Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 06 September 2014

Contoh Cara Membuat Karya Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang saat ini cukup banyak ditanam dan dibudidayakan di wilayah pedesaan, terutama di daerah per...

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang saat ini cukup banyak ditanam dan dibudidayakan di wilayah pedesaan, terutama di daerah pertanian yang dodominasi dengan area persawahan. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika Indonesia bisa menjadi salah satu negara produsen jagung terbesar di dunia selain Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Brasil, Meksiko, Argentina, India, dan Ukraina.

Jagung sendiri merupakan tanaman semusim dengan siklus hidup antara 80 sampai dengan 150 hari. Sementara itu untuk pemanfaatan produk jagung yang berupa biji umumnya digunakan sebagai bahan baku pangan dan juga bahan baku pakan. Bahkan saat ini produk yang dihasilkan oleh jagung pun bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

Sebagai bahan baku pangan, produk jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan karena jagung memiliki cukup banyak kandungan gizi didalamnya. Sebagai contoh misalnya jagung dapat dipakai sebagai sumber protein, serat, mineral, dan berbagai macam jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Namun pemanfaatan jagung tidak hanya sebatas itu. Selain pemanfaatan jagung berupa biji yang dapat digunakan sebagai bahan baku pangan maupun pakan, limbah yang dihasilkan oleh jagung pun masih dapat diolah dan dimanfaatkan kembali untuk keperluan lain. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu pemanfaatan limbah kulit jagung yang dapat diolah dan digunakan sebagai bahan baku untuk membuat suatu produk kerajinan, misalnya yaitu produk kerajinan berupa bunga dari limbah organik kulit jagung seperti yang tampak pada gambar di bawah ini atau kerajinan dalam bentuk lain.

Contoh Kerajinan Tangan Yang Dibuat Dari Limbah Organik Kulit Jagung

Mengolah limbah organik kulit jagung tidaklah sulit, karena pengolahannya dapat dilakukan dengan proses yang sangat sederhana dan relatif mudah yaitu dengan menjemurnya pada panas matahari hingga kering. Setelah kering kulit jagung dapat diwarnai dan setelah itu dikeringkan kembali. Selanjutnya agar lembaran kulit jagung yang telah diwarnai bisa lebih halus dan rata, maka kulit jagung tersebut diseterika sehingga lebih mudah dibentuk. Namun demikian untuk menjadikan kulit jagung menjadi karya kerajinan yang bagus dan menarik memang tidaklah mudah, sehingga diperlukan ketekunan dalam mengerjakannya.

Sebagai contoh misalnya apabila ingin membentuk kulit jagung menjadi model bunga seperti yang tampak pada gambar di atas, maka cara berikutnya yang perlu dikerjakan adalah seperti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, siapkan beberapa batang lidi untuk digunakan sebagai tangkai bunga.

Kedua, guntinglah beberapa lembar kulit jagung yang telah diwarnai dan dihaluskan menjadi bentuk daun dan kelopak bunga sesuai dengan yang diinginkan.

Ketiga, rekatkan lembaran-lembaran kulit jagung yang telah dibentuk tadi pada batang lidi dengan memakai lem.

Keempat, selanjutnya agar batang lidi yang digunakan sebagai tangkai bunga terlihat lebih menarik, maka balutlah dengan memakai lembaran kulit jagung yang lainnya dan kemudian rekatkan pula beberapa lembar kulit jagung yang berbentuk daun.

Kerjakan langkah-langkah di atas secara berulang untuk membuat model bunga yang berikutnya. Selanjutnya apabila jumlahnya telah mencukupi, maka bunga yang dibuat dengan memakai bahan dasar limbah organik kulit jagung tersebut siap untuk digunakan sebagai hiasan interior maupun eksterior rumah yang dapat diletakkan di atas meja atau diletakkan pada tempat lain yang sesuai.

Namun demikian perlu diingat bahwa pembuatan bunga seperti contoh di atas hanya merupakan salah satu contoh sederhana dari pengolahan kulit jagung menjadi suatu karya kerajinan. Hal ini disebabkan karena selain dapat diolah dan dibuat menjadi bentuk bunga seperti itu, kulit jagung dapat pula dibuat menjadi kerajinan dalam bentuk lain misalnya boneka, gantungan kunci, dan sebagainya. Sehingga apabila menginginkan model yang berbeda dengan memakai bahan dasar yang sama, maka tidak ada salahnya bila lebih berkreasi untuk menghasilkan karya baru.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog