Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 24 Juni 2016

Apakah Hewan Luwing atau Binatang Kaki Seribu Berbahaya? Ini Faktanya!

Apakah luwing atau binatang kaki seribu seperti yang tampak pada gambar tersebut merupakan hewan yang berbisa, menggigit, menyengat, dan be...

Hewan Luwing atau Binatang Kaki Seribu (Millipede)

Apakah luwing atau binatang kaki seribu seperti yang tampak pada gambar tersebut merupakan hewan yang berbisa, menggigit, menyengat, dan berbahaya? Inilah pertanyaan yang kemudian timbul ketika ada yang menyatakan bahwa binatang ini merupakan hewan yang bisa-nya sangat mematikan dan tidak ada obat penawarnya, setelah saya membagikan videonya di Google Plus. [Video dapat Anda lihat pada bagian akhir artikel ini.]

Melihat hewan luwing, sebagian orang bisa jadi akan merasa jijik atau bahkan takut. Hal ini disebabkan karena selama ini memang ada salah kaprah pengertian dan pemahaman antara luwing (kaki seribu) dengan lipan (kelabang) yang sama-sama memiliki kaki berjumlah banyak pada tubuhnya.

Sepintas kedua hewan tersebut memang tampak sangat mirip. Namun demikian perlu diketahui bahwa antara luwing dan kelabang sebenarnya merupakan 2 (dua) jenis hewan yang sangat berbeda. Luwing memiliki bentuk tubuh bulat memanjang seperti silinder, sedangkan kelabang memiliki tubuh yang lebih pipih. Selain itu kaki kelabang juga lebih panjang sehingga dapat bergerak dengan cepat, sedangkan luwing memiliki kaki lebih pendek sehingga bergerak lambat.

Beberapa jenis luwing termasuk sebagai hewan karnivora. Akan tetapi sebagian besar diantaranya adalah herbivora yang memakan daun atau materi tanaman lain yang telah mati atau membusuk sehingga sangat berperan dalam proses daur ulang bahan organik. Oleh sebab itu dapat diartikan bahwa kaki seribu atau luwing umumnya tidak berbahaya bagi manusia, namun pada kondisi tertentu hewan ini memang dapat menjadi hama yang bisa menyebabkan kerusakan parah.

Lantas apakah luwing merupakan hewan yang menggigit, menyengat, dan berbisa? Berkembang mitos bahwa gigitan luwing sangat berbahaya. Bahkan untuk menyatakan bahayanya dalam mitos itu malah disebutkan suatu hal yang terbilang tidak masuk akal akibat gigitannya. [Selengkapnya baca mitos aneh tentang gigitan hewan kaki seribu atau luwing.]

Faktanya, luwing atau binatang kaki seribu sebenarnya tidaklah seperti itu. Wikipedia menyatakan bahwa, “… some herbivores, few carnivores; no venom” yang artinya lebih kurang yaitu “… beberapa herbivora, beberapa karnivora; tidak ada racun”. Diperkuat pula oleh Iowa State University of Science and Technology yang menyatakan bahwa, “Millipedes are harmless; they do not feed upon building structures or furnishings and they can not bite or sting.” yang artinya “Kaki seribu tidak berbahaya; mereka tidak memakan struktur bangunan atau perabot dan mereka tidak bisa menggigit atau menyengat.

Tapi kenapa ada yang menyatakan bahwa hewan luwing atau kaki seribu merupakan binatang yang sangat berbahaya? Bisa jadi hal ini disebabkan karena kaki seribu memiliki senyawa beracun dalam tubuhnya. Namun demikian perlu diketahui bahwa senyawa tersebut  hanya digunakan sebagai mekanisme pertahanan sekunder yang akan dipancarkan sebagai sekresi cairan berbau busuk melalui lubang-lubang mikroskopis pada tubuhnya.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog