Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 22 Mei 2015

Contoh Produk Makanan Yang Dihasilkan Dari Pengolahan Serealia Dan Umbi

Serealia adalah biji-bijian yang dihasilkan oleh tanaman pangan jenis rumput-rumputan. Sebagai contoh misalnya yaitu beras, jagung, gandum...

Serealia adalah biji-bijian yang dihasilkan oleh tanaman pangan jenis rumput-rumputan. Sebagai contoh misalnya yaitu beras, jagung, gandum, sorgum, jelai, milet, jewawut, dan haver. Sedangkan umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk sebagai akibat dari perubahan fungsinya. [Selengkapnya lihat artikel tentang pengertian serta contoh bahan pangan serealia dan umbi]

Serealia dan umbi merupakan tanaman penghasil bahan pangan yang dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai produk makanan. Ragam produk makanan yang terbuat dari serealia dan umbi umumnya didesain sebagai makanan siap saji, yang artinya dapat langsung dikonsumsi setelah dilakukan proses pengolahan terhadap bahan makanan tersebut.

Beragam bentuk produk makanan dapat disajikan, tergantung dari bahan dasar dan teknik pengolahan yang digunakan. Produk makanan yang dihasilkan bisa berbentuk serpihan, hancuran, mengembang, atau bisa juga dalam bentuk panggangan.

Pengolahan serealia dan umbi menghasilkan berbagai macam jenis makanan tradisional yang kemudian menjadi ciri khas daerah setempat. Makanan tradisional hasil olahan serealia dan umbi umumnya memiliki harga yang relatif murah, namun tetap aman untuk dikonsumsi dan tetap memiliki kandungan gizi yang tinggi. Oleh sebab itu untuk meningkatkan nilai tambah produk makanan yang dihasilkan oleh serealia dan umbi biasanya ditambahkan sentuhan teknologi dengan menambahkan bahan yang lebih bervariasi agar makanan yang disajikan tampak lebih enak dan menarik.

Dapat Anda lihat pada video berikut ini bahwasanya video tersebut menayangkan berbagai macam contoh makanan yang dihasilkan dari pengolahan serealia dan umbi. Dalam hal ini produk makanan tersebut antara lain yaitu perkedel kentang, bakwan jagung, klenyem, puthu ayu, puding, dan gethuk.

Sementara itu aneka produk lain yang dapat dihasilkan dari pengolahan serealia dan umbi misalnya yaitu marning jagung, roti gandum, kripik singkong, kue mangkuk ubi, nasi thiwul, tapai, kue kremes, beras kencur, dan lain sebagainya.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog