cukup panjang rasanya juga cukup ringak kok. :)

16/08/14 17.28 O

@Kang Kudhen Cukup ringak >> Cukup ringan, maksudnya Kang. :D

30/08/14 15.11 O

menulis artikel yang berkualitas memang tidak mudah

30/08/14 20.36 O

@Yuyut Wahyudi Betul sekali Sob. Oleh sebab itulah dalam hal menulis artikel pun diperlukan adanya latihan dan juga referensi yang memadai sehingga dapat menghasilkan suatu artikel yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog