Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

3
Tgl. 26 Oktober 2014

Cara Promosi Yang Efektif Dan Efisien Untuk Orientasi Waktu Jangka Panjang

Promosi ; Saat membaca istilah ini, maka Anda mungkin akan berpikir bahwa hal tersebut memiliki keterkaitan dengan dunia marketing, karena...

Ilustrasi SpeakerPromosi; Saat membaca istilah ini, maka Anda mungkin akan berpikir bahwa hal tersebut memiliki keterkaitan dengan dunia marketing, karena umumnya promosi memang sangat identik dengan kegiatan pemasaran. Promosi sendiri merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk memberitahukan atau menawarkan suatu produk dalam bentuk barang atau jasa yang ditujukan kepada calon konsumen agar tertarik untuk membeli, mengkonsumsi, atau memakai produk yang ditawarkan.

Dalam konteks pemasaran suatu produk berupa barang atau jasa, kegiatan promosi memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1) menyebarkan informasi tentang produk tertentu kapada target pasar yang potensial, 2) mendapatpatkan kenaikan laba dari penjualan yang dilakukan, 3) menjaring serta mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan lama, 4) menjaga kestabilan penjualan produk, 5) mengunggulkan produk yang ditawarkan, 6) membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan oleh produsen, serta 7) untuk mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang produk yang dimaksud.

Ada bermacam cara yang digunakan oleh para produsen dalam melakukan promosi. Beberapa cara yang digunakan tersebut diantaranya yaitu: 1) melalui iklan, dalam hal ini iklan yang dimaksud bisa berupa iklan yang ditayangkan di televisi, media cetak, media sosial dan atau media publik yang lainnya, 2) promosi melalui sms atau email, 3) promosi dengan cara menjadi sponsor untuk kegiatan tertentu yang bersifat publik, dan masih banyak lagi cara lain yang digunakan untuk mengenalkan serta menawarkan produk yang dimaksud kepada calon konsumen.

Demikian pula halnya dengan blogging, apabila seorang narablog diibaratkan sebagai produsen dengan produknya berupa artikel yang diterbitkan dalam bentuk blog post, maka juga ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyebarkan informasi tentang produk tersebut kepada target guna menjaring dan mendapatkan pelanggan baru yang kemudian secara tidak langsung akan berimbas pada meningkatnya traffic, pendapatan iklan, serta popularitasnya.

Menurut sepengetahuan saya, beberapa cara yang biasanya digunakan oleh seorang narablog dalam mempromosikan produknya antara lain yaitu: 1) membagikan artikel pada orang lain yang terdapat dalam lingkaran pertemanan jejaring sosial, 2) membagikan artikel ke grup-grup tertentu yang sesuai dengan topik ulasan, 3) melakukan blog walking atau saling kunjung antar sesama blogger, 4) memasang iklan, 5) mengadakan suatu kegiatan dalam bentuk lomba atau kontes, dan lain sebagainya.

Terlepas dari berbagai macam cara seperti di atas, menurut sepengetahuan saya ada lagi satu cara promosi yang sampai saat ini belum begitu dilirik dan belum dimanfaatkan secara optimal oleh para blogger. Padahal cara ini menurut hemat saya sebenarnya malah terbilang cukup efektif dan efisien untuk waktu jangka panjang.

Lantas bagaimana cara yang dimaksud? Untuk mengetahui jawabannya, silakan tonton terlebih dulu video di bawah ini mulai dari awal sampai dengan selesai.
Apa kesimpulan Anda setelah menonton video di atas? Sepintas memang tidak ada yang istimewa dengan video tersebut. Hal ini disebabkan karena video tersebut memang tidak lebih dari sebuah video amatir yang saya rekam dengan memakai Tablet Android Advance Vandroid T1J pada resolusi rekaman awal 1280 x 720 pixels atau setara dengan kualitas HD (High Definition) yang kemudian saya sunting sedemikian rupa sehingga akhirnya menjadi video yang seperti itu. Akan tetapi apabila Anda mencermati tayangan video di atas mulai dari awal sampai dengan akhir, maka Anda dapat melihat suatu hal yang tak biasa pada video tersebut yaitu adanya tayangan pembuka dan penutup.

Apabila pada bagian pembuka dan penutup video tersebut menayangkan nama dan alamat blog, maka sebenarnya bagian itulah yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Dalam hal ini model promosi yang dilakukan yaitu promosi dengan cara memberitahukan alamat blog tertentu kepada pemirsa, sehingga secara berangsur pemirsa akan lebih mengenal alamat blog tersebut dan bukan tidak mungkin bila kemudian membukanya. Tidak hanya itu, karena menayangkan alamat blog sekaligus nama maka bagian tersebut secara otomatis juga dapat berfungsi ganda yaitu bisa dimanfaatkan untuk menyatakan identitas pengunggahnya secara langsung.

“Sambil menyelam minum air”, lebih kurang begitulah kata pepatah. Artinya sembari memanfaatkan layanan YouTube untuk mengunggah dan mempublikasikan video, manfaatkan pula untuk melakukan promosi secara gratis dengan menggunakan cara seperti yang terdapat pada tayangan video di atas. Oleh sebab itulah cara ini saya sebut sebagai salah satu cara yang cukup efektif dan efisien, karena disamping dapat dimanfaatkan untuk mempublikasikan video atau slideshow, cara tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan promosi secara gratis dan bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dengan cara me-monetize video yang diunggah.

Apakah Anda tertarik untuk mengunakan cara promosi seperti yang telah saya uraikan di atas? Jika ya, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba dan atau melakukannya dan kemudian dapatkan hasil ganda dari pemanfaatan cara tersebut.
Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 3 komentar pada artikel ini ▶
27/10/14 05.00 O

ok ok ok ........

11/11/14 18.45 O

Keren Mas. .
Saya masih pemula , berharap dapat masukan lagi dari agan nya . mampir yak

11/11/14 21.37 O

@Christian F B Tarigan Terimakasih Sob. Ini hanya sekadar berbagi pengetahuan saya kok. Lagipula saya sendiri juga masih pemula loh...

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog