Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 25 April 2016

Kenapa Cecak atau Kadal Memutuskan Ekornya saat Merasa Terancam?

Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang pernah melihat hewan yang biasa hidup merayap di dinding atau pepohonan ini. Cecak atau cicak...

Cecak
Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang pernah melihat hewan yang biasa hidup merayap di dinding atau pepohonan ini. Cecak atau cicak merupakan binatang berkaki empat yang termasuk dalam jenis reptil dan masih berkerabat dengan kadal, tokek, bunglon, biawak, maupun iguana.

Keberadaan cecak dapat dengan mudah ditemukan di dinding rumah, atap, atau bahkan di meja dapur. Cecak seringkali juga berada di dekat lampu yang menyala saat malam hari untuk mencari makanan berupa serangga dan nyamuk yang terbang di dekatnya.

Walaupun kebanyakan cicak adalah hewan pemakan serangga, namun cecak gula (gehyra mutilata) merupakan salah satu jenis cicak yang kerap kali memakan butir nasi atau gula yang tercecer di dapur dan ruang makan. Bahkan tidak jarang pula cicak jenis ini masuk ke dalam gelas yang berisikan minuman kopi. Oleh sebab itu jangan heran bila Anda sering menemukan cicak tenggelam dalam gelas yang berisikan minuman kopi.

Cecak merupakan binatang yang terbilang cukup unik. Selain bisa jalan merayap di dinding atau atap, cicak juga bisa jalan terbalik di plafon rumah atau bahkan di kaca sekalipun. Seperti layaknya kadal, cicak merupakah hewan yang memiliki sifat autotomi. Artinya kadal dan cicak merupakan hewan yang mengorbankan salah satu bagian tubuhnya sebagai salah satu teknik yang digunakan untuk bertahan hidup. Ambil contoh misalnya yaitu pemutusan ekor yang dilakukan oleh cicak seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini.

Pemutusan bagian tubuh berupa ekor seperti yang tampak pada video ini biasanya akan dilakukan oleh cicak atau kadal saat dirinya merasa terancam. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dilakukan oleh kadal atau cicak untuk mengecoh pemangsanya (misal: kucing), sehingga akhirnya ia bisa lari dan menyelamatkan diri.

Apabila ekor kadal atau cicak telah putus seperti itu, maka apakah lantas ia akan kehilangan ekor untuk selamanya dan kemudian menjadi cicak atau kadal buntung? Tidak, secara berangsur ekornya pun akan tumbuh lagi hingga akhirnya kembali utuh seperti sediakala.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog