Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 21 April 2016

Kenapa Kecepatan Internet di Komputer Saya Mendadak Menjadi Sangat Lambat?

Saat sedang melakukan browsing , surfing , atau searching , pernahkah browser yang Anda gunakan seakan menjadi sangat lambat dalam memuat k...

Microsoft Office Click-to-Run

Saat sedang melakukan browsing, surfing, atau searching, pernahkah browser yang Anda gunakan seakan menjadi sangat lambat dalam memuat konten yang akan ditayangkan? Apabila ya, maka bisa jadi Anda pernah berpikir dan bertanya dalam hati, “Kenapa tiba-tiba kecepatan internet di komputer saya menjadi sangat lambat? Padahal saya menggunakan sambungan yang stabil dan sebelumnya juga tidak ada masalah sama sekali.”

Walaupun menggunakan sambungan jaringan internet yang stabil dan berkecepatan tinggi sekalipun, kejadian seperti di atas bukan tidak mungkin akan / pernah terjadi pada komputer Anda. Bahkan setelah sistem komputer di-restart dan kemudian beroperasi kembali, terkadang kondisinya masih tidak beda jauh dengan keadaan sebelumnya. Respon browser yang dipakai seakan masih sangat lambat sehingga pemuatan konten yang akan ditampilkan pun masih memerlukan waktu cukup lama.

Salah satu faktor umum yang biasanya menjadi penyebab utama koneksi internet tiba-tiba menjadi lambat saat komputer sedang digunakan untuk melakukan penjelajahan adalah karena adanya proses pembaruan (update) otomatis yang dilakukan oleh sistem atau aplikasi tertentu.  Sementara itu karena pembaruan otomatis seperti ini biasanya berjalan pada proses latar belakang (background service), maka pengguna pun akhirnya tidak menyadari adanya proses update otomatis seperti itu. Pengguna hanya akan berpikir bahwa mungkin sedang ada masalah dengan jaringan internetnya atau bahkan mungkin juga akan berpikir bahwa komputernya lah yang tidak beres.

Seperti contoh yang tampak pada gambar tersebut misalnya, dapat Anda lihat bahwa pada komputer yang sedang digunakan ternyata terdapat adanya sebuah proses aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggunakan layanan jaringan internet cukup tinggi.

Microsoft Office Click-to-Run; Merupakan proses aplikasi bagian dari Microsoft Office yang bekerja di latar belakang dengan fungsi untuk melakukan pembaruan secara otomatis terhadap beberapa aplikasi Office yang terpasang.

Nah, inilah salah satu contoh spesifik dari berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan kecepatan internet di komputer Anda menjadi sangat lambat kinerjanya. Oleh sebab itu jika kecepatan internet yang Anda gunakan tiba-tiba menjadi sangat lambat, maka tidak ada salahnya bila dilakukan pemeriksaan terhadap aplikasi latar yang sedang berjalan, karena bukan tidak mungkin itulah yang menjadi penyebab sesungguhnya.

Namun demikian perlu diingat dan diperhatikan pula bahwa hal tersebut di atas bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan lambatnya kecepatan internet. Sebab ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan internet, misalnya yaitu kepadatan lalu-lintas, bandwidth (lebar pita), dan lain sebagainya.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Kenapa Kecepatan Internet di Komputer Saya Mendadak Menjadi Sangat Lambat? .
17/08/16 22.09 O

Betul sekali ... ada sejumlah aplikasi yang berjalan tanpa diketahui. Saya menggunakan paket data, beberapa waktu lalu ketika mengamati Wi-Fi status dengan seksama, dan bertanya kenapa aktifitas "kirim dan terima" berjalan terus?, padahal tidak ada aktifitas browsing, dan internet mendadak menjadi lambat. Terima kasih untuk artikelnya, menambah wawasan saya.

Salam Hormat

18/08/16 09.22 O

@Ellert Ngutra Iya Sob. Dan artikel ini sendiri sebenarnya juga tidak lepas dari pengalaman saya yang selalu mengaktifkan setelan pembaruan otomatis untuk seluruh aplikasi yang ternyata risikonya berpengaruh terhadap kecepatan internet yang kadang menjadi sangat lambat.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog