Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 11 Februari 2015

Contoh Karya Kerajinan Bunga Hias Yang Terbuat Dari Bahan Limbah Plastik Bekas

Sampah plastik merupakan limbah yang termasuk dalam katagori limbah anorganik. Hal ini disebabkan karena plastik merupakan benda yang tidak...

Contoh Bunga Hias Yang Terbuat Dari Limbah Plastik Bekas

Sampah plastik merupakan limbah yang termasuk dalam katagori limbah anorganik. Hal ini disebabkan karena plastik merupakan benda yang tidak mengandung unsur karbon, sehingga plastik tidak dapat membusuk karena sangat sulit atau bahkan tidak bisa diuraikan sama sekali. Oleh sebab itu apabila tidak mendapatkan perhatian dan penanganan secara tepat, maka sampah plastik bisa saja menjadi limbah yang sangat berbahaya bagi kelangsungan lingkungan hidup. Apalagi jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus atau berkelanjutan, maka dalam jangka panjang bukan tidak mungkin bila akan mengakibatkan dampak yang sangat serius.

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh pencemaran limbah, termasuk diantaranya yaitu pencemaran yang disebabkan oleh limbah anorganik seperti plastik dan sejenisnya. Upaya yang dimaksud misalnya yaitu dengan cara melakukan daur ulang terhadap limbah, sehingga akhirnya dari proses daur ulang tersebut terciptalah suatu produk baru yang dapat diambil guna dan manfaatnya.

Berbicara tentang daur ulang limbah, sebenarnya ada banyak produk baru yang dapat diciptakan dan dihasilkan dari kegiatan tersebut. Yang mana hal ini tentu saja akan tergantung pada inovasi, kreativitas, dan jenis limbah yang dipakai. Terhadap daur ulang limbah plastik misalnya, limbah plastik bisa saja dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai macam produk kerajinan tangan. Dalam hal ini sebagai contoh yaitu bunga hias seperti yang tampak pada gambar di atas atau seperti yang dapat Anda tonton pada video di bawah ini.

Perlu diketahui bahwasanya semua bagian dari contoh bunga hias tersebut terbuat dari sampah plastik. Mulai dari bagian bunga, tangkai, vas, dan tempat yang digunakan untuk menancapkannya pun juga terbuat dari bahan plastik bekas. Bagian bunga dibuat dari berbagai macam kantong plastik bekas, bagian tangkai terbuat dari sedotan plastik bekas, dan vas bunga yang dipakai terbuat dari botol plastik bekas wadah air mineral. Sementara itu bagian yang digunakan untuk menancapkan tangkai bunga hias tersebut berupa spons plastik bekas yang dipadatkan, sehingga akhirnya bunga yang terpasang pun dapat berdiri dengan tegak dan kencang.

Namun apakah produk yang dihasilkan hanya seperti itu? Jawabnya adalah tidak. Sebagai contoh yang berbeda misalnya silakan klik di sini untuk melihat produk kerajinan lain yang dapat dibuat dan dihasilkan dari pengolahan limbah anorganik seperti di atas.

Apakah Anda tertarik untuk membuat suatu karya atau produk kerajinan dari bahan barang bekas seperti contoh di atas? Jika ya, maka tidak ada salahnya bila Anda coba untuk melakukannya, karena dengan demikian maka secara tidak langsung Anda turut andil dan ikut serta dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, yaitu dengan cara mengurangi polutan yang dapat menimbulkan berbagai macam jenis pencemaran melalui daur ulang limbah yang dapat menghasilkan produk baru bernilai seni dan memiliki nilai ekonomis tinggi.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog