Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 01 Oktober 2015

Mengenal Ragam Benda Produk Kerajinan Fungsi Hias Indonesia

Sejak zaman dulu masyarakat Indonesia telah mengenal pembuatan kerajinan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari benda kerajinan d...

Sejak zaman dulu masyarakat Indonesia telah mengenal pembuatan kerajinan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari benda kerajinan dalam bentuk perkakas rumah tangga, pakaian, hingga benda kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan ritual dan budaya. Begitu banyak produk kerajinan sederhana yang sarat kepiawaian dalam membuatnya maupun makna yang terkandung pada produk kerajinan tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan produk kerajinan pun meningkat dan tidak hanya terbatas pada benda fungsional yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari namun juga digunakan sebagai benda hias. Oleh sebab itulah produk kerajinan yang dihasilkan pun dibuat lebih halus dan indah dalam berbagai segi seperti penampilan, ukuran, maupun hiasan yang digunakan.

Melimpahnya sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan di Indonesia memunculkan keragaman bentuk, motif, maupun teknik yang digunakan dalam pembuatannya. Selain itu keragaman budaya juga mempengaruhi bentuk serta corak karya kerajinan sehingga produk yang dihasilkan pun akhirnya menjadi beraneka ragam.

Tidak sedikit dari produk kerajinan Indonesia yang telah dikenal sampai ke mancanegara. Sebagai contoh misalnya yaitu batik, anyaman, keramik, tenun, ukiran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja ini merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia di dunia internasional, sehingga tidak salah kiranya bila warisan budaya tersebut senantiasa dilestarikan, dipelajari, dan terus dikembangkan.

Sebagai bagian dari seni rupa terapan yang melibatkan keterampilan manual dalam proses pembuatannya, produk kerajinan tentu saja dibuat untuk berbagai tujuan.  Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu untuk kebutuhan konstruktif, simbolik, ritual, benda pakai, serta benda hias.

Beragam benda kerajinan yang memiliki fungsi hias dapat dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa diantaranya misalnya adalah hiasan tapestri, hiasan dinding, hiasan dengan teknik anyam, hiasan dari logam,  hiasan gantung berbentuk lampu, hiasan meja yang dibuat dari bahan janur,  atau hiasan lain yang dibuat dengan cara mengombinasikan berbagai macam bahan  sehingga akhirnya terciptalah suatu benda kerajinan fungsi hias yang unik dan menarik. Dalam hal ini sebagai contoh sederhana dari benda kerajinan fungsi hias tersebut misalnya yaitu hiasan berupa bunga yang terbuat dari kombinasi berbagai macam bahan alam, limbah, serta bahan buatan seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada video di bawah ini.

Apakah Anda mengetahui dan dapat menyebutkan contoh lain benda produk kerajinan fungsi hias yang terdapat di daerah sekitar tempat Anda tinggal? Jika ya, maka tidak ada salahnya bila Anda sebutkan produk kerajinan tersebut dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog