Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 22 Juni 2016

Video Cara Reset Tablet Android untuk Mengatasi Lupa Pola atau Sandi

Tempo hari, tablet Advan Vandroid T1J milik saya dipinjam oleh anak-anak dengan alasan untuk bermain game. Namun ternyata selama tablet ter...

Factory Reset Tablet Android Advan Vandroid T1J

Tempo hari, tablet Advan Vandroid T1J milik saya dipinjam oleh anak-anak dengan alasan untuk bermain game. Namun ternyata selama tablet tersebut dipinjam tidak hanya dipakai untuk bermain game saja, akan tetapi berbagai pengaturan yang terdapat pada setelan sistem pun juga diubah-ubah, termasuk diantaranya yaitu pengaturan pola pengaman yang diubah dengan menggunakan kata sandi tertentu.

Celakanya setelah pola pengaman diubah menjadi bentuk sandi dia sendiri lupa dan hanya ingat 2 (dua) huruf bagian depannya saja. Bermodal dua huruf tersebut kemudian saya coba kombinasikan dengan huruf lain sebagai sandi pembuka, namun sayangnya tidak satupun dari beberapa kata sandi yang saya coba bisa digunakan untuk membukanya.

Tidak kurang akal, saya lantas mencari sebuah jarum untuk menekan tombol “Reset” yang terdapat pada bagian samping body tablet. Coba tebak apa yang terjadi? Tablet yang semula hidup tiba-tiba mati dan kemudian menyala lagi dari awal namun dengan kondisi layar yang masih terkunci oleh kata sandi.

Mmm, rupanya saya telah salah tafsir. Sebab sebelumnya saya kira bahwa fungsi tombol “Reset” yang terdapat pada tablet tersebut adalah digunakan untuk mengembalikan kondisi sistem Android seperti semula saat masih baru dari pabrik, akan tetapi ternyata fungsinya lebih mirip dengan tombol reset pada komputer yang digunakan untuk melakukan reboot atau mengaktifkan ulang sistem mulai dari awal.

Karena saat itu tidak ada pilihan lain, maka dengan sangat terpaksa saya pun akhirnya melakukan factory reset. Dimana langkah-langkahnya lebih kurang yaitu seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini.

Seperti yang dapat Anda lihat pada tayangan video di atas, bahwasanya untuk melakukan factory reset dan mengembalikan kondisi sistem tablet atau HP Android menjadi seperti saat masih baru dari pabrik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Dalam keadaan mati, tekan tombol “Power” dan “Volume Up” secara bersamaan hingga muncul menu seperti yang tampak pada gambar di atas.
  2. Pilih menu “wipe data / factory reset” dan kemudian tekan tombol “Power” untuk mengiyakan hingga muncul tampilan menu yang berikutnya.
  3. Pilih menu “Yes -- delete all user data” dan selanjutnya tekan tombol “Power” lagi untuk melakukan pemrosesan hingga akhirnya kembali muncul tampilan menu seperti yang tampak pada gambar di atas.
  4. Pilih menu “reboot system now” dan sekali lagi tekan tombol “Power” guna mengiyakan.

Setelah mengerjakan langkah-langkah tersebut, maka kondisi setelan sistem akan kembali seperti saat masih baru dari pabrik dan setelan pola pengaman atau kata sandi yang sebelumnya digunakan pun menjadi hilang, sehingga tablet dapat dipakai kembali seperti sediakala.

Lalu bagaimana dengan berbagai macam aplikasi yang sebelumnya telah terpasang? Karena factory reset berguna untuk mengembalikan kondisi sistem serta aplikasi Android sesuai dengan setelan pabrik, maka aplikasi yang terpasang pun akan kembali pada aplikasi bawaan dari pabrik. Oleh sebab itu jika ingin menggunakan aplikasi lain pada tablet tersebut, maka pemasangan ulang sudah tentu harus dilakukan.

Bagaimana pula dengan kondisi data foto, video, atau rekaman yang tersimpan? Jika berbagai macam data tersebut tersimpan pada memori eksternal, maka data itu tetap aman. Akan tetapi jika sebelumnya tersimpan pada memori internal, maka secara  otomatis data itu pun akan hilang. Oleh sebab itu sebelum melakukan factory reset ada baiknya bila melakukan backup terlebih dulu dengan cara memindah data yang dimaksud pada komputer untuk mengamankannya.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog