Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 20 Mei 2020

Ciri-ciri Morfologi Tanaman Terung atau Terong yang Memiliki Nama Ilmiah Solanum melongena

Hai, pastinya Anda sudah tahu atau bahkan pernah mengonsumsi masakan olahan dari buah terung atau terong seperti dapat Anda lihat pada tayan...

Hai, pastinya Anda sudah tahu atau bahkan pernah mengonsumsi masakan olahan dari buah terung atau terong seperti dapat Anda lihat pada tayangan video dalam artikel ini bukan?

Ya, ketahui bahwa terung atau yang dalam bahasa Jawa umumnya disebut dengan nama terong ini merupakan tumbuhan penghasil buah asal India dan Sri Lanka yang nama ilmiahnya adalah Solanum melongena.

Tanaman terung dapat tumbuh dengan tinggi antara 40 hingga 150 sentimeter. Daun memiliki ukuran yang lebar dan dengan lobus yang kasar. Ukuran panjang daunnya antara 10 hingga 20 sentimeter dan lebarnya antara 5 hingga 10 sentimeter. Bahkan untuk jenis terung liar bisa lebih besar dan dapat tumbuh hingga setinggi 225 sentimeter serta memiliki lebar daun yang bisa melebihi 30 sentimeter.

Terung merupakan tumbuhan yang memiliki batang berkayu dengan kulit berwarna hijau dan ungu, serta berakar tunggang. 

Warna bunga terong adalah antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus dan benang sari yang berwarna kuning.


Terong memiliki buah dengan warna yang beragam, antara lain yaitu ungu, hijau, dan putih. Buahnya berisi tepung, dengan diameter kurang dari 3 sentimeter untuk terong liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam atau dibudidayakan.


Sebagian buah terung memiliki rasa agak pahit dan mengiritasi perut serta dapat mengakibatkan peradangan pada dinding lambung. Bahkan sebagian sumber menyebutkan bahwa terung dan genus terkait juga dapat mengakibatkan atau memperburuk radang sendi, sehingga harus dijauhi oleh mereka yang peka terhadapnya.
Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog