Iklan atau pariwara adalah segala macam bentuk pesan yang dimaksudkan untuk mempromosikan barang, jasa, ide, atau tempat usaha kepada sebagian besar masyarakat.
Iklan memiliki bermacam ciri atau karakteristik, antara lain yaitu memiliki sasaran yang jelas, mempunyai fokus atas hal yang di iklankan, serta memiliki daya tarik tertentu sehingga sasaran bisa memperhatikan secara cermat isi iklan.
Putar video di atas dan kemudian perhatikan contoh iklan yang ditayangkan. Walaupun hanya dilihat sepintas, bisa jadi contoh iklan itu sudah memenuhi salah satu unsur dari beberapa karakteristik iklan yang saya sebutkan, dalam hal ini tepatnya yaitu memiliki daya tarik tertentu sehingga sasaran bisa berhenti untuk memperhatikan isi iklan secara cermat.
Akan tetapi kenapa contoh iklan itu saya katakan lucu? Alasannya adalah karena iklan tersebut memiliki makna yang terkesan sangat ambigu atau bermakna lebih dari satu sehingga menimbulkan kekaburan dan bahkan sasaran serta fokus atas hal yang diiklankan pun tidak jelas.
Bagi orang yang mengerti bahasa Jawa bisa jadi akan manganggap bahwa iklan tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan jamu herbal. Namun demikian bagi orang yang tidak mengerti bahasa Jawa mungkin akan beranggapan bahwa iklan tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu yang ada hubungannya dengan hiburan atau sejenisnya.
Faktanya tidaklah begitu. Pernah sekali saya membuka URL situs dari pengiklan tersebut dan ternyata yang dipromosikan bukanlah jamu herbal ataupun sesuatu yang ada kaitannya dengan hiburan, akan tetapi yang diiklankan adalah tentang barang/benda produk kerajinan dari bahan dasar logam.
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
wkwkwk vidionya muncul lagi di blog hehe tapi keren mas
@hari wahyu nugroho Ha ha ha, ya iya lah Bang... 😃 Ibarat kata peribahasa, "sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui". 👍 Sekali bikin konten tapi banyak hal sekaligus yang tercapai. 😎