Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 06 April 2015

Mengatasi Masalah Saat Membuka Video MPG Rekaman Handycam Di Movie Maker

Heran rasanya saat membuka video dengan format MPG yang sebelumnya saya rekam dengan menggunakan handycam pada Windows Movie Maker, ternya...

Heran rasanya saat membuka video dengan format MPG yang sebelumnya saya rekam dengan menggunakan handycam pada Windows Movie Maker, ternyata video tersebut tidak dapat dibuka secara sempurna. File MPG dapat diimport akan tetapi gambar hasil rekaman yang terdapat dalam video tidak bisa dimuat alias blank seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi Video MPG Yang Tidak Dapat Dimuat Oleh Movie Maker
Dengan kondisi seperti ini sebenarnya file video tersebut masih bisa diputar. Akan tetapi sayangnya rekaman gambar tidak bisa ditampilkan dan hanya berbunyi suaranya saja, sehingga untuk melakukan editing pun terasa sangat sulit. Apabila proses editing tetap dilakukan, maka hasil yang didapat pun tidak bisa sesuai dengan harapan karena video MPG yang diedit dengan menggunakan Movie Maker tersebut bila disimpan nantinya juga tidak bisa menampilkan gambar dan hanya berbunyi suaranya saja.

Menurut saya Movie Maker merupakan salah satu video editor yang terbilang bagus. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut cukup ringan saat digunakan dan juga menyediakan berbagai fitur keren yang dibutuhkan oleh pengguna dalam melakukan editing video. Dalam hal ini misalnya yaitu fitur untuk menambahkan animasi, efek visual, narasi, musik, tanda air (watermark), serta stabilisasi video, dan berbagai fitur keren yang lainnya. Disamping itu Movie Maker juga merupakan sebuah aplikasi yang dapat dipakai secara gratis, sehingga ketika ingin menggunakan aplikasi tersebut maka tinggal mengunduhnya langsung di situs resmi Microsoft dan kemudian memasangnya ke komputer.

Selanjutnya sebagai contoh video sederhana yang dapat dibuat dengan menggunakan Movie Maker misalnya  yaitu seperti yang dapat Anda lihat di bawah ini.
Ketahui bahwa video tersebut hanyalah contoh sangat sederhana dari video yang dibuat dengan menggunakan Movie Maker. Sehingga apabila Anda ingin melihat video lain yang dibuat dan diedit dengan menggunakan Movie Maker, maka silakan klik di sini untuk membuka saluran YouTube yang saya kelola.

Kembali ke topik utama yaitu tentang terjadinya masalah saat membuka video dengan format MPG hasil rekaman handycam yang tidak bisa dibuka secara sempurna pada Movie Maker, setelah melakukan penelusuran informasi lebih lanjut ternyata hal tersebut memang sudah terjadi cukup lama dan ternyata banyak juga pengguna Movie Maker yang mengalaminya.

Berdasarkan berbagai referensi yang saya peroleh dari hasil penelusuran dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan video rekaman handycam tidak bisa dibuka atau diimport secara sempurna pada Movie Maker adalah karena tidak tersedianya dukungan codec untuk video yang memiliki format MPG.

Walaupun Movie Maker sebenarnya support dengan berbagai jenis file seperti .asf, .avi, .wmv, MPEG1, .mpeg, .mpg, .m1v, .mp2, .wav, .snd, .au, .aif, .aifc, .aiff, .asf, .wm, .wma, .wmv, .bmp, .jpg, .jpeg, .jpe, .jfif, .gif, dan .mp3, namun Microsoft sendiri telah menjelaskan bahwa format MPEG2 memiliki beberapa codec yang tidak didukung oleh Windows Movie Maker. Bahkan jika kita telah men-download dan menginstal codec yang sesuai pada komputer, maka file dalam format MPEG2 mungkin tetap tidak bekerja pada Windows Movie Maker atau dapat menyebabkan masalah lain.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengkonversi format MPEG2 ke format lain. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu dikonversi terlebih dulu dengan menggunakan aplikasi video converter ke format MP4 atau format sejenis yang kompatibel dan dapat bekerja pada Windows Movie Maker. Namun demikian perlu diingat bahwa beberapa codec MPEG2 memiliki skema perlindungan salinan yang dapat mencegah seseorang untuk mengkonversi file, sehingga apabila file terlindungi maka bukan tidak mungkin video itu pun tidak bisa dikonversi.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog