Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 05 September 2015

Fungsi Manfaat Dan Kegunaan Penting Kumis Kucing

Siapa coba yang tidak tahu kucing? Hampir dapat dipastikan bahwa semua orang mengetahui hewan yang satu ini atau bahkan minimal pernah mel...

Siapa coba yang tidak tahu kucing? Hampir dapat dipastikan bahwa semua orang mengetahui hewan yang satu ini atau bahkan minimal pernah melihatnya dalam kehidupan sehari-hari, karena kucing merupakan salah satu jenis satwa yang banyak dipelihara sebagai hewan piaraan. Kucing telah lama berbaur dengan kehidupan manusia dan biasanya digunakan orang untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat yang lainnya. Oleh sebab itulah saat ini kucing menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang paling populer di dunia.

Kucing merupakan hewan predator yang tidak begitu berbahaya bagi manusia karena memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil. Namun begitu gigitan dan cakaran kuku kucing sangat berbahaya karena berpotensi dapat menimbulkan terjadinya infeksi rabies.

Terdapat berapa perilaku unik yang dimiliki oleh kucing, antara lain yaitu kebiasaan mendengkur, memijat, dan keahlian meluruskan tubuhnya secara refleks saat terjatuh sehingga kakinya akan selalu mengarah ke bawah.  Di samping itu kucing juga dapat melihat pada kondisi lingkungan dengan cahaya yang sangat terang atau bahkan sebaliknya pada kondisi pencahayaan minim sekalipun.

Ketika cahaya yang ada di sekitarnya sangat minim, maka kucing akan menggunakan kumisnya sebagai alat indera tambahan dalam menentukan arah. Hal ini disebabkan karena kumis kucing dapat mendeteksi perubahan arah angin yang amat kecil serta dapat pula digunakan untuk mengetahui benda-benda yang terdapat di sekitarnya tanpa dengan cara melihat sekalipun. Disamping itu kumis kucing juga berfungsi sebagai sensor yang dimanfaatkan untuk mengetahui apakah badannya dapat melewati suatu ruangan sempit atau tidak, karena jarak antara ujung kumis kucing bagian kanan dan kiri biasanya memiliki lebar yang sama dengan ukuran tubuhnya.

Oleh sebab itu jika Anda memelihara kucing maka jangan sekali-kali mencukur kumisnya, karena bisa-bisa kucing tersebut akan mengalami kesulitan saat berjalan dalam gelap atau bahkan akan terjepit saat ingin melewati ruangan sempit. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu ketika kucing tersebut sedang mengejar tikus saat gelap malam hari.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog