Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

4
Tgl. 16 November 2016

Tahu Gak Sih Kenapa Tikus Rumah Suka Mengerat? Inilah Alasannya!

Tikus adalah hewan mamalia yang seringkali dianggap sebagai hama karena dapat menyebabkan macam kerusakan pada berbagai benda sehingga bisa...

Tikus adalah hewan mamalia yang seringkali dianggap sebagai hama karena dapat menyebabkan macam kerusakan pada berbagai benda sehingga bisa menimbulkan banyak kerugian. Tikus juga bisa menyebabkan terjadinya kontaminasi pada bahan makanan dan bahkan tikus dapat pula menularkan penyakit pada manusia.

Kebanyakan tikus merupakan hewan pemakan segala (omnivora) dan bahkan juga menyukai makanan yang dimakan oleh manusia. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu makanan yang berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang, umbi, dan daging.

Tikus merupakan binatang yang aktif pada malam hari sehingga termasuk dalam kategori hewan nokturnal. Namun demikian walau tikus adalah hewan nokturnal, akan tetapi indera penglihatannya tidak berkembang dengan baik bila dibandingkan dengan kemampuan inderanya yang lain.

Tikus rumah ( Rattus rattus diardii )

Tikus rumah seperti ini memiliki kemampuan memanjat yang sangat baik. Ia mampu memanjat dinding, batang tanaman, dan bahkan juga memiliki kemampun untuk meloncat dengan jarak yang terbilang cukup jauh. Namun sayangnya ia merupakan perenang yang buruk, sehingga tidak jarang ditemukan adanya tikus rumah yang mati mengambang di permukaan air.

Sebagai binatang menyusui yang termasuk dalam ordo Rodentia, tikus rumah merupakan hewan pengerat dengan kemampuan mengerat yang sangat baik. Oleh sebab itu tidak mengherankan bila tikus rumah mampu mengerat papan kayu hingga berlubang atau bahkan mengerat kabel listrik hingga putus.

Mengerat benda-benda keras merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh tikus. Hal ini disebabkan karena hewan pengerat seperti tikus memang memiliki gigi depan yang selalu tumbuh, sehingga harus selalu diasah dengan cara mengerat atau menggerigiti sesuatu. Dengan demikian dapat diartikan pula bahwa mengerat benda–benda  keras yang dilakukaan oleh tikus sebenarnya merupakan salah satu cara atau aktivitas untuk mengurangi pertumbuhan gigi depannya yang terus tumbuh.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 4 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Tahu Gak Sih Kenapa Tikus Rumah Suka Mengerat? Inilah Alasannya! .
04/01/17 05.57 O

Kalau tikus makan kabeel apa itu tikus gak takut kesetrum ya...

10/01/17 08.06 O

@Zainal MuttaQienKurang tahu juga sih. Tapi namanya saja juga hewan. Sehingga mungkin dia tak berpikir sampai seperti itu. :D

25/01/17 10.42 O

Yang penting nggak mengerat yang punya rumah wkwkwk

25/01/17 11.32 O

@mas ijupHa ha ha, betul sekali Sob. Sebab apabila sampai terjadi hal yang seperti itu maka bisa jadi sangat berbahaya. Karena bukan tidak mungkin gigitan tikus dapat mengakibatkan infeksi dan penularan bibit penyakit pada orang yang digigitnya.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog