Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 29 Mei 2015

Contoh Cara Membuat Produk Makanan Tradisional Dari Bahan Umbi

Sebagai bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, pengolahan umbi dapat menghasilkan bermacam jenis makanan tradisional yang ...

Gethuk Singkong
Sebagai bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, pengolahan umbi dapat menghasilkan bermacam jenis makanan tradisional yang kemudian menjadi ciri khas daerah setempat. Makanan tradisional hasil olahan umbi umumnya memiliki harga yang relatif murah, namun tetap aman untuk dikonsumsi dan tetap memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Berbagai produk makanan yang bisa dihasilkan dari pengolahan umbi misalnya yaitu nasi tiwul, tapai, kue kremes, klepon, kolak singkong, dan masih banyak lagi jenis produk yang lainnya, termasuk diantaranya adalah getuk yang merupakan produk makanan dengan bahan utama singkong. Getuk merupakan produk makanan yang terbilang mudah ditemukan terutama di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sementara itu getuk sendiri umumnya juga memiliki sebutan bervariasi yang biasanya menyesuaikan dengan cara penyajian yang digunakan.

Membuat getuk tidaklah sulit. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara pembuatannya sangat sederhana, sehingga proses pengerjaannya pun dapat dilakukan secara mudah. Sebagai contoh pembuatan getuk yang merupakan produk makanan dari bahan umbi tersebut misalnya yaitu seperti yang dapat Anda pelajari pada uraian di bawah ini.

Bahan-bahan:
  1. 1 kg singkong
  2. 1/2 butir kelapa, parut
  3. 125 gr gula merah
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 1/4 sdt garam
  6. 300 ml air

Cara Membuat:
  1. Sisir gula merah, masukkan ke dalam panci, tuangkan air, masukkan daun pandan, masukkan garam, rebus sampai kental, angkat, dinginkan, dan kemudian sisihkan;
  2. Kupas singkong, potong kecil-kecil, cuci bersih, kemudian kukus sampai matang dan lunak;
  3. Selagi masih panas, tumbuk sampai halus singkong yang telah matang sembari dituangi cairan gula sampai rata;
  4. Potong getuk yang telah jadi sesuai dengan selera;
  5. Hidangkan dengan kelapa yang telah diparut.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog