Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 28 Mei 2020

Ciri-ciri, Khasiat, dan Manfaat Kembang Sangga Langit atau Bunga Rincik Bumi (Ipomoea quamoclit)

Hai, pernahkah Anda melihat atau bahkan menanam tumbuhan merambat dengan ciri-ciri akar, batang, daun, dan bunga seperti yang dapat Anda ton...

Hai, pernahkah Anda melihat atau bahkan menanam tumbuhan merambat dengan ciri-ciri akar, batang, daun, dan bunga seperti yang dapat Anda tonton melalui tayangan video dalam postingan artikel ini?

Di daerah tempat saya tinggal, tumbuhan seperti ini umumnya dikenal dengan nama kembang sangga kangit (dibaca: songgo langit). Akan tetapi di daerah lain dikenal pula dengan nama bunga tali, rincik bumi, dan katilan.
 
Merujuk dari berbagai referensi disebutkan bahwa kembang sangga langit sebenarnya merupakan tumbuhan obat yang berasal dari Amerika tropis. Akan tetapi di Indonesia tanaman ini umumnya dibiarkan tumbuh liar di tanah yang telantar, atau dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang dirambatkan di pagar. 

Songgo langit merupakan tumbuhan yang memiliki sistem perakaran serabut yang mudah patah, batang merambat berukuran kecil dan dipenuhi oleh bulu-bulu halus, daun berbentuk seperti jarum yang bergerombol, dan bunganya berbentuk seperti terompet yang terdiri dari 5 (lima) buah mahkota yang (umumnya) berwarna merah, putih, serta oranye.


Sebagai tanaman yang sebenarnya termasuk dalam katagori tumbuhan obat, khasiat kembang sangga langit tak diragukan lagi. Beberapa manfaat kembang sangga langit sebagai obat herbal antara lain dapat digunakan sebagai penyubur rambut, obat penurun panas, mengobati luka koreng, serta dapat pula digunakan untuk mengobati wasir.


Nah, semoga uraian tentang kembang sangga langit atau bunga rincik bumi yang memiliki nama ilmiah (binominal) Ipomoea quamoclit tersebut di atas berguna dan bermanfaat bagi Anda. Saya Ayahe Mela. Salam! :)
Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog