Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 03 September 2015

Pengalihan blogspot.com Ke blogspot.co.id Dan Pengaruhnya Terhadap SEO

Jika Anda adalah seorang narablog pengguna layanan blogger (blogspot), jangan heran bila sekarang URL blog Anda tiba-tiba berubah menjadi a...

blogspot.co.id

Jika Anda adalah seorang narablog pengguna layanan blogger (blogspot), jangan heran bila sekarang URL blog Anda tiba-tiba berubah menjadi alamatblog.blogspot.co.id. Hal ini disebabkan karena Google (lebih tepatnya melalui Blogger) telah melakukan pengalihan (redirect) secara otomatis alamat blog Anda dari blogspot.com menuju blogspot.co.id.

Perlu diketahui bahwa hal tersebut sebenarnya juga sudah pernah dilakukan oleh Google pada tahun 2012 silam, yaitu ketika blogger secara otomatis mengarahkan URL blog ke domain tingkat atas dengan kode negara atau ccTLD. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya jika Anda membuka laman blog ini dari Australia, maka secara otomatis Anda akan diarahkan ke URL eltelu.blogspot.com.au. Demikian pula jika Anda membuka eltelu.blogspot.com dari India, maka secara otomatis Anda pun akan diarahkan ke eltelu.blogspot.in,  dan begitu seterusnya menyesuaikan dengan lokasi Anda.

Oleh sebab itulah ketika Anda membuka blog ini dengan menggunakan URL eltelu.blogspot.com, maka secara otomatis alamat tersebut akan dialihkan menuju ke URL eltelu.blogspot.co.id. Akan tetapi walaupun Anda membuka eltelu.blogspot.com dari Indonesia sedangkan alamat IP yang digunakan adalah alamat IP negara lain, maka URL tersebut secara otomatis akan tetap dialihkan dan diarahkan menuju ke domain yang terkait dengan negara untuk alamat IP yang digunakan. Artinya walaupun Anda membuka eltelu.blogspot.com dari Indonesia, akan tetapi jika alamat IP yang digunakan adalah alamat IP Australia maka URL pun secara otomatis tetap akan dialihkan ke eltelu.blogspot.co.au.

Apakah perubahan atau pengalihan URL dari blogspot.com ke blogspot.co.id kemudian akan berpengaruh terhadap SEO? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Hal ini disebabkan karena crawler/perayap mesin pencari (Google) akan menentukan semua konten versi blogspot.com sebagai versi kanonik dengan menggunakan rel = kanonik, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan timbul adanya duplikat konten atau berbagai hal lain yang berhubungan dengan SEO.

Detail selengkapnya terkait dengan hal tersebut dapat pula Anda lihat dalam uraian artikel yang menjelaskan tentang migrasi blogspot ke domain lokal.

Katagori: , ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog