Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 07 Mei 2020

Ciri-ciri dan Manfaat Jamur Kuping (Merah - Auricularia auricula-judae) bagi Kesehatan

Hai, pernahkah Anda melihat atau menemukan jamur kuping? Apa itu jamur kuping? Dan kenapa pula jamur ini disebut dengan nama kuping yang not...

Hai, pernahkah Anda melihat atau menemukan jamur kuping? Apa itu jamur kuping? Dan kenapa pula jamur ini disebut dengan nama kuping yang notabene adalah kata lain dari telinga?

Oke, perlu diketahui bahwa jamur kuping adalah salah satu jenis jamur dalam kelompok fungi yang mempunyai tekstur jelly yang sangat unik.

Jamur ini disebut sebagai jamur kuping karena memiliki bentuk tubuh buah yang melebar seperti bentuk kuping atau daun telinga manusia.

Dalam keadaan segar, jamur kuping memiliki tubuh buah yang kenyal seperti gelatin. Akan tetapi apabila sudah kering, jamur kuping akan menjadi keras seperti tulang.

Warna jamur kuping pada umumnya adalah hitam atau coklat kehitaman. Akan tetapi ada pula yang memiliki warna coklat tua kemerahan. 

Jamur kuping kecil dengan warna coklat pada bagian atas dan hitam pada bagian bawah merupakan jenis jamur kuping yang memiliki nilai bisnis karena dapat dikonsumsi.

Siklus hidup pada jamur kuping serupa dengan siklus hidup pada jamur tiram. Dimana jamur kuping yang sudah tua akan menghasilkan banyak spora, yang berbentuk kecil dan ringan.

Merujuk dari berbagai referensi disebutkan bahwa jamur kuping jenis tertentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya yaitu untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.

Bahkan disebutkan pula bahwa jamur kuping merah dalam bentuk kering, biasa digunakan dalam berbagai masakan Asia.

Manfaat lain dari jamur kuping adalah untuk mengatasi hipertensi, anemia, mengobati penyakit wasir atau ambeien, serta memperlancar proses buang air besar.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog