Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

4
Tgl. 15 Desember 2014

Cara Untuk Mengetahui Dan Membuat Blog Anda Agar Menjadi Mobile-Friendly

Pernahkah Anda membuka sebuah laman blog dengan menggunakan peramban mobile? Jika Anda pernah melakukannya, maka apakah teks yang ditampilk...

Contoh Tampilan Blog Yang Mobile FriendlyPernahkah Anda membuka sebuah laman blog dengan menggunakan peramban mobile? Jika Anda pernah melakukannya, maka apakah teks yang ditampilkan pada laman terlalu kecil sehingga Anda mesti melakukan ‘zooming’ agar tulisan dapat terbaca dan kemudian juga harus menggulir ke samping kiri dan kanan untuk melihat semua konten yang terdapat pada laman blog tersebut? Bila yang terjadi adalah demikian, maka dapat diartikan bahwa blog tersebut belum dioptimalkan untuk dilihat pada tampilan mobile atau telepon seluler.

Membuka laman blog yang belum dioptimalkan untuk dilihat pada tampilan ponsel seperti itu bisa saja menjadi sebuah pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pengguna perangkat mobile. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena mereka masih mengalami beberapa kesulitan saat ingin menemukan dan mendapatkan informasi yang dicari dan diinginkan.

Berdasarkan hal tersebut maka mengetahui apakah blog yang Anda kelola sudah mobile-frienly atau belum sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena seperti yang kita tahu bahwasanya di era modern sekarang ini pengguna tidak lagi hanya memakai peramban desktop, akan tetapi banyak diantara mereka yang juga memakai peramban mobile untuk menemukan dan mendapatkan informasi.

Dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna merupakan suatu kelebihan tersendiri apabila blog Anda memiliki tampilan yang mobile-friendly. Disamping itu apabila blog Anda memiliki laman yang termasuk dalam katagori mobile-friendly, maka nantinya juga akan mendapat satu kelebihan lagi dalam SERP yaitu adanya label “Mobile-friendly” seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Contoh Label Mobile Friendly Yang Ditampilkan Pada SERPApa keuntungan yang didapat dari adanya label tersebut? Dengan adanya penanda atau label tersebut pada SERP maka tidak tertutup kemungkinan akan dapat meningkatkan traffic yang berasal dari penelusuran mobile karena pengguna secara langsung sudah dapat mengetahui situs mana yang nyaman apabila dibuka dengan memakai peramban mobile dan begitu pula sebaliknya.

Bagaimana caranya jika ingin mengetahui apakah situs atau blog yang saya kelola sudah termasuk dalam kategori mobile-friendly atau belum?” Untuk mengetahuinya dapat Anda lakukan secara mudah, yaitu dengan cara melakukan pengujian situs. Dalam hal ini silakan klik di sini untuk mengetahui contoh dari pengujian situs yang dimaksud. Pada laman pengujian situs mobile-friendly tersebut nantinya tinggal Anda ketik URL situs atau blog yang ingin diuji dan kemudian klik tombol “Analisis” untuk mengetahui hasilnya.

Lantas bagaimana jika ternyata hasil pengujian menunjukkan bahwa blog Anda belum mobile-friendly? Perlu diketahui bahwa sebuah laman situs atau blog layak untuk "mobile-friendly” apabila memenuhi beberapa kriteria di bawah ini.

  1. Tidak memuat perangkat lunak yang tidak umum pada perangkat mobile, seperti Flash.
  2. Menggunakan teks yang dapat dibaca tanpa harus melakukan zooming.
  3. Laman dapat menyesuaikan secara otomatis dengan ukuran atau dimensi layar.
  4. Posisi masing-masing link ditempatkan pada jarak yang cukup jauh sehingga mudah dibuka.

Sehingga apabila hasil pengujian menyatakan bahwa blog yang dimaksud  belum mobile-friendly, maka cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mengaktifkan fitur laman versi seluler yang telah disediakan oleh Blogger, yaitu dengan memakai model laman seluler default yang telah tersedia. Disamping itu apabila template yang Anda pakai telah menyediakan dukungan untuk tampilan versi mobile maka dapat pula dilakukan dengan menggunakan setelan khusus untuk laman versi seluler dan atau bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan template yang responsive.

Jadi, sudahkah blog Anda mobile-friendly dan tampak hebat di perangkat mobile pengguna? Apabila belum, maka ada baiknya bila dilakukan pembenahan, karena Google sendiri sangat menyarankan hal tersebut.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 4 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Cara Untuk Mengetahui Dan Membuat Blog Anda Agar Menjadi Mobile-Friendly .
12/08/15 18.07 O

mas template eltelu v2 kapan release nya ya? hehe sudah dua tahun semenjak eltelu v1

13/08/15 09.02 O

@Denz Ahmad Kalau ditanya tentang template, sepertinya saya tidak akan merilis template baru untuk dibagikan secara publik, Sob.

Sebenarnya sih template eltelu sudah sampai pada versi yang ke-6. Namun demikian saya memutuskan untuk tidak mempublikasikan template tersebut dan hanya akan saya gunakan secara pribadi untuk blog yang saya kelola.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya bila Sobat mengembangkan sendiri template eltelu versi 1 yang sebelumnya telah saya terbitkan secara publik agar menjadi lebih baik lagi dan sesuai dengan desain yang Sobat kehendaki.

04/07/16 20.07 O

Artikel nya sangat membantu .. thanks

06/07/16 01.21 O

@Chans Manalu Thanks balik ya Sob... :D

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog