Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 02 November 2017

Kutu Kebul (Putih) Ternyata Merupakan Larva yang Bisa Berubah Menjadi Hewan Ini

Kutu kebul atau kutu putih. Umumnya begitulah orang menyebut nama dari hewan yang terdapat pada tayangan video di atas. Sebab hewan ini keba...

Kutu kebul atau kutu putih. Umumnya begitulah orang menyebut nama dari hewan yang terdapat pada tayangan video di atas. Sebab hewan ini kebanyakan memang memiliki wujud yang menyerupai kutu dan berwarna putih. Akan tetapi di daerah tempat saya tinggal hewan ini tidaklah disebut dengan nama itu, namun lebih sering disebut dengan nama yang sama dengan nama salah satu makanan khas Wonogiri, dalam hal ini yaitu “cabuk”. Sehingga bila dalam artikel ini saya menyebut kata “cabuk”, maka janganlah berpikir bahwa “cabuk” yang dimaksud adalah makanan, karena yang dimaksud dengan cabuk di sini adalah jenis serangga yang kerap kali dianggap sebagai hama bagi bermacam jenis tanaman.

Apabila dilihat sepintas, cabuk seperti yang terdapat pada tayangan video di atas bisa jadi tampak tidak mirip sama sekali dengan serangga. Bahkan mungkin bisa dikata lebih mirip dengan gumpalan kapuk atau kapas. Hal ini disebabkan karena seluruh permukaan tubuh dari serangga tersebut dipenuhi dengan gumpalan halus seperti kapas yang berwarna putih. Oleh sebab itu apabila serangga cabuk seperti ini bergerombol pada dedaunan atau batang tanaman, maka tubuhnya nyaris tidak terlihat sama sekali. Namun demikian apabila gumpalan halus berwarna putih yang terdapat pada tubuh cabuk ditiup, maka wujud tubuh cabuk yang sebenarnya akan menjadi tampak sangat jelas.

Berdasarkan pengamatan saya, ternyata ada berbagai macam jenis kutu kebul atau cabuk. Mulai dari kutu kebul yang berkaki pendek hingga yang memiliki kaki cukup panjang. Sebagai contoh misalnya cabuk yang terdapat pada tayangan video di atas merupakan jenis kutu kebul (putih) yang berkaki panjang.

Kutu Kebul Dewasa yang Berwarna Hijau Transparan

Selanjutnya bila cabuk atau kutu kebul seperti yang terdapat pada tayangan video di atas saya katakan sebagai larva, maka kalau sudah besar larva tersebut menjadi hewan apa?

Larva kutu kebul berkaki panjang pada akhirnya akan bermetamorfosis atau berubah menjadi hewan sejenis lalat yang berwarna putih. Oleh sebab itu serangga ini seringkali disebut sebagai lalat putih. Namun demikian perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kutu kebul berkaki panjang bermetamorfosis menjadi lalat putih. Sebab beberapa diantaranya akan berubah menjadi lalat yang serupa dengan lalat putih namun warnanya adalah hijau transparan seperti yang tampak pada gambar ini.

Sementara itu kutu kebul berkaki pendek kebanyakan akan berubah wujud menjadi hewan sejenis kepik yang menyerupai kumbang koksi. Dimana kumbang koksi atau ladybug itu sendiri merupakan serangga kecil yang memiliki bentuk tubuh bundar kecil dengan sayap punggung berwarna cerah dan umumnya berwarna merah berbintik-bintik atau bergaris hitam seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan melalui tayangan video di bawah ini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog