Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 29 Oktober 2015

4 Fungsi Utama Penggunaan Kemasan pada Produk Kerajinan

Kemasan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah produk karya kerajinan. Hal ini disebabkan karena penggunaan kemasan dapat menentuk...

Contoh Benda Karya Kerajinan Tangan

Kemasan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah produk karya kerajinan. Hal ini disebabkan karena penggunaan kemasan dapat menentukan kualitas dari sebuah produk. Kemasan yang digunakan pada sebuah produk kerajinan juga dapat dimanfaatkan produsen untuk mengenalkan serta mendekatkan produk kerajinan yang dihasilkan kepada konsumennya, sehingga konsumen pun akhirnya akan memiliki ketertarikan tinggi terhadap produk tersebut.

Sebuah produk kerajinan tanpa kemasan bisa saja diibaratkan sebagai suatu karya tanpa busana. Oleh sebab itu kemasan bukan hanya merupakan wadah, akan tetapi juga sebagai pelengkap bagi sebuah karya kerajinan agar tampak lebih menarik dan dominan. Contoh paling sederhana dari penggunaan kemasan misalnya adalah karya lukisan yang dikemas dengan menggunakan pigura serta produk boneka yang dikemas dengan menggunakan kaca atau mika yang beralaskan kayu.

Sementara itu apabila ditilik dari fungsinya, kemasan yang digunakan pada sebuah produk kerajinan secara prinsip memiliki 4 (empat) fungsi utama. Dalam hal ini keempat fungsi utama yang dimaksud adalah 1) menjual, 2) melindungi, 3) memudahkan penggunaan, dan 4) memperindah penampilan produk.

Keempat fungsi utama tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar sebuah produk kerajinan menjadi lebih menarik dan memiliki nilai jual lebih. Bahan kemasan yang digunakan perlu disesuaikan dengan jenis produk kerajinan yang akan dikemas, sebab kemasan yang dipakai juga harus berguna untuk melindungi produk dari kerusakan. Kemasan yang digunakan juga dapat dimanfaatkan sebagai penunjang karya utama sehingga karya kerajinan yang dikemas akan terlihat lebih menarik.

Aneka bahan dasar dapat digunakan untuk mengemas sebuah produk kerajinan. Dalam hal ini misalnya yaitu plastik, kayu, kaca, kardus, logam, serat alam, mika, atau bahan lain yang dalam penggunaannya harus tetap disesuaikan dengan produk kerajinan yang akan dikemas sehingga karya kerajinan tersebut menjadi layak untuk dikatakan sebagai produk kerajinan yang berkualitas.


Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog