Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

4
Tgl. 02 November 2016

Tempat Mencari Gambar atau Foto Gratis 100% Bebas Hak Cipta

“Dimanakah saya bisa mencari dan memperoleh gambar atau foto yang gratis untuk digunakan dalam artikel?” Lebih kurang pertanyaan seperti...

Ilustrasi Foto atau Gambar
“Dimanakah saya bisa mencari dan memperoleh gambar atau foto yang gratis untuk digunakan dalam artikel?” Lebih kurang pertanyaan seperti itulah yang masih kerap kali saya jumpai ditanyakan oleh beberapa narablog di berbagai grup atau komunitas diskusi online.

Apabila seorang blogger ingin menerbitan artikel di sebuah blog, maka penyertaan gambar didalamnya memang sangat dianjurkan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya konten sekaligus memberikan kemudahan bagi pembaca dalam memahami ulasan topik yang diuraikan pada artikel itu. Disamping itu penyertaan gambar dengan keterangan (“Alt text”) yang relevan juga berpengaruh besar terhadap SEO (Search Engine Optimization), sehingga adanya gambar dalam artikel secara tidak langsung dapat mendongkrak popularitasnya dalam SERP (Search Engine Result Page).

Namun sayangnya yang menjadi masalah adalah sebagian blogger kadang masih merasa bingung dalam menentukan gambar yang akan disertakan, bahkan mereka juga tidak tahu di mana gambar yang dimaksud bisa didapatkan.

Ketika mereka menanyakan permasalahan tersebut di group atau komunitas diskusi online, maka jawaban yang diperoleh pun tentu sangat beragam. Ada yang menganjurkan untuk mengambil gambar/foto dari situs A, situs B, situs C, dan lain sebagainya. Akan tetapi faktanya belum tentu semua foto yang terdapat pada situs-situs itu gratis dan bebas hak cipta.

Apakah mengambil gambar dari situs-situs seperti itu salah? Jawabannya adalah tidak. Namun akan lebih baik lagi jika menggunakan gambar yang diperoleh dari hasil karya sendiri.

Oleh sebab itu jika Anda adalah seorang blogger yang sedang mengalami kesulitan dalam menemukan gambar/foto gratis dan bebas dari hak cipta, maka cobalah untuk melihat ke arah kiri, kanan, depan, belakang, atas, atau bawah Anda. Sebab sebetulnya di situlah Anda bisa memperoleh gambar/foto yang benar-benar gratis 100% dan bahkan juga bebas dari hak cipta.

Bagaimana caranya? Jika Anda punya HP, smartphone, atau kamera, maka ambillah dan kemudian potret sesuatu. Selanjutnya gunakan foto hasil jepretan Anda tadi untuk membuat artikel yang sesuai. Nah, dengan begitu maka gambar yang Anda gunakan dalam artikel adalah gambar yang bebas dari hak cipta dan bahkan Anda pun bisa memperolehnya secara gatis.

Apakah sudah jelas? Ataukah ada pertanyaan lain? Silakan berkomentar!
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 4 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Tempat Mencari Gambar atau Foto Gratis 100% Bebas Hak Cipta .
02/11/16 17.28 O

Wah, bener juga tuh mas. Oke makasih mas.
Biasanya saya buat tutorial sering buat screenshot aja sih mas buat jadi pendukung gambar di blog. hihi

02/11/16 19.13 O

@iwan efendi Walau sebenarnya relatif, namun saya pikir begitulah sebaiknya Sob. Jadi kalau di sekitar kita saja ada, kenapa mesti cari-cari ke tempat lain yang belum tentu gratis dan bebas hak cipta.

Lagipula yang namanya blogger itu kalau sekarang kan hampir dapat dipastikan memiliki HP atau smartphone yang ada kameranya. Sehingga kalau misalnya ingin menggunakan gambar/foto tertentu untuk artikelnya, kan tinggal cekrak-cekrek potret obyek yang sesuai dengan menggunakan kamera HP atau smartphone-nya itu.

15/11/16 20.06 O

Bener mas,
blogger pada punya henpon yg ada kameranya tapi agak susah ketika gambar yang diinginkan momennya suka lewat. Apalagi sekarang kamera digunakan buat selfie doangan hehehe...
Kalau blog kuliner atau travel mungkin cocok dengan artikel diatas. Kalau blog yang bahas blogging, bakalan pusing nyari ide dan capture gambarnya.

15/11/16 20.49 O

@kandra wilko Iya Sob. Oleh sebab itulah kita juga harus pandai-pandai dalam menyiasatinya.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog