Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 13 September 2014

Contoh Benda Kerajinan Yang Terbuat Dari Bahan Limbah Anorganik

Limbah anorganik merupakan limbah yang tidak mengandung unsur karbon sehingga sangat sulit atau bahkan tidak bisa diuraikan. Oleh sebab itu ...

Limbah anorganik merupakan limbah yang tidak mengandung unsur karbon sehingga sangat sulit atau bahkan tidak bisa diuraikan. Oleh sebab itu limbah anorganik dapat pula diartikan sebagai limbah yang tidak bisa membusuk. Sebagai contoh dari jenis limbah anorganik misalnya adalah plastik, botol beling bekas, pecahan kaca, dan lain sejenisnya. [lihat artikel tentang mengenal ragam karya kerajinan tangan dari olahan bahan limbah organik]

Sama halnya seperti pemanfaatan dari limbah organik, berbagai bentuk benda karya kerajinan unik, artistik, dan menarik pun dapat dibuat dan dihasilkan dari pemanfaatan limbah anorganik. Dalam hal ini sebagai contoh produk kerajinan yang dapat dibuat dan dihasilkan dari pemanfaatan limbah anorganik misalnya yaitu bunga hias seperti yang tampak dan dapat Anda lihat pada slideshow foto di bawah ini.

Karya kerajinan dari bahan limbah anorganik seperti yang tampak pada gambar di atas merupakan bunga hias yang terbuat dari plastik bekas dan umumnya digunakan sebagai pembungkus buah apel yang dijual oleh para pedagang buah-buahan. Dengan demikian maka dapat diartikan bahwa untuk membuat kerajinan dari bahan daur ulang  dalam bentuk bunga hias seperti itu, selain dengan cara memanfaatkan dan memakai bahan limbah organik [lihat artikel tentang contoh cara membuat karya kerajinan dari bahan limbah organik kulit jagung] ternyata bahan yang berasal dari limbah anorganik pun dapat dimanfaatkan secara optimal.

Membuat bunga hias dari bahan limbah anorganik seperti contoh di atas tidaklah sulit. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pebuatannya merupakan barang bekas yang terbilang cukup mudah untuk didapatkan. Dalam hal ini bahan yang dimaksud antara lain yaitu plastik bekas bungkus buah apel untuk digunakan sebagai model bunga dan pembungkus vas, kawat atau batang lidi untuk digunakan sebagai tangkai bunga, sedotan bekas untuk dijadikan sebagai pembungkus tangkai sekaligus model daun, dan gabus bekas untuk dijadikan sebagai vas bunganya.

Cara pengerjaannya pun terbilang sangat mudah. Sehingga langkah-langkah pengerjaan dan pembuatan bunga hias dari bahan limbah anorganik seperti contoh di atas tidak perlu penulis uraikan satu per satu dalam artikel ini, karena dengan hanya melihat model bunga hias yang tampak pada contoh di atas maka besar kemungkinan Anda pun dapat mengerjakannya. 

Anda tertarik untuk membuat benda kerajinan dari bahan daur ulang limbah anorganik seperti contoh tersebut? Jika ya, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya karena selain dapat menghasilkan suatu karya kerajinan sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda pun secara tidak langsung turut andil dan ikut serta dalam menjaga kelestarian alam serta lingkungan yaitu dengan cara mengurangi polutan yang dapat mengakibatkan pencemaran.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog