Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

2
Tgl. 15 Agustus 2017

Cara Pasang In-article Ads agar Tampil di Dalam Postingan Blogspot

In-article ads adalah iklan dalam artikel. Lebih kurang seperti itulah pengertian mudah dari jenis iklan AdSense yang satu ini. Namun be...

In-article Ads
In-article ads adalah iklan dalam artikel. Lebih kurang seperti itulah pengertian mudah dari jenis iklan AdSense yang satu ini. Namun begitu secara terperinci bantuan AdSense menyebutkan bahwa In-article ads merupakan format iklan baru yang dioptimalkan oleh Google untuk membantu penayangnya dalam menempatkan iklan native di antara paragraf suatu artikel yang diterbitkan.

Bantuan AdSense juga menyebutkan bahwa In-article ads memberikan beberapa manfaat, antara lain yaitu: 1) pengalaman pengguna yang lebih baik, 2) ideal untuk tayangan perangkat seluler, dan 3) dioptimalkan oleh Google. Artinya In-article ads menggunakan elemen iklan berkualitas tinggi dari pengiklan sehingga terlihat bagus, ideal untuk memonetisasi ruang di layar perangkat seluler yang lebih kecil daripada perangkat desktop, serta dioptimalkan untuk memberikan performa yang baik di halaman artikel.

Membuat unit iklan “In-article ads” baru bisa jadi tidaklah sulit. Sebab untuk mengerjakan hal tersebut dapat dilakukan secara mudah melalui menu pembuatan unit iklan baru yang tersedia di dasbor AdSense. Dalam hal ini tepatnya yaitu dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti pada pembuatan unit iklan AdSense jenis yang lainnya.

Masalahnya adalah bagaimana cara memasang script iklan “In-article ads” tersebut di blogger / blogspot agar iklan native yang ditayangkan bisa muncul di antara paragraf atau di tengah artikel postingan Anda? Apakah Anda mesti memasangnya secara manual satu per satu ketika sedang menulis atau menyusun artikel? Jawabannya tentu saja tidak! Sebab bila cara memasang “In-article ads” yang dilakukan adalah seperti itu, maka tentu akan sangat merepotkan. Oleh sebab itu agar lebih praktis dan mudah, maka tidak ada salahnya bila Anda gunakan teknik di bawah ini.

Pertama, parse terlebih dulu script iklan “In-article Ads” yang akan dipasang.

Kedua, edit tema / template dan kemudian carilah kode yang menyatakan <data:post.body/>. Selanjutnya apabila kode tersebut sudah ketemu, maka gantilah dengan rangkaian kode di bawah ini. Namun begitu jangan lupa mengganti bagian yang menyatakan <!-- Hapus bagian ini dan kemudian ganti dengan script iklan yang telah diparse.  --> dengan script iklan “In-article Ads” yang telah Anda parse sebelumnya.

<div id="tgtp">
   <data:post.body/>
</div>
<b:if
cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
   <b:if
cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
     <div
id="ad-script">
       <div
style='clear:both;'>
         <!-- Hapus bagian ini dan kemudian ganti dengan script iklan yang telah diparse. -->
       </div>
     </div>
     <script
type='text/javascript'>
     function insertAfter(tbh,tgt) {
       var prt = tgt.parentNode;
       if (prt.lastChild == tgt) {prt.appendChild(tbh);}
       else {prt.insertBefore(tbh,tgt.nextSibling);}}
       var tgt = document.getElementById("tgtp");
       var ad1 = document.getElementById("ad-script");
       var tg1 = tgt.getElementsByTagName("p");
       var tg2 = tgt.getElementsByTagName("br");  
       var pt1 = tg1.length; var pt2 = tg2.length;
       var ps1 = pt1*30/100; var br1 = pt2*30/100;
       var bl1 = Math.round(ps1); var bk1 = Math.round(br1);
       if (pt1 > 2) {
           insertAfter(ad1,tg1[bl1-1]);
       } else if (br1 > 1) {
           insertAfter(ad1,tg2[bk1-1]);
       } else {}
     </script>
   </b:if>
</b:if>

Ketiga, simpan tema / template Anda.

Keterangan:
  • Posisi peletakan iklan dapat diatur dengan cara mengubah angka 30 pada bagian 30/100, sesuai dengan persentase yang diinginkan. Ambil contoh misalnya jika angka 30 tersebut diubah menjadi angka 50 misalnya, maka posisi munculnya iklan yaitu pada 50 persen bagian dari keseluruhan artikel.
  • Cara kerja script di atas adalah dengan mendeteksi keberadaan tag <p> atau <br> yang terdapat dalam postingan dan kemudian memposisikan letak penayangan iklan sesuai dengan persentase yang ditentukan. Asumsinya yaitu bahwa kedua tag inilah yang umumnya digunakan dalam penerbitan artikel di blogger / blogspot.
  • Script di atas hanya berfungsi untuk memasang dan menampilkan 1 (satu) buah unit iklan dalam postingan. Sehingga jika Anda ingin memasang dan menampilkan 2 (dua) buah unit iklan sekaligus dalam postingan, maka gunakan script yang terdapat dalam artikel tentang “Cara Pasang 2 Iklan di Tengah Postingan Sesuai Persentase Naskah Artikel” ini.

Mengalami kendala atau kesullitan dalam mengimplementasikan teknik tersebut? Silakan poskan komentar untuk menyampaikan kendala atau kesulitan yang Anda alami.
Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
28/08/17 14.41 O

Sudah saya simpan scripnya , nanti untuk blog baru saya persiapkan kode ini.

Sukses selalu tuk ayahe mela

28/08/17 14.45 O

@Erica belinda Okay, terimakasih banyak dan sukses juga untuk Mbak Erica Belinda. Aamiin.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog