Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 01 November 2015

Tips Cara Membersihkan Kaca Lensa Kamera atau Handycam

Gundah rasanya setelah merekam dengan menggunakan handycam SONY DCR-SX22 yang saya miliki ternyata hasilnya tidaklah optimal seperti rekama...

Foto Handycam Sony DCR-SX22

Gundah rasanya setelah merekam dengan menggunakan handycam SONY DCR-SX22 yang saya miliki ternyata hasilnya tidaklah optimal seperti rekaman sebelumnya saat handycam tersebut masih dalam kondisi baru. Obyek yang terekam gambarnya menjadi agak suram karena lensa handycam telah terkena debu serta kotoran yang melekat erat pada kaca sehingga hasil rekaman pun tidak lagi jernih dan tajam seperti biasanya.

Tidak kurang akal, saya pun kemudian mencoba untuk membersihkan lensanya dengan menggunakan kertas tisu dan hasilnya memang cukup bersih. Akan tetapi sayangnya walaupun begitu untuk debu yang telah menempel lama tetap saja ada dan masih melekat erat pada kaca lensa.

Selanjutnya guna menghilangkan debu atau kotoran yang melekat erat pada lensa saya pun kemudian berinisiatif menggunakan kertas tisu basah untuk membersihkannya. Tapi coba tebak apa yang terjadi? Lensa handycam bukannya semakin bersih akan tetapi malah menjadi lebih kotor dari yang sebelumnya. Hal ini disebabkan karena kotoran yang menempel pada kaca akan terusap pada bagian lensa yang lainnya sehingga permukaan kaca lensa pun akan menjadi kotor lagi. Sudah begitu karena air merupakan cairan yang tidak mudah menguap maka untuk membersihkannya kembali dengan menggunakan kertas tisu kering juga masih harus menunggu beberapa waktu.

Coba lihat dan perhatikan kedua rekaman video di bawah ini.

Dapat Anda lihat bahwa hasil rekaman pada video yang pertama tampak agak suram dan tidak begitu jernih, terutama yaitu pada bagian tengah-bawah. Sementara itu hasil rekaman yang terdapat pada video kedua terlihat lebih jerih, tajam, dan jelas. Hal ini disebabkan karena video yang pertama merupakan salah satu hasil rekaman saat lensa handycam yang saya gunakan masih dalam keadaan kotor dan berdebu, sedangkan video yang kedua merupakan hasil rekaman ketika lensa kaca handycam dalam kondisi bersih.

Lalu bagaimana cara untuk membersihkan lensa kaca kamera atau handycam agar menjadi benar-benar bersih? Berdasarkan pengalaman saya, agar lensa kamera atau handycam menjadi kinclong seperti baru  dapat dibersihkan dengan menggunakan cotton bud dan alk*h*l (tanda * = huruf “o”). Secara teknis caranya yaitu celupkan terlebih dulu cotton bud pada cairan alk*h*l dan kemudian oleskan dengan perlahan dan merata pada permukaan kaca lensa. Lakukan hal tersebut secukupnya dan setelah itu gunakan cotton bud yang masih kering untuk membersihkan ulang, sehingga akhirnya kaca lensa kamera atau handycam tersebut benar-benar menjadi bersih dan kinclong seperti baru.

Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog