Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 20 November 2017

Aneka Macam Manfaat Lain Daun Pandan (Pandanus Amaryllifolius)

Pandan atau yang memiliki nama latin pandanus amaryllifolius seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada video di atas merupakan tumbuha...

Pandan atau yang memiliki nama latin pandanus amaryllifolius seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada video di atas merupakan tumbuhan/tanaman yang sudah sangat terkenal dalam dunia kuliner. Sebab pandan jenis tertentu, dalam hal ini tepatnya yaitu pandan wangi, daunnya dapat digunakan sebagai bahan pengharum/pewangi makanan seperti kue, kolak, atau bubur kacang hijau karena aroma harum yang dihasilkannya.

Namun demikian perlu diketahui bahwa daun pandan sebenarnya tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan pewangi makanan. Akan tetapi daun pandan juga memiliki beragam manfaat lain, baik dalam bidang kesehatan maupun industri produk karya kerajinan.

Merujuk dari berbagai sumber disebutkan bahwa, dalam bidang kesehatan daun pandan memiliki beragam khasiat dan manfaat, antara lain yaitu: dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat rematik, mengatasi pegal linu, obat lemah syahwat, penambah nafsu makan, obat stress dan depresi, obat penyakit kulit, mengatasi sembelit, obat kram perut, penurun demam, menteralkan racun, menghilangkan ketombe, melancarkan peredaran darah, pengharum ruangan, pengusir serangga, dan bahkan dapat pula digunakan untuk mencegah penyakit kanker.

Sementara itu dalam bidang industri karya kerajinan, daun pandan merupakan bahan alam yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam produk anyaman berupa tempat tisu, dompet, tas, sandal, topi, bakul wadah nasi, kipas, tikar, dan bahkan dapat pula digunakan sebagai bahan untuk membuat ornamen interior ruangan.

Disamping itu perlu diketahui pula bahwa daun pandan juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami. Sebab daun pandan merupakan sumber warna hijau seperti halnya daun suji.

Nah, selain beragam manfaat dan kegunaan daun pandan tersebut di atas, apa lagi manfaat lain dari daun pandan yang Anda ketahui?

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog